Penyebab Rem Mobil Harus Dikocok

Memiliki kendaraan seperti mobil atau motor memang sudah menjadi kebutuhan bagi setiap orang. Namun, kendaraan seperti mobil dan motor juga perlu perawatan untuk tetap menjaga keawetan dan keutuhan kendaraan itu sendiri. Khususnya bagi para pemilik mobil, karena mobil sendiri biasanya banyak mengalami masalah. Salah satu masalah dari mobil adalah rem blong dan harus dikocok dahulu sebelum berfungsi. Sebenarnya ada beberapa penyebab rem mobil harus dikocok. Masalah rem yang dikocok tidak boleh dianggap sepele dan dibiarkan begitu saja.

Ada 2 penyebab dari rem mobil yang harus dikocok yang wajib untuk kamu ketahui. Penyebabnya antara lain adalah kampas rem yang aus, dan adanya udara palsu pada sistem. Kampas rem yang aus bisa jadi penyebab utama harus dikocoknya rem mobil tersebut. Ausnya kampas rem ini juga biasa terjadi pada rem jenis tromol yang juga tidak menggunakan rem otomatis dan harus manual. Apabila penyetelan tidak tepat dan kampas rem aus, pastinya dibutuhkan beberapa kali pijakan agar kampas dan tromol dapat bersentuhan dan berfungsi dengan baik.

Penyebab harus dikocoknya rem mobil yang kedua adalah adanya udara palsu yang terdapat pada sistem. Keberadaan udara palsu ini membuat tekanan pedal tidak tersalurkan ke wheel silinder. Jika tekanan tidak tersalurkan pastinya diperlukan pijakan berkali-kali. Tujuan penekanan dilakukan agar piston dapat mendorong kampas dan akhirnya terjadi pengereman. Udara palsu pada sistem juga bisa disebabkan oleh panasnya minyak rem, memburuknya kualitas rem, dan juga bisa karena terjadinya kebocoran pada suatu bagian.

Cara Mengatasi Rem Mobil yang Harus Dikocok

Penting untuk menjaga kesehatan mobil yang kamu miliki untuk penggunaan dalam jangka panjang. Pastinya jika mobil kamu mengalami banyak masalah seperti rem blong dan harus dikocok akan membuat berkendara menjadi kurang nyaman. Namun jika rem mobil kamu sudah mulai harus dikocok maka jangan khawatir, kamu bisa mengaplikasikan cara mengatasinya rem mobil yang harus dikocok berikut ini.

1. Akibat ausnya rem

Langkah pertama yang harus dilakukan mengatasi rem mobil yang harus dikocok akibat ausnya rem adalah dengan memeriksa kondisi kampas rem. Pastikan kampas rem mobil kamu masih berfungsi dengan baik dan tidak aus. Karena ausnya kampas rem akan sangat berbahaya jika mobil nantinya akan digunakan untuk perjalanan jauh..

2. Akibat adanya udara palsu

Penyebab yang lain adalah adanya udara palsu. Cara mengatasinya salah satunya adalah dengan mengetahui penyebab adanya udara palsu tersebut. Udara palsu pada sistem bisa disebabkan oleh bebrapa hal seperti kebocoran maupun panasnya minyak rem. Jika kamu sudah mengetahui penyebabnya, maka segeralah lakukan pembuangan udara palsu tersebut atau biasa disebut bleeding.