Cat akrilik adalah jenis cat yang dapat digunakan dalam berbagai penelitian. Cat akrilik adalah cat berbasis air dan teksturnya mirip dengan cat minyak. Anda akan mempelajari jawaban atas pertanyaan: Apa itu cat akrilik, bagaimana cara menggunakan cat akrilik? Inilah jawaban untuk pertanyaan tentang apa itu cat akrilik.

Apa itu cat akrilik?

  • Jawaban atas pertanyaan cat akrilik telah menjadi salah satu topik yang paling dicari di internet dalam beberapa hari terakhir. Terutama digunakan untuk keperluan hobi, cat akrilik memiliki konsistensi yang mirip dengan cat minyak. Cat akrilik sering dianggap salah satu jenis cat minyak. Namun, berbeda dengan pengetahuan umum, cat akrilik berbeda dari jenis cat minyak. Cat akrilik mengandung pigmen yang fleksibel. Tidak seperti cat minyak, cat akrilik mengandung bagian resin akrilik.

Apa kegunaan cat akrilik?

  • Cat Akrilik: Cat berbasis air dan juga dikenal sebagai cat plastik. Mengering dengan cepat dan memberikan bau yang jauh lebih sedikit daripada cat lain selama aplikasi.
  • Cat Akrilik: Meskipun merupakan jenis cat yang berguna untuk dinding interior, cat akrilik tidak berguna pada dinding eksterior karena tidak memiliki sifat anti air.
  • Cat Akrilik: Cat akrilik berbasis air juga cocok untuk mengecat permukaan kayu.
  • Cat Akrilik: Karena cepat kering dan tidak berbau, cat ini terutama digunakan untuk mengecat logam dalam ruangan.

Apa yang ada di cat akrilik?

  • Resin akrilik: Semakin banyak resin yang mengandung cat akrilik, semakin berkualitas itu. Resin akrilik berkualitas tinggi merupakan komponen yang diperlukan untuk emulsi polimer berkualitas tinggi. Emulsi Polimer dalam cat akrilik menunjukkan ketahanan cat akrilik.
  • Pigmen cat akrilik yang dilarutkan di atas kanvas sangat penting. Semakin tinggi pigmen, semakin tinggi kualitas proses pewarnaan.
  • Sifat-sifat cat akrilik tidak terpengaruh oleh air. Cat akrilik dapat dibersihkan hanya mencucinya dengan air dan sabun dengan lembut. Cat akrilik melembut dalam cuaca panas dan kehilangan fleksibilitas dalam cuaca dingin.

Bagaimana cara menggunakan cat akrilik?

Cat akrilik adalah cat yang digunakan untuk berbagai keperluan dan umumnya untuk keperluan hobi. Apakah Anda salah satu dari mereka yang selalu ingin menyampaikan impian mereka di atas kanvas tetapi tidak dapat menetapkan sapuan kuas pertama?

Cat akrilik adalah jenis cat yang memiliki konsistensi cat minyak dan kecerahan cat air. Daya tahannya adalah dapat dibersihkan dengan air, dapat diencerkan dengan air dan dapat diaplikasikan pada banyak permukaan termasuk kayu; membuat cat akrilik bahan yang sangat diperlukan bagi para seniman. Belum lagi keseragaman warna matte yang menyenangkan di kanvas. Cat akrilik dijual dalam kemasan tabung, botol, atau wadah kaca. Jadi, ketika Anda memutuskan untuk menggunakan cat akrilik, Anda harus terlebih dahulu mengetahui permukaan mana yang sesuai dengan seberapa banyak Anda memutuskan.

Cat akrilik adalah salah satu cat yang paling cepat kering, meskipun lebih tipis. Jadi akan lebih baik bagi Anda untuk memberikan sapuan kuas Anda dengan beberapa kecepatan. Untuk mendapatkan warna dan alternatif warna yang berbeda, Anda dapat mencampur beberapa cat putih yang Anda beli di ujung spatula Anda dengan air dan menambahkannya ke cat lain pada palet warna Anda. Anda tidak hanya harus menggunakan kuas saat berjalan di dunia imajinasi yang sempurna itu; Anda dapat menggunakan spatula dan bahkan tabung Anda secara langsung. Lapisan elastis berwarna yang tumpang tindih akan menambah dimensi berbeda pada karya seni Anda dan menciptakan kekayaan warna yang menarik. Anda dapat melakukan koreksi dengan membuka strip cat yang mengering di permukaan dengan air atau pengencer.

Cara Menggunakan Cat Akrilik: 7 Teknik Aplikasi Cat Akrilik

Keindahan cat akrilik adalah mereka terlihat sangat berbeda tergantung pada bagaimana Anda menerapkannya. Transkerja.com telah menyusun teknik aplikasi cat akrilik untuk Anda.

1. Teknik Kuas Kering

Setelah menerapkan cat datar, Anda dapat menggunakan kuas kering untuk membuat warna yang kuat pada halaman kanvas. Setelah menerapkan metode sikat kering, garis-garis akan menjadi tidak teratur (karena tidak ada air untuk melunakkan tepi), tetapi ini memberi Anda efek yang disengaja.

2. Teknik Pencucian

Jika Anda tidak menambahkan air ke cat akrilik, cat Anda mirip dengan cat air. Anda dapat menggunakan cat encer untuk menerapkan pencucian transparan pada permukaan. Namun, tidak seperti cat air, cat akrilik lebih permanen. Cobalah mencampur metode mencuci dan sikat kering sehingga Anda mendapatkan hasil dengan banyak tisu dalam satu potong.

3. Teknik Tanda Baca

Metode menggambar umum ini juga dapat digunakan dengan cat. Tambahkan hanya sedikit titik kecil untuk membuat bentuk atau tekstur dengan variasi warna yang halus.

4. Teknik Percikan

Ini adalah salah satu teknik paling menghibur yang akan Anda nikmati saat melakukannya. Menggunakan kuas yang sangat basah, Anda dapat menyeret atau memercikkan cat ke permukaan kerja untuk mendapatkan efek percikan yang kasar. Ini bagus untuk membuat lanskap abstrak atau malam berbintang, atau hanya menambahkan tekstur pada sepotong.

5. Teknik Pencetakan

Anggap saja sebagai lukisan spons yang sangat artistik: Perhatikan aksen warna menggunakan sudut spons atau selembar handuk kertas. Ini menciptakan jaringan yang tidak dapat direproduksi dengan praktisi lain.

6. Teknik Palet Pisau

Menerapkan cat dengan pisau palet adalah cara cepat untuk mengubah pekerjaan Anda menjadi pelukis. Dan karena itu tidak berbeda dengan menyebarkan krim pada kue, bahkan pemula pun bisa melakukannya. Gosok sedikit cat menggunakan pisau palet dan oleskan ke permukaan kerja Anda, Anda akan melihat hasilnya dengan sangat cepat.

7. Teknik Perincian

Jika Anda menginginkan detail yang tajam dan realistis, Anda membutuhkan kuas kecil dan halus untuk menggambarnya dengan cermat dalam detail ini.

Bagaimana cara membuat cat akrilik?

Membuat cat akrilik memungkinkan Anda menghemat uang sambil menciptakan cat yang tepat yang ingin Anda kerjakan. Membeli pigmen bubuk dan wadah besar dari media akrilik yang bukan cat dalam tabung atau toples memungkinkan Anda membuat lebih banyak cat dengan biaya kecil.

Keuntungan lain untuk membuat cat akrilik Anda sendiri adalah Anda bisa mengendalikan apa yang masuk ke dalam cat yang akan Anda kerjakan.

Ini berarti bahwa Anda memiliki kemampuan untuk mengurangi penggunaan racun jika Anda memilihnya untuk memastikan cat yang akan Anda kerjakan tidak akan menimbulkan reaksi keras.

Jenis Pigmen

Ada banyak jenis pigmen yang bisa Anda pilih saat mengumpulkan persediaan Anda.

Bertahun-tahun yang lalu pigmen dibuat secara alami dengan benda-benda yang terjadi di lingkungan.

Saat ini ada tiga jenis pigmen:
  • Organik
  • Anorganik
  • Danau

Pigmen organik

Pigmen organik terdiri dari senyawa karbon dan disintesis secara kimia dan kompleks dalam penciptaan.

Mereka tidak ditemukan di alam.

Karena pigmen organik dibuat, mereka memiliki tingkat toksisitas yang lebih rendah, yang membingungkan sejak ketika Anda memikirkan sesuatu yang secara langsung ditemukan di alam sebagai alami. Namun, karena mengandung karbon mereka tidak memberikan banyak masalah lingkungan.

Pigmen organik stabil dan hemat biaya.

Mereka menciptakan warna-warna cerah, murni, dan kaya yang memiliki stabilitas besar untuk pelarut, cahaya, panas, dan pelapukan. Contoh-contoh pigmen organik adalah alizarian, pigmen azo yang berasal dari kisaran warna kuning hingga merah, phthalocayanie yang berasal dari kisaran warna biru hingga hijau, dan quinacridone yang merupakan pigmen merah ungu.

Pigmen anorganik

Pigmen anorganik adalah mineral yang berasal dan pada dasarnya dikenal lebih alami. Mereka kurang memiliki struktur kimia dan diciptakan melalui alam, yang merupakan kebalikan dari pigmen organik.

Mempersiapkan pigmen anorganik juga tidak serumit persiapan pigmen organik. Contoh-contoh pigmen anorganik adalah timbal oksida, biru kobalt, kromium oksida, kuning kadmium, oranye molibdat, dan nikel titanat.

Pigmen Danau

Pigmen danau dibuat dengan mencampur pewarna organik dengan pengikat lembam atau mordan, biasanya garam logam.

Pigmen danau adalah pewarna tetapi masih termasuk dalam kategori pigmen. Mereka tidak bekerja dengan pengikat cair atau pengencer tertentu dan karenanya bertindak sebagai pewarna. Danau menyediakan berbagai warna untuk produksi cat.

Cara Membuat Cat Akrilik

Persediaan yang dibutuhkan:
  • Pigmen
  • Air atau alkohol jernih
  • Spatula Baja atau Glass Muller
  • Binder atau Medium
  • Permukaan kaca untuk dicampur

Langkah 1: Masukan pigmen ke dalam air atau alkohol di permukaan kaca.

Disarankan untuk membuat campuran 50/50 cair ke pigmen. Anda mungkin lebih sukses dengan alkohol daripada air karena alkohol kurang padat daripada air dan pigmen akan menyebar lebih mudah. Earth Pigments menawarkan serangkaian kit & set yang indah yang tidak beracun, dengan pigmen pengantar mereka mulai dari $ 34. Lebih dari pada dickblick.com, satu set 15 warna oleh Sinopia juga tersedia.

Langkah 2: Giling pigmen.

Setelah pigmen menjadi basah, mulailah menggilingnya dengan muller atau spatula sehingga tersebar merata. Teruskan menggiling dengan tekanan sampai Anda tidak merasakan area atau gumpalan yang keras.

Perhatikan bahwa saat Anda terus mengerjakan cairan dan pigmen, Anda akan menyadari perlunya bereksperimen dengan menambahkan lebih banyak pigmen, atau lebih banyak cairan.

Tip yang bagus untuk menambahkan lebih banyak cairan adalah dengan menggunakan penetes mata sehingga Anda dapat menambahkan sedikit dalam satu waktu.

Langkah 3: Campur

Ketika pigmen tersebar secara merata, Anda dapat mulai menambahkan media yang Anda pilih dan menggabungkannya.

Ingat bahwa tergantung pada media yang Anda pilih, catnya akan matte atau mengkilap di permukaan. Liquitex adalah media matte populer yang tersedia dengan harga terjangkau yang menciptakan hasil akhir yang tidak mencerminkan.

Langkah 4: Simpan

Anda bisa menyimpan cat yang sudah jadi dalam tabung atau wadah kaca. Ada beberapa opsi di sini untuk Anda pilih untuk menjaga cat akrilik yang Anda buat.

Ingatlah untuk mengamankan wadah dengan erat karena cat akrilik lebih cepat kering daripada jenis cat lainnya.

Pengingat Saat Membuat Cat Akrilik Sendiri

Jangan lupa untuk ekstra hati-hati saat membuat cat akrilik Anda sendiri, terutama jika Anda tidak sepenuhnya dan benar-benar sadar akan bahan-bahan dalam pigmen yang Anda gunakan.

Adalah cerdas untuk bekerja di area berventilasi, dan bahkan garasi di mana Anda berada di luar jangkauan orang lain atau hewan di rumah Anda.

Gunakan masker pernapasan agar tidak menghirup debu halus dari pigmen, dan bahkan kacamata pelindung untuk memastikan tidak ada yang masuk ke mata Anda.

Salah satu bagian terbaik tentang membuat cat akrilik Anda sendiri adalah Anda dapat menggabungkan berbagai pigmen untuk menghasilkan warna pilihan Anda.

Warna cat yang Anda buat akan menjadi orisinal yang tidak dapat Anda beli secara khusus di toko, dan itu saja sudah cukup.