Epoxy floor coating adalah sebuah sistem epoxy yang terdiri dari resin epoxy dan zat pengawet (pengeras). Ketika sistem epoxy digunakan, monomer dalam resin epoxy bergabung dengan pengeras untuk membentuk ikatan molekul rantai panjang.

Ketika campuran epoxy dan pengeras disatukan, polimer keras terbentuk. Beberapa sistem epoxy bereaksi dalam beberapa menit pada suhu kamar, sementara yang lain membutuhkan lebih banyak waktu dan panas untuk bereaksi.

Banyak produk epoxy mengandung pelarut, pengisi, dan pigmen organik. Ciri-ciri epoxy dapat bervariasi menurut monomer epoxy, zat pengawet (pengeras), penambahan pelarut dan pengisi.

Fitur paling penting dari resin epoxy adalah kemampuannya untuk dengan mudah mengubah cairan menjadi keras, sehingga menjadi lapisan padat yang elastis.

Karena epoxy memiliki kualitas serbaguna, resin epoxy sekarang digunakan di banyak bidang, seperti pelapis pelindung, cat laut, pelapis, perekat, lem, campuran cetakan, bahan insulasi, plastik bertulang dan produk tekstil.

Ini adalah penutup lantai dekoratif dengan ketebalan 1mm-3mm, tidak terpengaruh oleh bahan kimia, mudah dibersihkan, kekuatan mekanik tinggi. Ini sangat ideal untuk semua tempat yang membutuhkan lantai bebas debu yang dapat diaplikasikan ke area mana pun dengan warna dan gambar apa pun.

9 Manfaat Epoxy

  1. Bebas pelarut
  2. Tidak berbau
  3. Tahan terhadap bahan kimia
  4. Mudah dipakai
  5. Mudah dibersihkan
  6. Tidak mudah pecah
  7. Penampilan yang menarik
  8. Tersedia dalam berbagai warna
  9. Produk yang sangat diperlukan dalam desain dekoratif

Karena epoxy memiliki kualitas serbaguna, resin epoxy sekarang digunakan di banyak bidang, seperti industri, farmasi, dan rumah.

Lantai epoxy adalah tempat yang paling sering dipakai di pabrik industri. Bahan lantai epoxy cocok untuk kondisi kerja yang ideal untuk pabrik industri, sejalan dengan perkembangan teknis di zaman kita. Ketika lapisan permukaan epoxy diterapkan dengan benar, hasil yang sangat sukses akan diperoleh.

Penggunaan Epoxy untuk Tujuan Dekoratif

Saat ini, ruang penampilan modern dan estetika diciptakan pada akhir lapisan epoxy dalam struktur negara maju. Ruangan berlapis epoxy memiliki umur panjang. Epoxy mudah untuk dilapisi dan sangat nyaman digunakan. Epoxy dapat dengan mudah diaplikasikan pada segala jenis permukaan. Selain itu, epoxy juga dapat digunakan sebagai pelapis dinding dan langit-langit.

Penggunaan Epoxy untuk Tujuan Industri

Pelapisan epoxy memiliki beragam aplikasi dalam industri ini. Saat ini, hampir tidak ada area di mana epoxy tidak digunakan dalam aplikasi pelapisan dan isolasi. Terutama di tempat-tempat di mana lalu lintas kendaraan dan manusia sangat tinggi, lapisan epoxy memberikan keuntungan besar bagi orang-orang.

Kemudahan penerapan epoxy, keamanan penggunaan, tidak adanya kerusakan,
mudah dibersihkan dan perbaikan serta pemeliharaan sangat mudah digunakan di industri adalah alasan untuk prevalensi.

Penggunaan Epoxy untuk Area Produksi Makanan

Epoxy yang digunakan dalam industri makanan diproduksi dari produk yang sesuai dengan standar kesehatan. Dalam aplikasi kontraktor epoxy lantai, produk bebas pelarut yang disetujui digunakan dengan aman, dan tentunya tahan terhadap minyak dan bahan kimia.

Penggunaan Epoxy untuk Area Perawatan Kesehatan

Lapisan epoxy memberikan hasil yang sangat baik dalam penciptaan lingkungan yang higienis dan anti bakteri. Rumah sakit dan terutama teater yang beroperasi harus memiliki lapisan epoxy.

Ini adalah fitur yang sangat penting bahwa ruang epoxy yang diterapkan bersifat monolitik dan tidak memiliki sambungan. Karena pembentukan sudut oval alih-alih sudut tegak lurus dengan lapisan epoxy di tempat-tempat ini, bakteri tidak dapat dilindungi di lingkungan ini dan dapat dengan mudah didesinfeksi. Produk epoxy yang disertifikasi dan sesuai dengan kriteria yang ditentukan oleh kementerian digunakan untuk menutupi ruang-ruang ini.

