Sofa adalah pusat kehidupan rumah tangga, sofa sering di jadikan tempat untuk berbaring dengan tenang di akhir pertempuran yang sulit dan menatap langit-langit. Sofa adalah satu-satunya tempat di rumah di mana setiap orang dapat duduk dengan nyaman dan menonton TV.

Sofa juga merupakan tempat yang sangat nyaman untuk meletakan bayi yang terlalu muda untuk bangun dan lari. Ini juga sempurna untuk melatih balita dalam senam: lengan empuk dan bantal yang dalam dari sebagian besar sofa modern dan tradisional menjadikan tempat lepas landas dan mendarat yang aman. Penutup yang dapat dilepas yang dapat dicuci juga membantu penggunaan ini.

Anak-anak dan remaja yang lebih tua tampaknya menyukai sofa untuk berbaring dengan nyaman, ditaburi keripik dan dikelilingi oleh kaleng-kaleng aluminium penyok santai. Jadi ketika mereka bertambah tua dan lebih lama, kita mendapati diri kita merenungkan lebih dari satu sofa per kamar atau salah satu dari sudut empuk atau sofa berbentuk L , yang juga berguna sebagai tempat tidur satu-nighter untuk tamu yang terlalu rapuh untuk pulang.

Apa tujuan sofa?

Jadi ... tujuan sofa adalah untuk menyediakan platform komunal, ruang yang nyaman dan aman untuk bersantai bersama keluarga, baik yang intim maupun, dengan penambahan TV.

Mengapa kita menyebutnya sofa, couch, atau settee?

Dalam penggunaan modern sehari-hari, sofa adalah kata yang paling populer di Inggris untuk menggambarkan furnitur besar dan nyaman di ruang tamu Anda, sementara couch dan settee benar-benar hanya digunakan sebagai kata alternatif untuk hal yang sama. Menurut Oxford English Dictionary, kata 'sofa' berasal dari Mediterania timur dengan soffah Arab, yang merupakan 'bagian dari lantai yang diangkat satu atau dua kaki, ditutupi dengan karpet dan bantal, dan digunakan untuk duduk di atas.

Apa perbedaan antara sofa dan dipan?

Ada banyak istilah lain yang terkait dengan sofa, seperti sofa dipan, canape, sofa, chesterfield, dan davenport. Sofa, misalnya, berasal dari kata Arab suffa yang berarti karpet. Divan, dari Timur Tengah, adalah kursi panjang yang dibentuk dari kasur yang diletakkan di sisi ruangan, di atas lantai atau di atas struktur atau bingkai yang terangkat, dengan bantal untuk bersandar.

Sofa dengan kursi berlapis satu lengan panjang, adalah bentuk dipan. Settee, sebuah kata dari seti Inggris Kuno, digunakan untuk menggambarkan bangku kayu panjang dengan lengan dan punggung tinggi. Istilah canape berasal dari Perancis pada abad ke-18, yang digunakan untuk menggambarkan furnitur tiga dudukan dengan bingkai kayu berukir.

Jenis sofa yang paling umum adalah kursi empuk. Seperti namanya, ia memiliki tempat duduk untuk dua orang. Sofa juga memiliki implikasi perabot besar dengan tempat duduk untuk tiga orang atau lebih. Sectional sofa, sesuai dengan namanya, terdiri dari bagian-bagian yang memungkinkan pemilik rumah menggunakan sesedikit atau sebanyak yang dibutuhkan. Sectionals biasanya juga berisi kursi sudut untuk tempat duduk terus menerus. Ini dapat diapungkan di sebuah ruangan untuk menciptakan area yang lebih intim atau bersandar ke dinding untuk memungkinkan penempatan di ruangan dengan dimensi yang menantang.

Apa perbedaan antara sofa dan kursi empuk?

Kursi empuk adalah sofa kecil atau kursi ganda yang dapat menampung hingga dua orang, atau pasangan, karenanya istilah "kursi empuk." Kursi empuk bisa hadir dengan gaya apa pun, tetapi sebagian besar berisi bagian-bagian khusus untuk setiap orang duduk. Versi barang antik mungkin tidak mengandung perbedaan ini, tetapi cukup kecil untuk menunjukkan dengan jelas bahwa itu hanya dapat memuat dua orang dewasa. Anda dapat membeli kursi empuk secara individual atau sebagai bagian dari set ruang tamu yang berisi sofa dan kursi yang lebih besar. Kursi empuk dapat menampilkan lengan berlapis tergantung pada model, meskipun itu juga dapat datang dalam versi backless atau versi dengan punggung bawah dan sandaran lengan lebih tinggi.

Sofa adalah bangku kayu panjang dengan punggung atau sofa kecil atau sedang. Biasanya dapat menampung lebih dari dua orang, dan selalu memiliki punggung dan lengan. Sette datang dalam berbagai gaya, termasuk versi kayu antik dengan kaki dan versi berlapis yang tidak menampilkan kaki yang jelas. Itu dapat dibeli sendiri atau sebagai bagian dari set ruang tamu.

Perbedaan utama antara kursi empuk dan bangku panjang adalah bahwa kursi empuk dibuat hanya untuk dua orang, sedangkan sofa biasanya cocok untuk dua orang atau lebih. Sette juga selalu menampilkan punggung, sementara beberapa loveseats memiliki punggung atau fitur punggung bawah. Sementara loveseats selalu menjadi bagian furnitur individu, sette dapat menjadi bagian dari sofa sectional dengan potongan-potongan yang dapat ditambahkan sesuai keinginan.

