Apa itu Cat Epoxy?
Epoxy pada dasarnya adalah resin kimia, tetapi sekarang menjadi nama aplikasi cat epoxy. Permukaan yang diaplikasikan dengan cat epoxy hampir tidak terpengaruh oleh abrasive seperti kelembaban, air, suhu, asam, basa, dan benturan dan umur layanannya sangat lama. Higienis, bebas debu dan memberikan lingkungan anti-bakteri sekaligus menciptakan permukaan yang tidak licin. Karena itu umumnya digunakan di pusat kebugaran, sekolah, pabrik, tempat parkir, rumah sakit dan laboratorium.

Aplikasi cat epoxy yang mudah dibersihkan memiliki banyak warna berbeda. Hampir setiap warna yang Anda inginkan ada dalam bagan warna. Untuk menerapkan cat epoxy, permukaan harus memiliki sifat tertentu. Master aplikator epoxy lantai akan memberi tahu Anda apakah permukaannya cocok dan membuatnya cocok setelah melakukan pengukuran. Dalam artikel ini, kontraktor epoxy lantai mencantumkan 8 alasan untuk memiliki cat epoxy.

Apa Kegunaan Cat Epoxy?

Inilah jawaban tentang apa kegunaan cat epoxy? Kegunaan cat epoxy memiliki berbagai keunggulan karena;

1. Mudah diaplikasikan

Permukaan harus dibersihkan secara menyeluruh sebelum menggunakan cat epoxy. Jika ada tonjolan dan kekasaran, permukaan harus bebas dari kotoran, minyak atau karat. Setelah pembersihan menyeluruh, epoxy primer dioleskan ke permukaan. Selanjutnya, cat epoxy diaplikasikan dengan sekop baja. Maksudku, ini cukup sederhana untuk dikerjakan dalam sehari. Namun perlu menunggu seminggu untuk ketahanan fisik dan kimianya secara penuh.

2. Tahan lama

Jasa epoxy mengatakan bahwa epoxy adalah resin kimia, digunakan untuk menghilangkan celah antara permukaan yang retak dan untuk mengisi rongga. Selain itu, permukaannya digunakan sebagai lapisan pelindung. Dengan demikian, cat epoxy tidak terpengaruh oleh benturan, gesekan atau abrasi, angin, bahan kimia, asam basa, abrasive seperti suhu atau air. Karena fitur ini, cat epoxy diterapkan di banyak tempat seperti laboratorium, bengkel, tempat parkir.

3. Mudah Dibersihkan

Cat epoxy adalah anti bakteri, tidak dapat dilindungi oleh bakteri dan mikroorganisme lainnya dan memiliki sifat anti-statis yang benar-benar mencegah debu. Tapi tentu saja perlu dibersihkan. Anda tidak harus melakukan sesuatu yang berbeda dari biasanya. Karena tidak menahan debu, debu akan tetap berada di kain saat Anda menghapusnya. Cukup bersihkan dengan pembersih permukaan atau deterjen.

4. Dekoratif dan bergaya

Seperti yang dapat Anda lihat dalam berbagai contoh, aplikasi cat epoxy dapat terlihat sangat elegan. Jika Anda menutupi lantai dengan cat epoxy dengan warna yang tepat dan aplikasi profesional untuk toko dan ruang pamer Anda, Anda bisa mendapatkan penampilan yang sangat estetis. Selain itu, lantai epoxy menawarkan lebih banyak opsi daripada alternatif. Anda dapat membuat lapisan epoxy dalam warna, pola, dan variasi apa pun yang Anda inginkan.

5. Umur Panjang

Menutupi lantai dengan cat epoxy adalah proses yang sangat mahal tetapi kita dapat mengatakan bahwa itu pantas untuk uang Anda karena dapat digunakan tanpa aus, abrasi dan kerusakan untuk waktu yang lama. Jadi, tergantung pada ketebalannya, masa pakai lapisan epoxy dapat bertahan minimal 5 tahun dan maksimum 20 tahun. Saat Anda berhenti menggunakan cat epoxy, cat itu dapat dengan mudah dihilangkan oleh pengrajin dengan metode penghilangan khusus.

6. Dapat Digunakan di Berbagai Area

Lantai epoxy telah menjadi tipe yang disukai di banyak bidang karena sifat-sifatnya. Jika kita melihat pada area penggunaan, industri berat dan area yang terpapar oleh lalu lintas padat, lantai industri, pabrik dan gudang bahan kimia-mesin listrik, ruang operasi, rumah sakit dan laboratorium, tempat parkir, sekolah dan ruang olahraga, bahkan di rumah-rumah digunakan.

7. Isolasi Listrik

Ketahanan lantai epoxy terhadap tekanan listrik sangat baik. Ini adalah jenis penutup lantai yang harus digunakan di lingkungan di mana konduktivitas listrik tidak diinginkan.

8. Harus dibuat ahli kontraktor epoxy lantai

Meskipun cat epoxy memiliki sifat yang sangat baik, tipsnya tidak terlalu banyak saat digunakan tetapi sedang dibangun. Karena itu, penting untuk bekerja dengan pengrajin berpengalaman dan andal yang melakukan tindakan pencegahan keselamatan. Akibatnya, epoxy adalah bahan kimia dan semua pertimbangan keamanan harus diambil saat menyimpan dan mengaplikasikannya saat pencampuran. Memilih produk yang tepat untuk diterapkan lingkungan dan pengetahuan teknis yang tinggi dilakukan oleh seseorang dengan hasil sempurna yang diinginkan akan tercapai. Misalnya, jika Anda akan menutupi lantai laboratorium, jenis resin epoxy harus dipilih sesuai untuk menunjukkan ketahanan terhadap senyawa asam yang kuat.

Silahkan baca: