Cat pelapis lantai epoxy (epoxy floor coating) dapat diterapkan ke berbagai pabrik, dari pabrik manufaktur peralatan presisi yang menangani produk industri seperti mobil, hingga pabrik makanan, dapur restoran, dan pabrik farmasi. Selain itu, seiring dengan berkembangnya teknologi, cat pelapis lantai epoxy kini juga di gunakan pada rumah, seperti garasi, dapur, kamar mandi, ruang tidur dan banyak lagi.

Kontraktor epoxy lantai menggunakan teknologi pelapis lantai epoxy (epoxy floor coating) untuk melakukan perlindungan terhadap air dan korosi. Pekerjaan pelapisan lantai yang paling dasar dan paling banyak digunakan adalah resin epoksi. Sebab pelapis lantai epoxy (epoxy floor coating) jika di aplikasikan dengan baik dapat membuat  permukaan lantai menjadi mulus dan mengkilap. Perlu di ketahu bahwa  resin epoksi memiliki ketahanan aus yang sangat baik, tahan benturan, tahan kimia, dan memiliki berbagai spesifikasi seperti antistatik dan tahan panas. Itulah sebabnya, cat pelapis lantai epoxy (epoxy floor coating) banyak digunakan di berbagai lingkungan seperti pabrik, rumah sakit, dan sekolah.

Apa itu epoxy?

Epoxy (polyepoxide) merupakan polimer epoxide thermosetting yang jika dicampur dengan pengeras akan bertambah bagus untuk berbagai penerapan sesuai kebutuhan. Epoxy adalah resin yang sangat baik, dengan karakteristik-Nya yang tahan panas, tahan air, tahan kimia, dan tahan cuaca. Selain penggunaan industri dan perumahan. Resin epoxy juga banyak digunakan dalam mobil, kapal, teknik arsitektur, furnitur, dan teknologi mutakhir lainnya seperti komponen listrik dan elektronik serta pesawat ruang angkasa.

Fitur utama epoxy adalah kekuatan rekat yang kuat, fleksibilitas, ketahanan terhadap retak, tahan panas, tahan air, tahan kimia, dan tahan cuaca. Ini juga ditandai dengan transparansi tinggi ketika diterapkan, isolasi listrik, dan ketahanan terhadap sinar ultraviolet. Karena merupakan resin, ia memiliki ketahanan terhadap air yang tinggi dan digunakan di berbagai lokasi konstruksi, produk industri, dan perangkat elektronik.

Kadang-kadang epoxy digunakan sebagai pencegahan karat untuk membangun eksterior ketika digunakan setiap hari. Ada juga tipe satu bungkus yang tidak memerlukan pencampuran dengan pengeras, dan juga tersedia di pusat-pusat rumah, sehingga mudah diperoleh. Epoxy itu sendiri tidak berwarna, tetapi ketahanan karatnya tidak hilang bahkan jika cat dicampur atau cat diterapkan dari kering.

Selain digunakan sebagai produk cetakan, epoxy adalah bahan yang banyak digunakan di bidang manufaktur, sehingga mengambil keuntungan dari berbagai properti seperti perekat, pengikat dan cat.

Apa itu epoxy lantai?

Epoxy floor coating atau epoxy lantai adalah bahan kimia untuk lantai epoxy yang akan membuat lantai lebih bagus dan tahan lama. Hari ini, lantai epoxy sering disukai dalam proses pelapisan lantai dan juga datang dalam berbagai alat dekorasi. Aplikasi lantai epoxy tahan lama dan memiliki estetika yang bagus dan unik.

Selain sebagai bahan konstruksi yang solid, ia memberikan kenyamanan estetika karena bentuknya yang bisa disesuaikan dengan keinginan pelanggan. Epoxy floor coating mudah digunakan, higienis, mudah dibersihkan, dan semua strukturnya mudah memisahkannya dari penutup lantai lainnya.

Apa keunggulan dari epoxy lantai?

  • Resistensi tinggi terhadap air, asam dan alkali, dan tidak kehilangan resistensi ini dari waktu ke waktu,
  • Permukaan struktur non-slip,
  • Kedap terhadap minyak dan semua bahan kimia,
  • Tahan terhadap abrasi dan abrasi,
  • Fitur isolasi,
  • Kekuatan ikatan yang kuat,
  • Permukaan bebas kotoran, mudah dibersihkan,
  • Higienis,
  • Pilihan warna yang banyak,
  • Menciptakan postur estetika,
  • Umur panjang,
  • Tahan terhadap lingkungan korosif.

Dimana Perlu Menggunakan Cat Epoxy Lantai:
  1. Cat Epoxy, paling sering digunakan pada pelapis lantai
  2. Sebagai pelindung lantai terhadap abrasi,
  3. Sebagai resin perekat untuk bergabung dengan beton segar dan lama,
  4. Lantai dan cat tembok berkekuatan tinggi,
  5. Sebagai isolasi dalam pembuatan bawah air,
  6. Mengisi, menempelkan atau mengintegrasikan retakan dan rongga yang terbentuk dalam struktur,
  7. Pemasangan elemen dan kolom beton pabrikasi, perbaikan retakan dan patah,
  8. Ini digunakan sebagai bahan pengisi yang tahan terhadap air atau bahan kimia di sambungan keramik lantai dan dinding yang akan menghadapi listrik kimia dan mekanik.
  9. Dapat juga digunakan sebagai cat dan primer.

Area Aplikasi Cat Epoxy Lantai

Fasilitas produksi industri, fasilitas produksi makanan, rumah sakit, sekolah, pabrik, pembangkit listrik, peternakan hewan terintegrasi, gudang, tempat parkir, galeri mobil, pusat perbelanjaan, area layanan dan fasilitas serupa; Mereka menggunakan cat epoksi sebagai penutup lantai untuk mencegah korosi beton, tahan benturan dan tidak menembus bahan kimia.

Setelah menggunakan lantai epoksi di area industri, ia menjadi sangat populer di rumah-rumah dengan kenyamanan dan daya tahannya. Meskipun umumnya digunakan di salon, kamar tidur, kamar mandi dan toilet, tetapi juga digunakan di kolam renang dan garasi.

Pilihan Warna Cat Epoxy

Berbeda dengan warna dalam katalog warna putih yang kita tahu , skala warna cat epoksi lebih sempit. Berlawanan dengan kepercayaan populer, bagaimanapun, cat epoksi dapat berubah menjadi model yang unik sesuai dengan keahlian sang master kontraktor epoxy lantai. Warna yang paling disukai adalah warna krem, abu-abu dan biru muda.

Mengapa Epoxy Floor Coating lebih disukai?

Lantai industri dapat aus dalam waktu yang sangat singkat dan berbagai degradasi tanah dapat terjadi. Dalam kasus seperti itu, lantai epoxy dapat digunakan selama bertahun-tahun tanpa masalah dan tahan terhadap beban berat. Selain itu, lantai epoxy adalah salah satu solusi ideal untuk memberikan penampilan berbeda di toko atau rumah. Alasan utama mengapa aplikasi lantai epoxy lebih disukai adalah bahwa mereka diproduksi dengan bahan yang memiliki ketahanan tertinggi terhadap air, alkali dan asam. Selain penggunaan industri, dapat dengan mudah digunakan di lantai rumah sakit dan sekolah karena higienis dan mudah dibersihkan.

Bagaimana Cat Epoxy Diterapkan?

Pertama, permukaan yang akan dicat dibersihkan secara menyeluruh. Seharusnya tidak ada kotoran, debu, minyak atau karat di permukaan. Kemudian, jika ada tonjolan di permukaan, itu dibersihkan dan permukaannya benar-benar halus. Setelah semua operasi ini, cat epoxy primer diaplikasikan ke permukaan, dan setelah primer dikeringkan, bahan lapisan diaplikasikan. Kemudian cat epoksi diaplikasikan dengan sekop baja. Setelah proses ini, permukaan dibentuk dan dibiarkan kering. Namun, disarankan agar operasi ini dilakukan oleh master aplikator epoxy lantai.

Silahkan baca: