Terkadang, waktu yang dibutuhkan untuk mengeraskan resin epoksy lantai mungkin tampak sangat lama; di lain waktu sepertinya terlalu cepat. Jadi apa yang harus dilakukan? Nah, jika hal di atas merupakan masalah bagi Anda, kontraktor epoxy lantai menawarkan Anda beberapa tips untuk dipertimbangkan pada saat pengaturan resin epoksy lantai.

Pengaturan resin epoksy lantai adalah proses dimana senyawa melewati dari cairan ke keadaan padat. Seperti yang Anda tahu, resin membutuhkan pelengkap pengerasan sehingga resin epoksy lantai dapat mengambil bentuk padat dengan cepat.

Jika Anda mencampur kedua komponen ini dengan benar, Anda akan mendapatkan produk yang kuat dan tahan lama. Itu sebabnya Anda harus mengikuti serangkaian langkah jika Anda ingin mencapai hasil yang berkualitas.

Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi pengaturan waktu pelapisan resin epoksy lantai, karena prosesnya melibatkan reaksi kimia yang kompleks. Berikut adalah beberapa tips yang harus Anda ingat ketika melakukan prosedur ini:

1. Indikasi pengemasan

Sering kali, ketika membeli resin epoksy lantai, kemasan termasuk periode waktu dalam indikasi, tetapi ini belum tentu pengaturan waktu. Secara umum, ini menunjukkan periode waktu di mana resin epoksy lantai dapat dikerjakan setelah pencampuran. Melanjutkan aplikasi setelah batas waktu yang ditentukan mungkin akan menyebabkan kerusakan struktural pada proyek.

2. Pentingnya proporsi

Selalu campur proporsi yang sesuai. Jika Anda mengubah langkah-langkah sedikit saja, Anda akan mendapatkan efek yang sangat negatif atau proyek Anda tidak akan bisa dipalsukan. Juga, ingat bahwa menambahkan jumlah hardener yang lebih besar tidak akan membantu mencapai hasil yang lebih solid .

3. Wadah plastik dengan pengukuran

Jika Anda bekerja dengan proyek-proyek kecil dan perlu melakukan pengukuran yang tepat, Anda dapat menggunakan wadah plastik dengan pengukuran untuk menggunakan dosis yang lebih tepat. Wadah ini murah, sekali pakai dan sangat mudah didapat.

4. Pertimbangkan suhu

Perubahan suhu minimum dapat memiliki dampak eksponensial pada waktu pemadatan. Jangan lupa bahwa suhu bahan yang dicampur lebih penting daripada suhu epoksy. Jika Anda berada di ruangan yang hangat, tetapi permukaan tempat Anda bekerja terasa dingin, Anda akan mendapatkan hasil yang tidak teratur.

5. Kelembutan dalam resin

Anda dapat memanaskan wadah resin epoksi dengan lembut sebelum menggunakannya. Beberapa orang menggunakan air panas untuk melonggarkan resin dan pengeras sebelumnya. Melalui langkah ini, komponen dicampur cukup baik, menyebar dengan sangat mudah dan mengurangi kemungkinan masalah pada lapisan akhir seperti gelembung.

6. Menghilangkan gelembung

Jika gelembung muncul di produk akhir, Anda dapat menggunakan pengering rambut sebelum set resin sepenuhnya untuk membuat gelembung menghilang.

7. Polutan berbahaya

Setiap kontaminan pada permukaan proyek Anda yang didasarkan pada minyak atau pelarut akan mempengaruhi pengerasan dan mungkin menyebabkannya tidak pernah mengendap.

Baca Juga: