Meristem adalah jaringan tanaman yang tidak berdiferensiasi yang ditemukan di area pertumbuhan tanaman. Tiga jenis jaringan meristematik adalah interkalar, apikal, dan lateral. Jaringan meristem apikal ditemukan di ujung pucuk dan menimbulkan daun dan bunga dan juga ditemukan di akarnya. Jaringan intercalary di tengah tanaman mampu tumbuh dan tumbuh kembali dengan cepat. Sebagai contoh, jaringan intercalary di dasar bilah rumput memungkinkan untuk tumbuh kembali setelah dipotong.

Tumbuhan menggunakan jaringan meristem lateral untuk tumbuh dalam diameter sebagai bagian dari pertumbuhan sekunder. Ada dua jenis jaringan meristematik lateral — kambium vaskular dan kambium gabus.

Pada tanaman, kambium vaskular adalah rute utama dimana batang dan akar tumbuh. Jaringan terdiri dari xilem ke arah luar dan floem di dalam. Pada tanaman berkayu, pohon ini membentuk cincin terus menerus dari kayu baru di sekitar batang. Tanaman herba tidak memiliki kayu, sehingga kambium vaskular membentuk bundel seperti manik-manik yang membuat cincin di sekitar batang. Dua jenis sel kambium vaskular adalah inisial fusiform yang tinggi dan sejajar dengan sumbu batang dan inisial ray yang lebih kecil dari inisial fusiform dan bulat.

Kambium vaskular memiliki set hormon sendiri yang mengontrol pertumbuhan, regulasi, dan aktivitas pemeliharaan dalam jaringan. Hormon-hormon milik keluarga seperti auksin, giberelin, dan sitokinin, dan bahan kimia seperti etilen juga memiliki fungsi hormonal dalam kambium vaskular.

Mengenal Meristem Lateral: Jenis, Ciri, Fungsi, Contoh Gambar Meristem Lateral
Gambar di atas adalah penampang batang tanaman yang menunjukkan kambium vaskular, sel xilem, dan sinar xilem.

Jaringan ini hadir di sebagian besar kayu dan beberapa tanaman herba dan menimbulkan lapisan gabus atau kulit kayu di bagian luar batang dan pertumbuhan sekunder di epidermis akar. Ini dilakukan dengan mengganti sel-sel epidermis dengan periderm yang terdiri dari tiga lapisan.

Phelloderm adalah lapisan terdalam yang terbuat dari sel parenkim hidup. Di atas lapisan itu adalah cambium gabus itu sendiri atau phellogen yang menimbulkan periderm.

Lapisan terluar adalah gabus atau kulit (kulit kayu) yang terbuat dari sel-sel gabus mati berisi udara. Perkembangan dan penampilan gabus gabus sangat bervariasi di antara spesies . Beberapa tanaman dan pohon memiliki kulit kayu yang halus sementara yang lain kasar, bersisik, dan bahkan secara alami mengelupas dari pohon.

Mengenal Meristem Lateral: Jenis, Ciri, Fungsi, Contoh Gambar Meristem Lateral
Pada gambar di atas, penunjuk hitam menunjukkan lokasi gabus gabus di bagian melintang batang tanaman berkayu.

Baca lebih lanjut: Pengertian Jaringan Meristem Apikal dan Interkalar, Jenis, Ciri, Fungsi, Contoh Gambar Meristem Apikal dan Interkalar.