Definisi Plastic Surgery

  • Plastic Surgery adalah praktek melakukan operasi untuk memperbaiki atau mengganti kulit yang telah rusak, atau untuk meningkatkan penampilan.
  • Plastic Surgery: Spesialisasi bedah yang didedikasikan untuk rekonstruksi cacat wajah dan tubuh akibat gangguan kelahiran, trauma, luka bakar , dan penyakit. Operasi plastik juga terlibat dengan peningkatan penampilan seseorang melalui operasi kosmetik.
  • Plastic Surgery: cabang pembedahan yang berkaitan dengan perbaikan terapeutik atau kosmetik atau pembentukan kembali jaringan atau bagian yang hilang, cedera, atau cacat.

Apa itu Plastic Surgery?

Plastic surgery atau Operasi plastik adalah spesialisasi bedah yang melibatkan pemulihan, rekonstruksi, atau perubahan tubuh manusia. Itu dapat dibagi menjadi dua kategori. Yang pertama adalah operasi rekonstruktif yang meliputi bedah kraniofasial, bedah tangan, bedah mikro, dan perawatan luka bakar. Yang lainnya adalah bedah kosmetik atau estetika.

Walaupun bedah rekonstruktif bertujuan merekonstruksi bagian tubuh atau meningkatkan fungsinya, bedah kosmetik bertujuan memperbaiki penampilannya. Kedua teknik ini digunakan di seluruh dunia.

Etimologi

Mengapa disebut operasi plastik? Dalam istilah "plastic surgery," kata sifat plastik menyiratkan patung dan / atau pembentukan kembali, yang berasal dari bahasa Yunani πλαστική (τέχνη), plastikē ( tekhnē ), "seni pemodelan" dari daging yang dapat ditempa. Makna dalam bahasa Inggris ini terlihat pada awal 1598. Definisi bedah "plastik" pertama kali muncul pada tahun 1839, sebelum "bahan rekayasa modern yang terbuat dari minyak" rasa plastik (diciptakan oleh Leo Baekeland pada tahun 1909).

Keragaman semantik saat ini dari kata plastik memiliki sejarah perkembangan yang panjang. Pada dasarnya, ada dua cara menggunakan istilah ini. Dalam arti aslinya, plastik berhubungan dengan pembentukan atau pembentukan materi, yaitu seni plastik. Plastik juga dapat digunakan secara kiasan dalam arti pembentukan benda-benda non-material (misalnya menulis puisi, membuat karya musik, dan sebagainya), yaitu dalam arti kekuatan untuk menciptakan.

Kedua gagasan itu telah ada selama ribuan tahun. Asal usul sejarah ganda penggunaan materialistis dan filosofis dari plastik dapat ditelusuri kembali ke kerajinan tembikar dan mitologi Yunani kuno, masing-masing. Penggunaan teks plastik yang lebih luas dimulai dengan Plastice 's Elder ( 23-79 AD) Plastice , sebuah bab dalam Sejarah Alamnya. Perkembangan semantik plastik baru dimulai pada akhir abad ke-18 ketika Johann Gottfried Herder memperkenalkan konsep "sense plastik" dalam esai estetika Plastik ( Patung ) 1778.

Operasi plastik adalah bidang yang luas, dan dapat dibagi lagi lebih lanjut. Di Amerika Serikat, ahli bedah plastik adalah dewan yang disertifikasi oleh American Board of Plastic Surgery. Subdisiplin bedah plastik meliputi:

Aesthetic surgery
Pembedahan estetika adalah komponen penting dari pembedahan plastik dan termasuk pembedahan estetika wajah dan tubuh. Ahli bedah plastik menggunakan prinsip bedah kosmetik dalam semua prosedur bedah rekonstruktif serta operasi terisolasi untuk meningkatkan penampilan secara keseluruhan.

Burn surgery
Operasi luka bakar umumnya berlangsung dalam dua fase. Operasi luka bakar akut adalah perawatan segera setelah luka bakar. Operasi luka bakar rekonstruktif terjadi setelah luka bakar sembuh.

Craniofacial surgery
Operasi kraniofasial dibagi menjadi bedah kraniofasial pediatrik dan dewasa. Pembedahan kraniofasial pediatrik sebagian besar berkisar pada pengobatan kelainan kongenital kerangka craniofacial dan jaringan lunak, seperti bibir sumbing dan langit-langit mulut, craniosynostosis, dan fraktur pediatrik. Pembedahan kraniofasial dewasa kebanyakan berhubungan dengan fraktur dan pembedahan sekunder (seperti rekonstruksi orbital) bersamaan dengan pembedahan ortognatik. Operasi kraniofasial adalah bagian penting dari semua program pelatihan bedah plastik, pelatihan lebih lanjut dan subspesialisasi diperoleh melalui persekutuan kraniofasial. Bedah kraniofasial juga dilakukan oleh ahli bedah Maxillo-Facial .

Hand surgery
Pembedahan tangan berkaitan dengan cedera akut dan penyakit kronis pada tangan dan pergelangan tangan, koreksi kelainan bawaan dari ekstremitas atas, dan masalah saraf perifer (seperti cedera pleksus brakialis atau sindrom carpal tunnel). Operasi tangan adalah bagian penting dari pelatihan bedah plastik, serta bedah mikro, yang diperlukan untuk menanam kembali ekstremitas yang diamputasi. Bidang bedah tangan juga dilakukan oleh ahli bedah ortopedi dan ahli bedah umum . Pembentukan jaringan parut setelah operasi dapat menjadi masalah pada tangan yang halus, menyebabkan hilangnya ketangkasan dan fungsi digit jika cukup parah. Ada beberapa kasus operasi pada tangan wanita untuk memperbaiki kelemahan yang dirasakan untuk membuat foto cincin pertunangan yang sempurna.

Microsurgery
Bedah mikro umumnya berkaitan dengan rekonstruksi jaringan yang hilang dengan mentransfer sepotong jaringan ke lokasi rekonstruksi dan menyambung kembali pembuluh darah. Area subspesialisasi yang populer adalah rekonstruksi payudara, rekonstruksi kepala dan leher, operasi / replantasi tangan, dan operasi pleksus brakialis.

Microsurgery atau Bedah Mikro adalah istilah umum untuk pembedahan yang membutuhkan mikroskop operasi. Perkembangan yang paling jelas adalah prosedur yang dikembangkan untuk memungkinkan anastomosis pembuluh darah dan saraf yang berturut-turut lebih kecil (biasanya berdiameter 1 mm) yang memungkinkan pemindahan jaringan dari satu bagian tubuh ke bagian tubuh lainnya dan pemasangan kembali bagian yang terputus. Teknik bedah mikro digunakan oleh beberapa spesialisasi saat ini, seperti: bedah umum, oftalmologi, bedah ortopedi, bedah ginekologi, otolaringologi, bedah saraf, bedah mulut dan bedah maksilofasial, operasi plastik, operasi podiatrik dan bedah anak.

Bedah mikro telah digunakan untuk mengobati beberapa kondisi patologis yang menyebabkan infertilitas seperti penghalang tuba, penghambatan vas deferens dan varikokel yang merupakan salah satu penyebab infertilitas pria yang paling sering. Drainase bedah mikro dengan menempatkan bypass mikro vaskular antara vena epigastrik spermatika dan inferior seperti yang dikemukakan oleh Flati et al. telah berhasil dilakukan dalam mengobati infertilitas pria akibat varikokel. Pengobatan dengan mikro telah terbukti secara signifikan meningkatkan tingkat kesuburan juga pada pasien dengan varikokel berulang yang sebelumnya menjalani perawatan non-mikro.

Pediatric plastic surgery
Anak-anak sering menghadapi masalah medis yang sangat berbeda dari pengalaman pasien dewasa. Banyak cacat lahir atau sindrom yang muncul saat lahir paling baik diobati pada masa kanak-kanak, dan ahli bedah plastik anak mengkhususkan diri dalam merawat kondisi ini pada anak-anak. Kondisi-kondisi yang biasanya dirawat oleh ahli bedah plastik anak-anak termasuk anomali kraniofasial , Syndactyly (anyaman jari tangan dan kaki), Polydactyly (kelebihan jari tangan dan kaki saat lahir), bibir sumbing dan langit-langit mulut, serta kelainan bentuk tangan bawaan.

Beberapa cacat lahir bawaan yang paling umum dapat diobati oleh dokter bedah plastik yang beroperasi sebagai individu, atau sebagai bagian dari tim multidisiplin. Cacat lahir pediatrik paling umum yang membutuhkan keterlibatan dokter bedah plastik meliputi:
  • Bibir sumbing dan / atau langit-langit - Bayi yang lahir dengan cacat akan memiliki pembukaan di sekitar bibir atas. Ukuran lubang mencapai mulai dari takikan kecil hingga mendekati pangkal lubang hidung, di mana lubang tersebut akan melibatkan satu atau kedua sisi bibir. Di seluruh dunia, celah diperkirakan mempengaruhi 1 dari setiap 700-1000 kelahiran hidup. Sekitar 25% kasus bibir sumbing dan langit-langit mulut diwariskan dari orang tua, dengan 75% lainnya diyakini sebagai penyebab kombinasi faktor gaya hidup dan kebetulan.
  • Syndactyly / Polydactyly - Malformasi kongenital yang paling umum mempengaruhi anggota tubuh. Diyakini bahwa secara Syndactyly, menunjukkan variasi, di mana digit dapat menyatu baik sebagian atau seluruh panjangnya, atau sesederhana hanya dihubungkan secara dangkal oleh kulit. Ini mempengaruhi 1 dari setiap 2.000 - 3.000 kelahiran hidup. Polydactyly adalah kehadiran jari tangan atau kaki ekstra saat lahir, dan diyakini mempengaruhi sekitar 2 dari setiap 1.000 kelahiran hidup. Namun, diyakini bahwa banyak kasus sangat kecil sehingga mereka ditangani segera setelah lahir dan tidak dilaporkan, sehingga statistik aktual mungkin lebih tinggi.
  • Positional Plagiocephaly - DI 1992, untuk mengurangi kejadian SIDS, American Academy of Pediatrics memprakarsai kampanye "Kembali Tidur", yang merekomendasikan agar bayi ditidurkan di punggung mereka. Sementara ini hampir mengurangi separuh jumlah kematian SIDS, kampanye tersebut tampaknya juga membantu meningkatkan kejadian plagiocephaly lima kali lipat, menjadi sekitar satu dari enam puluh kelahiran hidup. Plagiocephaly hanyalah perataan satu area tengkorak, umumnya satu bayi cenderung menyukai saat mereka berbohong. Sementara perawatan sering kali hanya seperti memposisikan ulang bayi selama tidur, dalam banyak kasus terapi helm dapat digunakan. Dalam kebanyakan kasus, plagiocephaly cukup kecil dan mudah diselesaikan, dengan banyak ahli bedah plastik pediatrik menjadi akrab dengan terapi helm untuk kasus yang lebih lanjut.
  • Craniosynostosis - Jauh lebih jarang, tetapi berpotensi jauh lebih serius daripada plagiocephaly adalah craniosynostosis. Craniosynostosis adalah kelainan bawaan yang berasal dari sistem saraf pusat di mana satu atau lebih dari sendi berserat di tengkorak menutup sebelum waktunya. Penggabungan ini sering memerlukan intervensi bedah untuk merekonstruksi tengkorak (lihat bedah kraniofasial ) baik untuk mengembalikannya ke posisi normal atau untuk memberikan bentuk yang lebih alami. Dipercayai bahwa craniosynostosis terjadi pada 1 dari 1.800 hingga 2.200 kelahiran hidup, dan seringkali merupakan efek samping dari sindrom terkait.

Teknik dan prosedur

Dalam operasi plastik, transfer jaringan kulit ( skin grafting ) adalah prosedur yang sangat umum. Cangkok kulit dapat berasal dari penerima atau donor:
  • Autografts diambil dari penerima. Jika tidak ada atau kekurangan jaringan alami, alternatif dapat dibiakkan lembaran sel epitel in vitro atau senyawa sintetis, seperti integra, yang terdiri dari silikon dan kolagen tendon sapi dengan glikosaminoglikan.
  • Allografts diambil dari donor dari spesies yang sama.
  • Xenografts diambil dari donor spesies yang berbeda.

Bedah rekonstruksi

Operasi plastik rekonstruktif dilakukan untuk memperbaiki gangguan fungsional yang disebabkan oleh luka bakar; cedera traumatis, seperti fraktur dan patah tulang wajah; kelainan bawaan, seperti langit-langit mulut sumbing atau bibir sumbing; kelainan perkembangan; infeksi dan penyakit; dan kanker atau tumor . Operasi plastik rekonstruktif biasanya dilakukan untuk meningkatkan fungsi, tetapi dapat dilakukan untuk mendekati penampilan normal.

Prosedur rekonstruktif yang paling umum adalah pengangkatan tumor, perbaikan laserasi, perbaikan bekas luka, operasi tangan, dan pengecilan pengecilan payudara . Menurut American Society of Plastic Surgeons, jumlah pengurangan payudara rekonstruktif untuk wanita meningkat pada 2007 sebesar 2 persen dari tahun sebelumnya. Pengurangan payudara pada pria juga meningkat pada 2007 sebesar 7 persen. Pada 2012, ada 68.416 dilakukan.

Beberapa prosedur bedah rekonstruksi umum lainnya termasuk rekonstruksi payudara setelah mastektomi untuk perawatan kanker, operasi sumbing bibir dan langit-langit mulut, pembedahan kontraktur untuk orang yang selamat dari luka bakar , dan menciptakan telinga luar yang baru ketika seseorang secara bawaan tidak ada.

Ahli bedah plastik menggunakan bedah mikro untuk mentransfer jaringan untuk menutupi kerusakan ketika tidak ada jaringan lokal yang tersedia. Flap kulit, otot, tulang, lemak, atau kombinasi bebas dapat dihilangkan dari tubuh, dipindahkan ke tempat lain di tubuh, dan dihubungkan kembali ke suplai darah dengan menjahit arteri dan vena yang berdiameter 1 hingga 2 milimeter.

Prosedur bedah kosmetik

Pembedahan kosmetik adalah pembedahan sukarela atau elektif yang dilakukan pada bagian normal tubuh dengan satu-satunya tujuan memperbaiki penampilan seseorang dan / atau menghilangkan tanda-tanda penuaan. Pada tahun 2014, hampir 16 juta prosedur kosmetik dilakukan di Amerika Serikat saja. Jumlah prosedur kosmetik yang dilakukan di Amerika Serikat hampir dua kali lipat sejak awal abad ini. 92% prosedur kosmetik dilakukan pada wanita pada 2014, naik dari 88% pada 2001.

Hampir 12 juta prosedur kosmetik dilakukan pada 2007, dengan lima operasi paling umum adalah pembesaran payudara, sedot lemak, pengurangan payudara, operasi kelopak mata, dan abdominoplasti. American Society for Aesthetic Plastic Surgery melihat statistik untuk 34 prosedur kosmetik yang berbeda. Sembilan belas prosedur operasi, seperti operasi hidung atau bedah kecantikan. Prosedur nonsurgical termasuk Botox dan laser hair removal . Pada tahun 2010, survei mereka mengungkapkan bahwa ada 9.336.814 total prosedur di Amerika Serikat. Dari mereka, 1.622.290 prosedur operasi (p. 5). Mereka juga menemukan bahwa sebagian besar, 81%, dari prosedur dilakukan pada orang Kaukasia.

American Society of Plastic Surgeons (ASPS) memperkirakan bahwa lebih dari 333.000 prosedur kosmetik dilakukan pada pasien berusia 18 tahun atau lebih muda di AS pada 2005 dibandingkan dengan sekitar. 14.000 pada tahun 1996. Ini penting karena mendorong orang yang lebih muda untuk melanjutkan prosedur ini di kemudian hari. Meningkatnya penggunaan prosedur kosmetik melintasi garis ras dan etnis di AS, dengan peningkatan terlihat di antara orang Afrika-Amerika, Asia, Amerika, dan Amerika Hispanik serta orang Amerika Kaukasia. Di Eropa, pasar terbesar kedua untuk prosedur kosmetik, bedah kosmetik adalah bisnis senilai $ 2,2 miliar.

Dari 1191 artikel surat kabar Inggris, 89% menggunakan istilah 'operasi plastik' dalam konteks bedah kosmetik. Ini penting karena menunjukkan frekuensi di mana dunia barat menggambarkan operasi kosmetik. Di Asia, operasi kosmetik menjadi lebih populer, dan negara-negara seperti Cina dan India telah menjadi pasar bedah kosmetik terbesar di Asia.

Korea Selatan juga meningkat popularitasnya karena keahlian mereka dalam bedah tulang wajah. Publikasi pertama oleh tim ahli bedah Korea Selatan tentang bedah kontur tulang wajah diterbitkan yang menggambarkan berbagai metode operasi yang digunakan untuk bedah kontur tulang wajah.

Operasi plastik meningkat secara perlahan, naik 115% dari tahun 2000 hingga 2015. "Menurut statistik prosedural bedah plastik tahunan, ada 15,9 juta prosedur bedah kosmetik dan invasif minimal yang dilakukan di Amerika Serikat pada 2015, peningkatan 2 persen dari 2014."

Prosedur kecantikan / kosmetik yang paling populer meliputi:
  • Abdominoplasty ("tummy tuck"): membentuk kembali dan mengencangkan perut
  • Blepharoplasty ("operasi kelopak mata"): pembentukan kembali kelopak mata atas / bawah termasuk blepharoplasty Asia
  • Phalloplasty ("bedah penis"): konstruksi (atau rekonstruksi) penis atau, kadang-kadang, modifikasi buatan penis dengan operasi, seringkali untuk keperluan kosmetik
  • Mammoplasty :
    • Pembesaran payudara ("implan payudara" atau "pekerjaan payudara"): pembesaran payudara dengan cara cangkok lemak, saline, atau prosthetics gel silikon, yang awalnya dilakukan pada wanita dengan micromastia
    • Reduction mammoplasty ("pengecilan payudara"): pengangkatan kulit dan jaringan kelenjar, yang dilakukan untuk mengurangi nyeri punggung dan bahu pada wanita dengan gigantomastia dan untuk pria dengan ginekomastia
    • Mastopeksi ("pengangkatan payudara"): Mengangkat atau membentuk kembali payudara untuk membuatnya kurang kendor, sering kali setelah penurunan berat badan (misalnya setelah kehamilan). Ini melibatkan pengangkatan kulit payudara yang bertentangan dengan jaringan kelenjar
  • Buttock augmentation ("butt implant"): peningkatan bokong menggunakan implan silikon atau pencangkokan lemak ("Brazil butt lift") dan transfer dari area lain dari tubuh
    • Buttock lift : mengangkat, dan mengencangkan bokong dengan mengeluarkan kulit berlebih
  • Cryolipolysis : mengacu pada perangkat medis yang digunakan untuk menghancurkan sel-sel lemak. Prinsipnya bergantung pada pendinginan terkontrol untuk pengurangan simpanan lemak lokal non-invasif untuk membentuk kembali kontur tubuh.
  • Cryoneuromodulation : Perawatan struktur jaringan superfisial dan subkutan menggunakan gas nitrous oxide, termasuk pengurangan kerutan sementara, pengurangan nyeri sementara, pengobatan kondisi dermatologis, dan perawatan cryo fokal jaringan
  • Augmentasi Betis: dilakukan dengan implan silikon atau transfer lemak untuk menambah massa pada otot betis
  • Labiaplasty : reduksi bedah dan pembentukan kembali labia
  • Peningkatan bibir : peningkatan bedah kepenuhan bibir melalui pembesaran
  • Cheiloplasty : rekonstruksi bedah bibir
  • Rhinoplasty ("pekerjaan hidung"): membentuk kembali hidung
  • Otoplasti ("operasi telinga" / " penjepit telinga"): membentuk kembali telinga , paling sering dilakukan dengan menjepit telinga yang menonjol lebih dekat ke kepala.
  • Rhytidectomy ("face lift"): menghilangkan kerutan dan tanda-tanda penuaan dari wajah
    • Leher lift: pengetatan jaringan longgar di leher. Prosedur ini sering dikombinasikan dengan facelift untuk peremajaan wajah bagian bawah.
    • Browplasty ("pengangkatan alis" atau "pengangkatan dahi"): meninggikan alis, menghaluskan kulit dahi
    • Midface lift ("pipi lift"): pengencangan pipi
  • Genioplasti : pembesaran dagu dengan tulang seseorang atau dengan implan, biasanya silikon, dengan jahitan jaringan lunak.
  • Augmentasi pipi ("implan pipi"): implan ke pipi
  • Bedah Ortognatik : mengubah tulang rahang atas dan bawah (melalui osteotomi) untuk memperbaiki masalah pelurusan rahang dan memperbaiki perataan gigi
  • Suntikan filler : injeksi kolagen , lemak , dan filler jaringan lainnya, seperti asam hialuronat
  • Brachioplasty ("Arm lift"): mengurangi kelebihan kulit dan lemak antara ketiak dan siku.
  • Laser Peremajaan Kulit atau laser resurfacing : berkurangnya kedalaman di pori-pori wajah
  • Sedot lemak ("sedot lemak"): menghilangkan timbunan lemak dengan teknik sedot tradisional atau energi ultrasonik untuk membantu menghilangkan lemak
  • Plasty pengurangan zygoma : mengurangi lebar wajah dengan melakukan osteotomi dan reseksi bagian tulang dan lengkung zygomatik.
  • Reduksi rahang  : pengurangan sudut mandibula untuk menghaluskan rahang sudut dan menciptakan rahang ramping.

Operasi yang paling populer adalah Botox, sedot lemak, operasi kelopak mata, implan payudara, operasi hidung, dan facelift.


Komplikasi, risiko, dan pembalikan

Semua operasi memiliki risiko. Komplikasi umum dari operasi kosmetik termasuk hematoma , kerusakan saraf, infeksi, jaringan parut, kegagalan implan dan kerusakan organ. Implan payudara dapat mengalami banyak komplikasi , termasuk ruptur. Pada tahun 2011, FDA menyatakan bahwa satu dari lima pasien yang menerima implan untuk pembesaran payudara akan membutuhkannya dalam 10 tahun implantasi.

Gangguan psikologis

Meskipun media dan periklanan memang memainkan peran besar dalam mempengaruhi kehidupan banyak orang, seperti dengan membuat orang percaya operasi plastik menjadi jalan yang dapat diterima untuk mengubah identitas kita sesuai dengan keinginan kita, peneliti percaya bahwa obsesi operasi plastik terkait dengan gangguan psikologis seperti gangguan dysmorphic tubuh.

Ada korelasi antara penderita BDD dan kecenderungan terhadap operasi plastik kosmetik untuk memperbaiki cacat yang dirasakan dalam penampilan mereka. BDD adalah kelainan yang mengakibatkan penderitanya menjadi "sibuk dengan apa yang mereka anggap cacat di tubuh atau wajah mereka." Atau, jika ada sedikit anomali fisik, maka kekhawatiran orang tersebut sangat berlebihan.

Sementara 2% orang menderita gangguan dysmorphic tubuh di Amerika Serikat, 15% pasien yang mengunjungi dokter kulit dan ahli bedah kosmetik mengalami gangguan tersebut. Setengah dari pasien dengan kelainan yang dilakukan operasi kosmetik tidak senang dengan hasil estetika. BDD dapat menyebabkan bunuh diri pada beberapa penderitanya. Sementara banyak dengan BDD mencari operasi kosmetik, prosedur tidak mengobati BDD, dan pada akhirnya dapat memperburuk masalah. Akar psikologis masalah biasanya tidak teridentifikasi; karena itu menyebabkan perawatan menjadi lebih sulit. Ada yang mengatakan bahwa fiksasi atau obsesi dengan koreksi area bisa menjadi sub-kelainan seperti anoreksia atau dismorphia otot.

Meningkatnya penggunaan aplikasi pembentukan tubuh dan wajah seperti Snapchat danFacetune telah diidentifikasi sebagai pemicu potensial BDD. Baru-baru ini, sebuah fenomena yang disebut sebagai 'Snapmorat dysmorphia' telah muncul untuk menggambarkan orang-orang yang meminta pembedahan agar menyerupai versi yang diedit dari diri mereka ketika mereka muncul melalui Filter Snapchat.

Dalam beberapa kasus, orang yang dokternya menolak untuk melakukan operasi lebih lanjut, telah beralih ke operasi plastik " lakukan sendiri ", menyuntik diri sendiri dan menjalankan risiko keamanan yang ekstrem.