Apakah Anda ingin lantai dicat yang kuat? Maka pilihannya adalah cat epoxy lantai. Cat epoxy pelapis lantai sangat tahan lama dan mudah dibersihkan, memberi Anda lantai yang mudah dipegang dan memiliki umur yang sangat panjang.

Sebelumnya, cat epoxy lantai paling sering digunakan pada lantai di pabrik dan di bengkel karena dapat menangani beban tinggi, memiliki ketahanan abrasi yang tinggi dan sangat mudah dibersihkan.

Tapi di rumah kita, ada juga banyak manfaat untuk mengecat lantai dengan epoxy. Selain kekuatan dan kemudahan penggunaannya, cat epoxy juga tersedia dalam berbagai warna, sehingga Anda bisa mendapatkan lantai dengan warna yang Anda inginkan.

Apa itu cat epoxy?

Cat epoxy lantai terdiri dari dua komponen basa, yang disebut resin epoksi, yang dicampur dengan pengeras, segera sebelum dicat. Komposisi kimia ini membuat bahan kaku dan sangat kuat ketika kedua komponen mengeras. Cat epoxy hanya untuk penggunaan di dalam ruangan, karena sinar UV dapat memecah cat yang padat.

Inilah cara aplikator epoxy lantai, melukis lantai dengan cat epoxy:

1. Media harus berurutan: Media harus kering, bersih, dan bebas minyak agar cat melekat dengan benar. Permukaan mengkilap diampelas ringan, beton dengan penggiling berlian, kayu dengan kertas abrasif. Permukaan isap disetrika dengan primer epoxy. Celah diisi dengan pasta epoxy yang bekerja secara optimal.

2. Campur secara menyeluruh: Cat epoxy terdiri dari dua komponen, basa dan pengeras, yang harus dicampur bersama dalam dimensi yang tepat untuk hasil yang baik sesuai keinginan. Gabungkan bagian-bagian secara menyeluruh ke tepi dengan mengocok dengan kecepatan rendah. Campur hanya apa yang Anda butuhkan.

3. Bekerja cepat: Ketika cat dicampur, Anda hanya memiliki waktu terbatas untuk melukis lantai, biasanya 2 jam. Substrat harus memiliki suhu setidaknya 15 derajat agar cat mengeras. Didistribusikan oleh gulungan berventilasi pendek. Sebagai aturan, diperlukan dua lapis cat. Pastikan ventilasi yang baik.

Aplikator Cat Epoxy Lantai

  1. TEMPAT KERJA adalah tempat yang jelas untuk memilih cat epoxy karena permukaannya akan tahan terhadap hampir semua jenis bahan kimia, cat berbasis minyak dan terpentin, dll. Itu hanya mengering tanpa meninggalkan jejak.
  2. DAPUR adalah ruangan dengan banyak aktivitas, dan jika Anda ingin mengecat lantai di sini, itu harus dengan cat yang sangat tahan lama, dan kemudian epoxy adalah pilihan terbaik, baik pada beton atau kayu.
  3. RUANG TAMU juga dapat memanfaatkan lantai yang dicat epoxy. Di sebagian besar tempat, pemakaiannya tidak terlalu bagus, tetapi jalan setapak dan lantai di meja makan penuh muatan. Juga di kamar mandi Anda dapat melukis dengan epoxy - langsung di sekering ruang basah di dinding diplester di kamar mandi. Dan Anda bisa mencampur kuarsa di dalam cat dengan lantai agar tidak licin.

Cat epoxy larut dalam air dan tidak mengandung pelarut berbahaya. Ini tidak mengeluarkan asap berbahaya, tetapi penting bagi Anda untuk melindungi kulit saat bekerja dengan epoksi campuran. Jika kulit Anda terkena epoksi, Anda mungkin mengalami reaksi alergi.

Karena itu, gunakan sarung tangan yang disetujui secara terpisah untuk epoxy, kacamata atau pelindung wajah dan setelan cat. Jika Anda mendapatkan cat pada kulit Anda, segera cuci dengan sabun dan air.

Baca juga: