Dengan banyak gaya keramik lantai untuk dipilih, Anda pasti akan menemukan pilihan yang sempurna untuk proyek Anda. Lantai keramik terjangkau, tahan lama dan terlihat bagus di setiap ruangan.

Ciptakan Ruang yang Bergaya dengan Lantai Keramik

Keramik lantai menawarkan kombinasi daya tahan, keserbagunaan dan kenyamanan dan tersedia dalam ratusan gaya, bentuk dan warna yang berbeda.

Alasan Memilih Lantai Keramik

Keramik lantai sangat ideal untuk rumah tangga dengan hewan peliharaan atau orang yang menderita alergi. Kemampuan beradaptasi dan ketahanannya yang tinggi menjadikan lantai keramik salah satu pilihan paling nyaman yang tersedia. Untuk rumah modern dan kontemporer, pilih desain yang sederhana dan bersih. Untuk gaya klasik atau hiasan pilih lantai keramik dengan desain yang rumit. Baik gaya lantai keramik sangat ideal untuk pengaturan kamar mandi atau dapur.
  • Daya tahan: Lantai keramik menawarkan kombinasi gaya modern dan klasik dengan daya tahan lebih tinggi dibandingkan opsi lantai lainnya. Kehidupan lantai keramik cenderung jauh lebih lama daripada karpet dan tidak akan hangus atau ternoda secara permanen. Ketika terkena cahaya, lantai keramik tahan terhadap perubahan warna dan tahan lalu lintas pejalan kaki tingkat tinggi. Daya tahan dan kekuatan adalah dua karakteristik yang menjadikan lantai keramik menjadi pilihan tepat untuk rumah Anda.
  • Fleksibilitas: Ubin keramik dapat digunakan untuk melengkapi semua jenis gaya di ruangan mana pun. Kebanyakan orang menganggap lantai keramik sebagai pilihan desain untuk dapur, kamar mandi, dan pintu masuk, tetapi ubin keramik juga dapat digunakan di kamar tidur, ruang keluarga, dan ruang keluarga. Lantai keramik juga cocok untuk ruang lumpur dan ruang bawah tanah karena mampu menahan paparan terhadap kelembaban yang mungkin terjadi.
  • Kenyamanan: Membersihkan lantai keramik itu mudah. Permukaan dapat dengan cepat dibersihkan untuk menjaga kebersihan rumah, dan puing-puing yang tersisa dapat disapu, disedot, atau dihilangkan. Perawatan yang mudah adalah manfaat utama lantai keramik dan memungkinkan kecantikan yang tahan lama.


Apa Itu Lantai Keramik?

Lantai keramik adalah jenis ubin yang biasanya terbuat dari tanah liat merah atau putih. Ubin keramik bisa digunakan di beberapa area di seluruh rumah. Ubin keramik mirip dengan ubin porselen, dan sementara beberapa perusahaan menggunakan istilah ini secara bergantian, mereka sebenarnya sangat berbeda.

Ubin keramik tidak sepadat dan memiliki tingkat penyerapan yang lebih tinggi. Ini berarti bahwa itu tidak tahan beku, dan mungkin lebih mudah pecah atau rusak daripada ubin porselen.

Terlepas dari perbedaan ini, ubin keramik adalah pilihan yang sangat populer untuk lantai, counter-top dan dinding. Ubin dilapisi dengan glasir khusus yang melindungi dan menyegelnya. Ubin keramik tersedia memiliki beberapa desain dan ukuran sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

Keramik diklasifikasikan sebagai bahan anorganik dan bukan logam yang penting bagi gaya hidup kita sehari-hari.  Pengerajin keramik adalah orang-orang yang merancang proses di mana produk ini dapat dibuat, membuat produk keramik jenis baru, dan menemukan berbagai kegunaan untuk produk keramik dalam kehidupan sehari-hari.

Keramik ada di sekitar kita.   Kategori bahan ini mencakup benda-benda seperti ubin, atau lantai, dll. Biasanya, keramik akan menunjukkan kekuatan dan sifat kekerasan yang sangat baik; Namun, mereka sering rapuh di alam.  Keramik juga dapat dibentuk untuk berfungsi sebagai bahan konduktif listrik, benda yang memungkinkan listrik untuk melewati massanya, atau isolator, bahan yang mencegah aliran listrik. Beberapa keramik, juga ada yang memiliki sifat magnetik.

Keramik umumnya dibuat dengan mengambil campuran tanah liat, elemen tanah, bubuk, dan air dan membentuknya menjadi bentuk yang diinginkan. Setelah keramik telah dibentuk, itu ditembakkan dalam oven bersuhu tinggi yang dikenal sebagai kiln. Seringkali, keramik ditutupi bahan dekoratif, tahan air, seperti cat yang dikenal sebagai glasir.

Keramik Lantai, Supplier dan Distributor Pusat Grosir Jual Lantai Keramik

Pro dan Kontra Lantai Keramik

Ubin keramik mungkin satu-satunya bahan lantai yang benar-benar berfungsi di ruangan rumah mana pun. Ini paling sering digunakan di dapur dan kamar mandi serta foyer, ruang lumpur, dan daerah lalu lintas tinggi lainnya. Tetapi banyak rumah, terutama di daerah beriklim hangat, menggunakan ubin untuk efek luar biasa di ruang tamu dan kamar tidur juga. Dengan kata lain, Anda benar-benar tidak bisa salah dengan ubin. Yang dapat Anda lakukan adalah berharap Anda memiliki sesuatu yang lebih lembut atau lebih hangat di area tertentu, dan Anda mungkin ingin muncul untuk instalasi profesional.

Tahan air: Berglasir ubin lantai keramik memiliki lapisan atas pelindung keras yang membuat ubin tahan terhadap air dan paling noda, membuat mereka alami tahan terhadap kerusakan akibat kondisi kelembaban tinggi. Ini adalah alasan utama mengapa ubin lebih disukai untuk area basah seperti kamar mandi, dapur, dan ruang binatu. Sementara sebagian besar ubin lantai keramik mengkilap, ada ubin keramik tanpa glasir. Ini harus disegel untuk melindungi permukaannya dari cairan dan noda. Dan dengan semua jenis ubin, nat di antara ubin rentan terhadap kelembaban dan noda dan harus disegel secara teratur untuk perlindungan.

Daya tahan: Lantai keramik sangat keras, dan ubin sulit retak. Instalasi yang berkualitas dapat bertahan selama ratusan tahun jika lantainya dirawat dengan baik. Jika satu ubin tidak retak karena dampak yang parah, proses penggantian ubin relatif sederhana.

Perawatan mudah: Lantai keramik cukup mudah dirawat. Kotoran, noda, dan cairan semuanya berada di permukaan, memungkinkan Anda untuk dengan mudah menyeka atau menghapusnya. Perawatan rutin terdiri dari penyapuan atau penghisap debu dengan sikat lembut untuk menjaga lantai bebas dari kotoran dan serpihan yang lepas. Jika set-in pewarnaan terjadi, Anda dapat menggunakan pembersih tugas berat tanpa harus khawatir merusak material.

Pilihan Desain: Teknik manufaktur modern memungkinkan produsen keramik membuat bahan yang dapat dicetak dengan berbagai cara. Ubin yang solid dapat dicampur dan dicocokkan dalam pola atau aksen dengan desain atau motif khusus. Mereka juga dapat dicetak untuk mereproduksi tampilan banyak kayu keras dan batu alam . Akhirnya, ubin itu sendiri dapat dipotong dan dibentuk menjadi segitiga, persegi panjang, dan papan.

Biaya: Ubin keramik bisa menjadi salah satu bahan lantai yang lebih terjangkau, mulai dari Rp. 30.000 - 150.000. Namun, saat Anda beralih ke pemasangan ubin yang lebih baik dan pemasangan yang profesional, lantai ubin dapat dengan mudah dikenakan biaya sebanyak kayu keras atau karpet berkualitas tinggi. Itu semua tergantung pada ubin dan kesulitan instalasi.

Masalah Alergen: Ubin keramik memiliki permukaan yang keras dan padat, yang tidak menarik atau menahan kotoran, debu, serbuk sari, atau alergen lainnya. Ketika partikel-partikel kecil ini mendarat di lantai keramik, mereka menonjol di permukaan, membuatnya mudah untuk dibersihkan dengan pel atau spons. Ini membantu menjaga udara bebas dari bahan iritasi yang dapat berbahaya bagi penderita asma dan alergi.

Kekerasan: Keramik sangat keras, yang membuatnya mudah dibersihkan dan dirawat. Sayangnya, ini juga bisa membuat Anda sulit dan tidak nyaman untuk berdiri. Tidak seperti lantai tangguh, keramik keras tidak bisa dilunakkan menggunakan lapisan bawah yang empuk . Ini berarti bahwa bahan-bahan ini mungkin tidak cocok untuk lingkungan di mana orang akan dipaksa berdiri untuk waktu yang lama. Kekerasan keramik, tentu saja, dapat diimbangi dengan menggunakan permadani atau permadani di tempat-tempat strategis di mana orang cenderung berdiri untuk waktu yang lama, seperti di area kerja dapur.

Kedinginan: Sementara beberapa ubin menahan panas dengan cukup baik, semua ubin menjadi dingin dalam cuaca dingin, yang dapat mengejutkan kaki Anda hal pertama di pagi hari atau kenyataan yang tidak diinginkan dengan kaki telanjang di kamar mandi. Satu-satunya cara untuk menangkal ubin dingin adalah dengan panas di lantai, baik tikar listrik di bawah ubin atau pemanasan berseri-seri di atau di bawah lantai.

Instalasi: Ubin keramik padat karya dan agak sulit untuk dipasang. Amatir pasti bisa melakukannya, tetapi ubin tidak seramah DIY atau laminasi. Pemasangan ubin lantai yang benar dimulai dengan lapisan papan semen (atau "penahan ubin") di atas lantai kayu (lantai beton tidak memerlukan penahan ubin), menambah biaya, waktu, dan tenaga untuk proyek. Pemilik rumah yang ingin memasang ubin mereka sendiri harus berhati-hati memilih ubin untuk pemasangan yang relatif mudah dan menghindari ubin yang rumit, seperti ubin besar "yang diperbaiki", ubin batu yang dipoles, atau ubin tanah liat atau saltillo alami, yang kesemuanya diserahkan kepada para profesional.

Bobot: Beberapa ubin lantai keramik bisa sangat berat, dan semua ubin membutuhkan lantai yang kaku dan kuat untuk mencegah retak. Ini berarti bahwa ubin mungkin tidak selalu sesuai untuk instalasi lantai atas atau lantai dengan struktur lantai yang tidak memadai.