Apa itu Kerjasama?
Kerjasama, itu disebut sebagai serangkaian tindakan dan upaya yang, bersama-sama dengan orang lain atau individu lain, yang dilakukan untuk mencapai tujuan bersama.

Dalam pengertian ini, kerja sama adalah hasil dari strategi kerja bersama yang menggunakan serangkaian metode untuk memfasilitasi pencapaian tujuan, seperti, misalnya, kerja tim, distribusi tanggung jawab, pendelegasian tugas, tindakan terkoordinasi, dll.

Dengan demikian, kerja sama diterapkan dalam bidang hubungan manusia untuk melaksanakan tugas atau perusahaan tanpa akhir yang melibatkan beberapa subjek untuk bekerja sesuai dengan tujuan bersama atau yang terkait.

Ini adalah bagian dari kehidupan di masyarakat, dan terutama terkenal di tempat kerja, organisasi, ekonomi, politik, diplomatik, militer, dan banyak lainnya.

Dengan demikian, kerja sama merupakan hal mendasar bagi kehidupan dalam masyarakat, karena itu adalah cara yang lebih baik dan lebih efisien untuk mengelola berbagai hal sesuai dengan kepentingan bersama.

Namun, ada beberapa kasus di mana kerja sama dianggap ilegal, seperti dalam komisi kejahatan atau dalam organisasi ekonomi yang disebut kartel.

Kerja sama, di sisi lain, adalah lawan dari persaingan. Namun, penting untuk dicatat bahwa, kadang-kadang, ketika bersaing, kelompok-kelompok yang berbeda dalam konflik harus memanfaatkan kerja sama antara anggota mereka untuk menghadapi saingan mereka.

Kerjasama internasional

Karena kerjasama internasional disebut dukungan atau bantuan yang diberikan oleh agen suatu negara, baik melalui Negara, pemerintah atau LSM, kepada populasi negara lain. Dalam pengertian ini, jenis kerja sama ini ditujukan untuk bidang-bidang seperti kesehatan, pendidikan, lingkungan atau ekonomi.

Namun, saat ini, kerja sama internasional juga mempertimbangkan bahwa di mana berbagai negara mengoordinasikan, bersama-sama, tindakan untuk mencapai tujuan bersama dalam masalah politik, ekonomi atau lingkungan, antara lain.

Kerjasama untuk pembangunan

Sebagai kerja sama pembangunan, kita mengetahui serangkaian tindakan yang dilakukan oleh berbagai organisasi yang tujuannya adalah untuk mempromosikan kemajuan ekonomi dan sosial di tingkat global, secara berkelanjutan dan adil.

Secara umum, mereka adalah organisasi publik, seperti pemerintah atau lembaga, atau organisasi swasta, seperti perusahaan atau LSM, yang dengan cara berbeda dan dengan strategi yang berbeda, didedikasikan untuk menyediakan jenis dukungan ini.

Kerjasama dalam ekologi

Di bidang ekologi, dan ilmu alam lainnya, seperti biologi, kerja sama diketahui hubungan kolaborasi yang dibangun dalam populasi individu dari spesies yang sama untuk mencapai tujuan bersama, biasanya terkait dengan perlindungan terhadap ancaman eksternal dan perburuan.

Arti Penting Kerjasama di Tempat Kerja

Kerjasama adalah salah satu keterampilan yang paling banyak diajarkan. Pada usia dini, kita diajarkan "bersatu kita berdiri, terpecah belah kita jatuh." Kerja sama berarti bekerja bersama untuk mencapai tujuan bersama. Di tempat kerja ini berarti lingkungan yang sehat di mana karyawan bekerja berdampingan untuk mencapai tujuan pribadi dan organisasi. Mereka harus bekerja dengan orang lain, bukannya saling bertentangan, untuk menjadi produktif.

Sikap saling menguntungkan harus didorong dalam organisasi. Karyawan yang bekerja sama dengan orang lain dan mengupayakan pencapaian timbal balik harus didorong karena sikap win-win situation mengarah pada hasil yang menguntungkan bagi semua pihak yang terlibat dan selanjutnya mengarah pada pertumbuhan organisasi. Kerja tim membantu dengan manajemen konflik dan memastikan bahwa tidak ada karyawan yang menyimpan dendam terhadap yang lain. Ini adalah konsep yang didorong oleh pelatih program progresif di seluruh dunia. Penulis Ralph Charell mengatakan bahwa melalui kerja sama, alih-alih konflik, kesuksesan terbesar Anda akan diperoleh.

Dalam "Membangun Tempat Kerja yang Berjiwa Tinggi," Anne Bruce mendefinisikan lingkungan kerja sesuai dengan moral yang dimiliki karyawan. Seorang pekerja hanya akan melakukan apa yang diminta darinya dan tidak pernah melebihi harapan dalam organisasi di mana semangat kerja menjadi rendah. Demikian pula, di mana semangat kerja karyawan tinggi, mereka berpartisipasi dengan semangat dan membuahkan hasil. Menyusun tim karyawan yang efisien dan berkualitas tidaklah cukup. Lingkungan di mana karyawan saling percaya, membantu dan mendukung satu sama lain menghasilkan hasil terbaik.

Mungkin tidak selalu mudah untuk mencapai kerja sama di tempat kerja. Menjadi lebih sulit ketika sifat pekerjaan itu kompetitif. Jika kerja sama tidak ditanamkan dalam sistem seperti itu, beberapa individu dapat berkembang dengan waktu tetapi organisasi secara keseluruhan akan menderita. Karena itu sangat penting untuk memastikan bahwa kompetisi haruslah sehat dan aktif.

Menanamkan kerja sama tidak bisa dicapai dalam semalam. Kuncinya adalah tidak melepaskan. Manajemen puncak perlu terus meningkatkan kerja sama dengan membicarakannya kepada karyawan dan memberikan contoh. Perilaku kolaboratif harus didorong. Membuat tim, menugaskan mereka proyek dan memberikan hadiah berdasarkan kinerja kumulatif dapat bekerja dengan sangat baik.

Kerjasama yang Baik Adalah Kerjasama Untuk?

Tempat kerja tentu terdiri dari individu-individu, tetapi tempat kerja di mana orang-orang ini tidak bekerja bersama secara positif tidak akan pernah bisa mewujudkan potensi penuhnya. Kerja tim kreatif memaksimalkan kekuatan individu dan meminimalkan kelemahan mereka, yang menjadikan tempat ini efisien, dinamis, dan produktif. Jadi, kerjasama yang baik di tempat kerja adalah kerjasama untuk apa? Berikut ini Transkerja.com jelaskan mengapa kerja sama atau kerja tim penting di tempat kerja.

  1. Sinergi adalah suatu proses di mana keseluruhan lebih besar dari jumlah bagian-bagiannya. Sinergi adalah faktor sentral dalam kerja tim yang efektif. Upaya gabungan tim mencapai lebih dari upaya individu masing-masing anggotanya. Ini karena banyak fungsi bisnis meningkatkan interaksi kreatif orang-orang yang saling bekerja sama. Orang dapat belajar dari satu sama lain, berkonsultasi satu sama lain tentang masalah dan mencapai kesepakatan tentang cara terbaik untuk mencapai tujuan.
  2. Efisiensi, Kerja tim dan kerja sama sangat meningkatkan efisiensi suatu organisasi. Jika karyawan bekerja secara terpisah dan tanpa menyadari kegiatan masing-masing, mereka dapat menduplikasi upaya mereka secara tidak sadar dan tidak mendapatkan keuntungan besar. Dengan mendelegasikan tugas berdasarkan kemampuan dan dengan membuat setiap anggota tim fokus pada pencapaian aspek tertentu dari suatu proyek, tim koperasi dapat mencapai tujuan menggunakan waktu dan energi yang jauh lebih sedikit daripada jika setiap anggota tim bekerja untuk ya sendiri
  3. Keterampilan komunikasi sangat penting untuk keberhasilan setiap upaya kelompok. Ketika rekan kerja berbagi informasi, ini membantu semua orang untuk tetap sadar siapa yang melakukan apa dan di mana mereka berada dalam kaitannya dengan tujuan akhir mereka. Kerja sama dan kerja tim memfasilitasi komunikasi dengan membina lingkungan yang mendukung di mana setiap anggota tim merasa didukung oleh orang lain. Komunikasi antara anggota tim meningkatkan perasaan solidaritas, ketika semua orang mulai mengembangkan ide-ide serupa tentang tujuan kemana tim akan pergi.
  4. Dukungan: Beberapa kepribadian senang bekerja sendirian, sementara yang lain lebih suka menjadi bagian dari tim. Bagi orang-orang dalam kategori yang terakhir ini, kerja sama sebagai bagian dari tim memberikan rasa dukungan dan dorongan yang penting dalam proses menyelesaikan pekerjaan. Bekerja sendirian atau, lebih buruk lagi, bersaing dengan orang lain secara negatif, menguras motivasi orang untuk menyelesaikan tugas. Ketika bekerja sebagai bagian dari tim, rasa tanggung jawab rekan kerja itu sendiri menjaga tingkat energi dan tekad untuk melakukan pekerjaan yang berkualitas.


Apa manfaat kerja sama?

The kombinasi efisiensi operasional dengan fleksibilitas adalah salah satu manfaat kerjasama yang paling signifikan. Kerjasama memberi perusahaan fleksibilitas yang diperlukan untuk mengadaptasinya, mengakses sumber daya dan kemampuan yang dibutuhkannya, menghemat waktu dalam mencapai tujuan strategis, membatasi ketidakpastian dan risiko kegiatan bisnis, dan pada akhirnya, peningkatan posisi kompetitif perusahaan

Keuntungan paling menonjol dari kerjasama dalam kaitannya dengan pengembangan internal, melalui transaksi internal:
  • Menghilangkan kerumitan organisasi perusahaan yang terintegrasi
  • Mengizinkan setiap mitra untuk berkonsentrasi pada pengelolaan kegiatan utama yang mendominasi
  • Kurangi hambatan keluar

Mengenai transaksi pasar :
  • Durasi hubungan yang lebih lama, yang memungkinkan stabilitas yang lebih besar
  • Kurangi risikonya
  • Mengurangi biaya transaksi

Mengenai merger dan akuisisi :
  • Masalah integrasi budaya dan organisasi berkurang
  • Lebih mudah menghadapi masalah hukum pertahanan persaingan
  • Ini berarti komitmen yang lebih reversibel

Kerugian kerja sama
  • Hal itu dapat mengikis posisi kompetitif sehingga dapat menghilangkan sumber keunggulan kompetitif. Kerjasama bisa menjadi "kuda Troya"
  • Hilangnya otonomi dalam pengambilan keputusan
  • Kurangnya pendelegasian kekuasaan kepada mereka yang bertanggung jawab atas kerja sama untuk membuat keputusan yang tepat
  • Ini menyiratkan biaya dalam waktu dan uang , serta peningkatan kompleksitas organisasi karena memerlukan koordinasi yang berkelanjutan
  • Minat yang berbeda mungkin ada saat mengejar tujuan yang berbeda
  • Masalah utama aliansi adalah kemungkinan kurangnya kepercayaan dan komitmen . Ketika keraguan muncul atau tidak menawarkan yang lain yang terbaik yang dimiliki masing-masing perusahaan, perjanjian tersebut cenderung kehilangan efektivitas

Kelemahan di atas menyoroti kemungkinan kerapuhan perjanjian kerja sama serta kesulitan dalam melaksanakannya dengan sukses.