Memilih sofa atau kursi empuk untuk rumah atau apartemen Anda berdasarkan pada seberapa banyak ruang yang Anda gunakan, serta aspek praktis lainnya. Misalnya, Anda dapat membeli sofa yang juga merupakan sofa tidur yang dapat di tarik, yang berguna jika Anda membutuhkan tempat tidur tambahan tetapi tidak memiliki ruang atau tamu yang sering datang. Kursi empuk pada umumnya dapat digunakan sebagai tempat tidur untuk anak saja, karena anak-anak cukup kecil untuk nyaman masuk ke dalam sofa kecil. Desain sofa atau kursi empuk adalah aspek lain; meskipun keduanya datang dalam gaya yang lebih rumit dan lebih jelas.

5 Cara Untuk Membersihkan Sofa Anda Seperti Seorang Profesional

Sofa nyaman Anda adalah tempat utama di mana Anda ingin bersantai setelah kembali dari kesibukan Anda sepanjang hari. Tetapi jika sofa Anda tidak bersih dan bau karena tumpah di atasnya maka bagaimana Anda bisa bersantai di atasnya untuk menyegarkan diri.

Sofa adalah salah satu fasilitas paling penting di mana-mana baik itu kantor atau rumah Anda. Jadi harus tetap bersih untuk menyambut siapa pun yang duduk di atasnya sambil menunggu atau bersantai setelah jadwal kerja yang padat. Ada sejumlah perusahaan pembersih sofa di Indonesia yang dapat membantu Anda dalam hal ini.

Meskipun Anda dapat memanfaatkan layanan sofa profesional untuk tujuan ini, tetapi jika Anda merasa mengganggu anggaran Anda maka Anda juga dapat membersihkannya seperti profesional. Membersihkan sofa seperti seorang profesional bukanlah pekerjaan yang mudah, tetapi Anda dapat membuatnya mudah jika Anda belajar cara menggunakan teknik yang digunakan oleh pembersih profesional. Meskipun ada berbagai metode pembersihan sofa tetapi mereka harus digunakan sesuai kualitas bahan sofa yang digunakan dalam pembuatannya.

Memilih cara pembersihan sofa yang tepat

Sebagian besar produsen sofa menandai kode huruf di punggungnya untuk menunjukkan jenis bahan sehingga metode pembersihan sofa yang tepat dapat digunakan untuk membersihkannya. Anda harus mengidentifikasi tanda sebelum mulai membersihkan sofa atau pelapis sofa sendiri. Tanda identifikasi adalah seperti di bawah ini: Tanda 'W' menunjukkan bahwa deterjen berbasis air dapat digunakan untuk membersihkan sofa ini. Tanda 'S' berarti pembersihan sofa dapat dilakukan melalui deterjen bebas air atau dicuci kering. Sofa dapat dibersihkan dengan deterjen berbahan dasar air atau pembersih kering jika ditandai dengan 'WS'. 'X' menunjukkan bahwa sofa Anda dapat dibersihkan hanya dengan proses pembersihan vakum atau membutuhkan pembersihan profesional. Sofa yang terbuat dari bahan organik dan dapat dengan mudah dibersihkan dengan mencuci dengan air dingin ditandai dengan 'O'.

Kelima tanda identifikasi ini dapat menentukan lima cara untuk membersihkan sofa Anda seperti pembersih profesional. Tetapi Anda harus menggunakan pembersih yang sesuai dan menghindari penggunaan pemutih untuk membuat pembersihan sofa yang aman dan efektif.

Metode pembersihan sofa untuk membersihkannya layaknya profesional

  • Vacuum Cleaning:  Anda dapat dengan mudah menjauhkan kotoran dan debu dari sofa bertanda 'X' dengan mudah menggunakan metode pembersihan sofa vakum. Ini adalah salah satu cara terbaik untuk membersihkan sofa.
  • Dry cleaning:  Anda dapat dengan mudah menghilangkan noda membandel dari kain sofa bertanda 'S' Anda dengan proses ini untuk mempertahankan kualitas dan keindahannya.
  • Pembersihan air dan sabun: Pembersihan  pelapis bertanda O, W atau WS dapat dilakukan dengan mudah dengan menggunakan deterjen ringan, bahan pembersih atau sabun dengan air.
  • Pembersihan alkohol:  Metode ini juga digunakan untuk menghilangkan minyak keras kepala dan noda kaku lainnya dari kain sofa Anda.
  • Ice cleaning:  Metode ini juga digunakan untuk membersihkan sofa untuk menghilangkan permen karet, lilin, dan bahan lengket lainnya dari pelapis sofa Anda.

Apa Tujuan Sofa? Mengapa Kita Menyebutnya Sofa, Couch, atau Settee?
Dengan demikian Anda dapat dengan mudah melakukan pembersihan sofa seperti para profesional setelah mengetahui petunjuk di atas. Namun jika Anda tidak ingin mengorbankan waktu bersantai Anda untuk membersihkan sofa sendiri. Anda perlu mempertimbangkan jasa cuci sofa profesional di bawah ini.

Silahkan baca: