Definisi meristem adalah sebuah tipe dari jaringan dengan sel-sel yang membelah, ditemukan di bagian dari tanaman di mana pertumbuhan terjadi. Pada tanaman, meristem adalah area jaringan tempat pertumbuhan baru terbentuk. Pada meristem, sel-sel tanaman terus berkembang biak dan belum terdiferensiasi. Bergantung pada di mana pada tanaman meristemnya, dan pada sinyal mana yang diterimanya, jaringan meristem dapat memunculkan daun, bunga, atau akar baru. Meristem merupakan bagian integral dalam pertumbuhan tanaman — tanpanya, tanaman tidak akan memiliki sumber untuk produksi sel-sel baru.

Jaringan meristematik atau meristem, sebagaimana mereka juga disebut adalah jaringan yang memiliki kemampuan untuk memperbesar, meregangkan dan berdiferensiasi menjadi jenis sel lain saat mereka dewasa. Sel-sel jaringan ini umumnya muda dan belum matang, dengan kekuatan pembelahan terus menerus.

Sel meristematik adalah semua sel hidup. Sel-sel meristematik dapat berbentuk oval atau bulat atau poligonal. Mereka memiliki nukleus besar tanpa vakuola. Tidak ada ruang antar sel yang tidak ada. Sel-sel juga berukuran kecil tetapi memiliki kapasitas pembelahan sel yang tinggi.


Jenis-jenis Jaringan Meristem

Tergantung pada terjadinya jaringan meristematik pada tubuh tumbuhan, kita dapat mengklasifikasikan meristem menjadi tiga jenis. Meristem dibagi menjadi 3 jenis yaitu meristem apikal, meristem lateral dan meristem interkalar.

1. Definisi Meristem Apikal

Apa itu meristem apikal?

Meristem apikal adalah daerah pertumbuhan pada tanaman yang ditemukan dalam ujung akar dan ujung tunas dan daun baru. Meristem apikal adalah salah satu dari tiga jenis meristem, atau jaringan yang dapat berdiferensiasi menjadi berbagai jenis jaringan sel. Meristem adalah jaringan tempat pertumbuhan terjadi pada tanaman. Apikal adalah deskripsi pertumbuhan yang terjadi di ujung tanaman, baik bagian atas maupun bawah. Meristem interkalaris ditemukan di antara cabang-cabang, sedangkan meristem lateral tumbuh dalam ketebalan, seperti pada tanaman berkayu.

Meristem apikal sangat penting dalam memperluas akses ke nutrisi dan air melalui akar dan akses ke energi cahaya melalui daun. Tanaman harus berkembang di kedua arah ini agar menjadi sukses. Beberapa tanaman menunjukkan dominasi apikal, di mana hanya satu meristem apikal yang paling menonjol. Pada tanaman seperti ini, ada satu batang utama yang mencapai ketinggian luar biasa. Jika meristem apikal terputus, cabang-cabang di bawahnya akan mulai mengambil peran meristem apikal primer, yang akan mengarah pada tanaman yang lebih lebat. Ahli hortikultura menggunakan fenomena ini untuk meningkatkan semak belukar dan hasil panen pertanian tertentu dan tanaman hias.

Fungsi Meristem Apikal

Meristem apikal, ditemukan tepat di bawah permukaan cabang dan akar terjauh dari pusat tanaman, dan terus membelah. Beberapa sel membelah menjadi lebih banyak sel meristematik, sementara sel lain membelah dan berdiferensiasi menjadi sel struktural atau vaskular.

Ada dua lokasi meristem apikal di sebagian besar tanaman. Meristem apikal ditemukan di ujung tanaman. Meristem apikal ini bertanggung jawab untuk menciptakan sel dan pertumbuhan untuk mendorong tanaman ke dalam cahaya dan udara, di mana ia dapat berfotosintesis dan bertukar gas.

Akar meristem apikal ditemukan di ujung akar. Merasakan kondisi tanah di sekitar akar, sinyal dibuat dalam meristem apikal yang mengarahkan tanaman ke arah air dan nutrisi yang diinginkan. Karena alasan inilah akar sering menyerang pipa untuk air dan drainase, yang membawa banyak nutrisi yang mereka butuhkan.

Meristem apikal, yang dilindungi oleh tutup akar terus menghasilkan sel bahkan ketika tutup akar dikerok saat mendorong melalui kotoran. Meristem apikal harus menghasilkan cukup sel untuk tidak hanya meluas ke dalam tanah, tetapi juga untuk menggantikan sel-sel yang hilang karena abrasi.

Struktur Meristem Apikal

Meristem apikal terletak tepat di bawah tutup akar di akar, seperti terlihat pada gambar di bawah. Meristem apikal yang sebenarnya adalah sekelompok sel yang padat dan tidak berdiferensiasi. Dari sel-sel ini akan datang semua berbagai struktur sel yang digunakan tanaman. Sel meristem apikal yang tidak berdiferensiasi akan membelah lagi dan lagi, perlahan menjadi sel khusus.
Pengertian Jaringan Meristem, Apa itu Meristem, Konsep Jenis, Ciri, Fungsi, Contoh Gambar dan Definisi Meristem Apikal, Meristem Lateral dan Meristem Interkalar

Dalam meristem apikal akar, sel diproduksi dalam dua arah. Dalam meristem apikal pucuk, sel hanya dibuat dalam satu arah. Meristem apikal pucuk mungkin ada di ujung tanaman, seperti pada banyak dikotil , atau mungkin mulai sedikit di bawah tanah dan menghasilkan daun yang tumbuh ke atas, seperti kebanyakan monokotil . Namun, pada kedua kelompok meristem apikal pucuk adalah pusat pertumbuhan dari semua pertumbuhan di atas tanah.

Menariknya, meristem apikal pucuk di sebagian besar tanaman mampu menghasilkan seluruh tanaman, sedangkan meristem apikal akar tidak bisa. Para ilmuwan telah menggunakan kemampuan meristem apikal pucuk untuk mengkloning banyak spesies tanaman. Dengan hanya memotong meristem apikal dan memindahkannya ke media pertumbuhan yang tepat, meristem apikal akan mengembangkan akar dan berdiferensiasi menjadi tanaman yang sama sekali baru. Sebagai manfaat tambahan, lebih banyak meristem apikal terbentuk pada tanaman, dan dapat dipanen untuk lebih banyak klon. Dengan cara ini, tanaman yang diinginkan dapat direplikasi hampir tanpa batas.

Regulasi dalam Meristem Apikal

Diversifikasi sel dalam meristem apikal adalah proses kompleks yang dikendalikan oleh sejumlah gen. Akibatnya, gen-gen ini menentukan bentuk dan struktur tanaman. Ketika meristem apikal tumbuh, cabang dari lokasi meristem yang lebih kecil, yang akan berkembang menjadi cabang batang dan akar. Waktu dan jumlah peristiwa ini dikendalikan oleh serangkaian gen di dalam tanaman. Berbagai ekspresi gen ini mengarah pada bentuk yang berbeda, beberapa di antaranya lebih sukses daripada yang lain. Interaksi antara gen-gen ini dan pertumbuhan meristem apikal telah menyebabkan jutaan spesies tanaman berbeda yang ada saat ini.

Variasi bentuk pada tanaman disebabkan hampir semata-mata oleh perbedaan dalam bagaimana fungsi meristem apikal mereka. Beberapa tanaman, seperti semak-semak, bercabang secara terus menerus dan merata, sedangkan tanaman seperti pohon pinus memiliki cabang utama tunggal. Meristem apikal root juga bertanggung jawab untuk perkembangan root. Akar bisa dalam, dan fokus pada satu cabang, seperti keran-akar , yang umum bagi banyak gulma. Sebaliknya, jagung dan bambu memiliki sistem akar berserat yang jauh lebih tersebar, yang bergantung pada banyak cabang dan akar lateral .

2. Meristem interkalar

Meristem interkalar atau aksilar (antara) terletak di ruas atau pangkal daun. Meristem interkalar membantu meningkatkan panjang ruas. Ini biasanya terlihat pada tanaman monokotil.

3. Meristem lateral

Meristem lateral (samping) adalah jaringan meristem yang hadir pada sisi lateral batang dan akar tanaman. Meristem ini membantu meningkatkan ketebalan tanaman. Kambium vaskular dan kambium gabus adalah contoh yang baik dari jaringan meristematik lateral. Baca lebih lanjut: Pengertian Jaringan Meristem Lateral, Apa itu Meristem Lateral, Konsep Jenis, Ciri, Fungsi, Contoh Gambar dan Definisi Meristem Lateral.