Apa Itu Kartu Kredit? Kartu Kredit Adalah, Simak Definisi Pengertian Kartu Kredit, Cara Kerja Kartu Kredit Serta Kelebihan Dan Kekurangan Kartu Kredit

Apa Itu Kartu Kredit? Kartu Kredit Adalah, Simak Definisi Pengertian Kartu Kredit, Cara Kerja Kartu Kredit Serta Kelebihan Dan Kekurangan Kartu Kredit - Kartu kredit adalah adalah suatu jenis penyelesaian transaksi ritel (retail) dan sistem kredit, yang namanya berasal dari kartu plastik yang...

Kartu kredit adalah adalah suatu jenis penyelesaian transaksi ritel (retail) dan sistem kredit, yang namanya berasal dari kartu plastik yang diterbitkan kepada pengguna sistem tersebut. Sebuah kartu kredit berbeda dengan kartu debit di mana penerbit kartu kredit meminjamkan konsumen uang dan bukan mengambil uang dari rekening. Kebanyakan kartu kredit memiliki bentuk dan ukuran yang sama, seperti yang dispesifikasikan oleh standar ISO 7810.

Apa itu kartu kredit?

Sebuah kartu kredit berbentuk lempengan persegi panjang tipis dari plastik yang dikeluarkan oleh sebuah perusahaan keuangan, yang memungkinkan pemegang kartu meminjam dana untuk membayar barang dan jasa. Kartu kredit memberlakukan ketentuan bahwa pemegang kartu membayar kembali uang yang dipinjam, ditambah bunga, serta biaya tambahan yang disepakati.

Sebuah kartu kredit memungkinkan Anda untuk meminjam uang dari bank untuk melakukan pembelian, apakah Anda membeli burger atau tiket pulang-pergi ke suatu tempat. Selama Anda membayar kembali uang yang Anda pinjam dalam “masa tenggang” 25-30 hari, Anda tidak perlu membayar ekstra. Jika Anda tidak membayarnya kembali dalam periode waktu itu, Anda harus membayar bunga dengan persentase dari uang yang Anda berutang kepada bank atas apa yang Anda pinjam.

Penyedia perusahaan kartu kredit juga dapat memberikan jalur kredit "Line of Credit (LOC)" kepada pemegang kartu, memungkinkan mereka untuk meminjam uang dalam bentuk uang tunai. Emiten biasanya menetapkan batas pinjaman, berdasarkan peringkat kredit individu. Sebagian besar bisnis memungkinkan pelanggan melakukan pembelian dengan kartu kredit, yang tetap menjadi salah satu metodologi pembayaran paling populer saat ini untuk membeli barang dan jasa konsumen.

Memahami Kartu Kredit

Kartu kredit memiliki tingkat persentase bunga tahunan (APR) yang lebih tinggi daripada bentuk pinjaman konsumen lainnya. Biaya bunga pada saldo yang belum dibayar yang dibebankan ke kartu biasanya dikenakan satu bulan setelah pembelian dilakukan.

[Penting: Orang dengan riwayat kredit yang buruk sering mencari kartu kredit yang diamankan, yang membutuhkan setoran tunai, yang memungkinkan mereka menyamakan jalur kredit "Line of Credit (LOC)".]

Jenis Kartu Kredit

Sebagian besar kartu kredit utama, termasuk Visa, MasterCard, BCA, Mandiri, BNI, BRI, Danamon, CIMB, Bukopin, Panin, Permata, Bank Mega, Citibank, Bank Sinarmas, dll. dikeluarkan oleh bank, serikat kredit, atau lembaga keuangan lainnya. Banyak kartu kredit menarik pelanggan dengan menawarkan insentif seperti mil penerbangan, persewaan kamar hotel, sertifikat hadiah kepada pengecer besar dan pengembalian uang pembelian.

Untuk menghasilkan loyalitas pelanggan, banyak perusahaan ritel mengeluarkan versi kartu kredit utama bermerek , dengan nama toko terpampang di permukaan kartu. Meskipun biasanya lebih mudah bagi konsumen untuk memenuhi syarat untuk kartu kredit toko daripada kartu kredit utama, kartu toko hanya dapat digunakan untuk melakukan pembelian dari pengecer penerbit, yang dapat menawarkan tunjangan pemegang kartu seperti diskon khusus, pemberitahuan promosi, atau penjualan khusus.

Cara Kerja Kartu Kredit

kartu kredit adalah cara pembayaran yang fleksibel dan dapat menjadi cara yang baik untuk menyebarkan biaya pembelian besar. Tetapi jika Anda hanya melakukan pembayaran minimum atau menjalankan tagihan yang tidak dapat Anda bayar kembali, kartu kredit bisa menjadi pilihan yang mahal. Oleh karena itu, cari tahu lebih lanjut tentang bagaimana cara kerja kartu kredit, dan apakah itu akan menjadi pilihan terbaik untuk Anda.

Bagaimana cara kerja kartu kredit?

Kartu kredit memungkinkan Anda membelanjakan uang secara kredit - itu seperti memiliki pinjaman untuk jumlah yang Anda habiskan menggunakan kartu. Anda dapat menghabiskan hingga batas kredit yang telah ditentukan sebelumnya, yang mungkin beberapa ratus atau beberapa juta dan seterusnya.

Itu tergantung pada seberapa yakin penyedia kartu kredit Anda bahwa Anda akan membayarnya kembali. Jika Anda melunasi tagihan setiap bulan, Anda tidak akan membayar bunga atas apa yang Anda pinjam. Jika Anda melakukan penarikan tunai, bunga biasanya dibebankan setiap hari sejak Anda mengambil uang tunai.

Ini adalah salah satu alasan mengapa Anda harus menghindari mengambil uang tunai menggunakan kartu kredit. Sebab Anda akan dikenai biaya - hingga 4% atau lebih dengan beberapa perusahaan. Suku bunga untuk penarikan tunai juga biasanya lebih tinggi daripada untuk pembelian.

Jika Anda tidak melunasi saldo terutang secara penuh maka bunga akan dibebankan. Biasanya sudah ketinggalan jaman, jadi jika Anda membeli sesuatu di awal bulan Anda akan dikenakan bunga sebulan penuh.

Ada beberapa poin penting yang perlu Anda ingat sebelum mengajukan dan menggunakan kartu kredit.

  • Anda harus melakukan setidaknya pembayaran minimum setiap bulan, bahkan selama periode bebas bunga. Siapkan Debit Langsung untuk saldo bulanan penuh, atau sebanyak yang Anda mampu bayar. Ini berarti Anda tidak akan melewatkan pembayaran, yang dapat menyebabkan biaya yang tidak diinginkan dan hilangnya tarif pengantar. Pembayaran yang hilang juga dapat merusak peringkat kredit Anda.
  • Anda akan memiliki penilaian kredit oleh penyedia kartu ketika Anda mengajukan permohonan, yang biasanya akan mencakup memeriksa file referensi kredit Anda. Peringkat kredit yang baik akan meningkatkan peluang Anda untuk aplikasi kredit yang sukses. Itu juga bisa memberi Anda akses ke kartu yang menawarkan suku bunga terendah dan / atau penawaran promosi.
  • Anda harus berusia minimal 18 tahun untuk mengajukan kartu kredit. Dengan beberapa kartu, usia minimum adalah 21 tahun.

Kelebihan Dan Kekurangan Kartu Kredit

Diatas transkerja.com telah menjabarkan apa itu kartu kredit, definisi kartu kredit , pengertian kartu kredit, dan cara kerja kartu kredit. Selain itu, apakah Anda juga ingin tahu apa saja kelebihan dan kekurangan kartu kredit? Baca terus artikel transkerja.com ini untuk mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan kartu kredit.

Kelebihan dari kartu kredit

  1. Mudah dibawa, mudah digunakan. Kartu kredit diterima di lebih banyak tempat.
  2. Lebih aman dari uang tunai. Jika kartu Anda hilang atau dicuri, panggil saja pihak bank penyedia kartu kredit Anda dan batalkan. Jika dicuri dan digunakan secara curang, Anda kemungkinan besar akan mendapatkan uang kembali.
  3. Beli sekarang, bayar nanti. Jika Anda tidak memiliki uang tunai yang Anda butuhkan sampai hari gajian Anda berikutnya, atau untuk pembelian besar-besaran, kartu kredit memberi Anda ruang geliat finansial tambahan - walaupun Anda hanya boleh menggunakannya jika Anda yakin dapat membayarnya kembali.

Kekurangan dari kartu kredit

  1. Pembayaran berbunga tinggi. Jika Anda tidak menghapus saldo pada akhir setiap bulan, biasanya Anda harus membayar bunga atas saldo terutang Anda. Suku bunga kartu kredit bisa sedikit lebih tinggi daripada pinjaman pribadi.
  2. Waspadai spiral utang. Kehilangan satu pembayaran dan bunganya mulai bertambah. Kecuali jika Anda melunasi utang setiap bulan, Anda dapat dengan cepat jatuh ke dalam hutang jika Anda terus menghabiskan saldo kartu kredit Anda.
  3. Biaya tambahan. Selain bunganya, Anda dapat menemukan diri Anda membayar biaya tambahan atau penalti karena melebihi batas kredit Anda atau melewatkan pembayaran. Ada juga biaya untuk menggunakan mesin ATM, dan beberapa kartu mengenakan biaya tahunan atau bulanan di atasnya.
  4. Setoran dan pra-otorisasi dapat memotong batas kredit Anda. Beberapa tempat seperti hotel atau perusahaan penyewaan mobil mungkin menggunakan kartu kredit Anda untuk melakukan pra-otorisasi. Ini agar mereka dapat menagih Anda jika Anda menggunakan hal-hal seperti mini-bar dan tidak membayar untuk itu. Mereka akan menahan sebagian dari batas kredit Anda dan sementara itu di tempat Anda tidak akan dapat menghabiskan uang. Bahkan setelah mereka menghapus penangguhan mungkin ada beberapa hari menunggu sampai batas kredit Anda kembali normal.
  5. Mahal untuk digunakan di luar negeri. Ini sangat tergantung pada kartu kredit apa yang anda gunakan. Beberapa dirancang untuk pelancong, yang lain lebih mahal ketika datang ke biaya dan biaya lainnya, tergantung pada apakah Anda menggunakan kartu untuk pembelian atau penarikan tunai.

Cara Memilih Kartu Kredit

Ketika Anda memutuskan menggunakan kartu kredit mana yang akan di pilih, tanyakan pada diri Anda pertanyaan ini: Apakah saya akan membayar bunga atas hutang saya?

Jika Anda membayar saldo kartu kredit Anda secara penuh dan tepat waktu setiap bulan: Anda tidak akan dikenai bunga. Dalam hal ini, layak untuk mendapatkan kartu kredit yang menghasilkan hadiah, dengan asumsi Anda memiliki skor kredit yang memenuhi syarat untuk mendapatkan kartu kredit. (Secara umum, semakin baik skor kredit Anda, semakin baik kartu Anda memenuhi syarat.) Kartu hadiah memberi Anda poin, uang tunai atau mil maskapai penerbangan setiap kali Anda menggunakannya. Tingkat hadiah yang paling murah hati, tunjangan terbaik dan suku bunga terendah tersedia bagi mereka yang memiliki kredit yang sangat baik.

Tip:
Kartu kredit yang menghasilkan hadiah biasanya memiliki tingkat bunga yang lebih tinggi daripada kartu lainnya - cukup tinggi untuk menghapus nilai hadiah yang Anda peroleh jika Anda membawa saldo dari bulan ke bulan.

Kartu kredit Anda dikeluarkan oleh bank. Mereka menentukan tingkat bunga, biaya, dan imbalan Anda, jadi penting untuk menemukan bank yang menawarkan kartu yang Anda sukai. Transaksi diproses di jaringan pembayaran, seperti Visa, Mastercard. Jaringan ini menentukan di mana kartu diterima. Beberapa tunjangan kartu - seperti asuransi mobil sewaan atau perlindungan ponsel  - mungkin berasal dari jaringan pembayaran daripada bank penerbit kartu kredit.

Pembayaran bunga dan biaya kartu kredit

Perusahaan kartu kredit menghasilkan uang dalam tiga cara:
  • Biaya transaksi  dibebankan ke pedagang setiap kali Anda menggunakan kartu kredit Anda.
  • Pembayaran bunga  saat Anda tidak melunasi hutang Anda secara penuh.
  • Biaya, seperti pembayaran terlambat atau biaya tahunan.
  • Anda tidak perlu khawatir tentang yang pertama itu. Biaya transaksi dikenakan pada pedagang, bukan Anda. Alih-alih, perhatikan saja pembayaran dan biaya bunga.

Kartu kredit membebankan sejumlah biaya, dari biaya tahunan ke biaya penarikan tunai hingga biaya keterlambatan pembayaran. Sebagian besar kartu kredit tidak akan memiliki biaya tahunan kecuali mereka menawarkan hadiah besar atau dirancang untuk orang-orang dengan kredit kurang baik, tetapi pastikan untuk melakukan setidaknya pembayaran bulanan minimum tepat waktu, atau Anda mungkin akan ditampar dengan biaya keterlambatan dan suku bunga yang lebih tinggi - dan Anda bahkan mungkin melihat skor kredit Anda menderita.
Newer Post Older Post Home Jasa Content Placement