Pelapis epoxy banyak digunakan di semua fasilitas, mulai dari bangunan dan fasilitas yang dibuat untuk keperluan industri, hingga area yang dibuat untuk keperluan arsitektur dan estetika, dari semua jenis produksi makanan hingga penjualan, di sektor kesehatan, rumah sakit, fasilitas olahraga, dan tempat parkir, juga ruangan dalam rumah. Jasa epoxy lantai dapat mengelompokkan pelapis epoxy untuk keperluan berbeda di bawah kelompok tertentu.

Teknik Epoxy dan Aplikasi

  • Meratakan diri: Ini adalah teknik pelapis epoksi self-leveling. Setelah primer epoksi diaplikasikan (seperti mantel), ia dituangkan ke permukaan dengan pengeras yang dicampur dengan resin epoksi dan disebarkan dengan sekop berlekuk atau sisir datar.
  • Multi Layer: Ini adalah lapisan epoksi multi-layer. Setelah primer epoksi diaplikasikan, ia dituangkan ke permukaan dengan mencampurkan dengan resin epoksi dan pengeras dan disebarkan dengan sekop berlekuk atau sisir datar. Setelah 8 jam pengeringan, proses yang sama diulangi seperti lapisan kedua. Jika diinginkan, cat epoksi diterapkan dengan roller sebagai lapisan terakhir.
  • Pelapis Mortar: Ini adalah lapisan yang dibentuk dengan menggunakan mortar epoksi. Setelah mortar epoksi yang diletakkan dengan ketebalan 5-10mm dipadatkan dan dipoles, cat epoksi lapisan atas diaplikasikan dengan roller dalam warna yang diinginkan. Ini sebagian besar diterapkan di lingkungan tanah berat.

Cat Epoxy

Sebagai hasil dari pencampuran resin epoksi dan pengeras, itu diterapkan pada permukaan aplikasi dengan roller. Sebagai hasil dari aplikasi cat epoksi, ketebalan rendah terbentuk di lantai.


Granit Epoxy Coating

Jenis pelapis ini adalah jenis pelapis epoksi dengan abrasi tinggi dan tahan gores.
Resin epoksi granit juga bebas pigmen. Resin epoksi murni digunakan. Menurut informasi yang diperoleh sebagai hasil dari tes yang dilakukan, granit epoksi memiliki daya tahan lebih dari granit alami.
  • Lapisan epoksi memberikan tampilan granit silika.
  • Lapisan granit Epoxy diterapkan dalam makanan, otomotif, pabrik industri dan banyak bidang lainnya.
  • Ketebalan lapisan Granit Epoxy dapat diaplikasikan sesuai kebutuhan atau i - 2 - 4 mm.


Lapisan Laminasi Epoxy

Jenis pelapisan ini diperoleh dengan mengoleskan serat gelas dan resin epoksi ke lantai. Laminasi diterapkan dengan menerapkan epoksi ke lantai setelah lapisan, kemudian meletakkan serat kaca di atasnya, menerapkan epoksi lagi untuk membentuk lapisan.

Area di mana lapisan laminasi diterapkan, di daerah dengan kekuatan tanah rendah, tahan terhadap retak atau terkelupasnya keramik atau mosaik, perbaikan retak permukaan pada beton, perbaikan dan renovasi tangki minyak dan tangki balas yang berkarat.

11 Sifat Umum Epoxy

  1. Higienis, mudah dibersihkan
  2. Sifat antibakteri
  3. Tidak berlaku
  4. Penampilan dekoratif
  5. Tahan terhadap bahan kimia
  6. Kekuatan mekanik tinggi
  7. Membuat lantai non-slip
  8. Kedap terhadap cairan
  9. Menyediakan insulasi listrik
  10. Tahan lama dan ekonomi
  11. Pilihan warna bervariasi

Aplikator Epoxy Lantai

Jasa epoxy lantai profesional telah memperoleh pengalaman dalam pelapis epoxy yang memiliki area penggunaan luas dalam konstruksi, industri dalam beberapa tahun terakhir. Aplikasi epoxy dari kontraktor epoxy lantai dibuat sesuai dengan standar, tanpa mengurangi kualitas dan tenaga ahli. Aplikator epoxy lantai memberikan dukungan teknis kepada perusahaan dalam peningkatan area bermasalah terutama dalam pelapisan dan isolasi. Jasa epoxy lantai, ahlinya aplikasi pelapis epoxy terutama industri makanan, pabrik, hanggar pesawat, rumah, rumah sakit dan sebagainya.

Jangan salah pilih, baca juga: