Website atau Situs web adalah kumpulan sumber daya web jaringan terkait, seperti halaman web, konten multimedia, yang biasanya diidentifikasi dengan nama domain umum, dan diterbitkan pada setidaknya satu server web. Contoh penting adalah transkerja.com, google.com, dan amazon.com.

Situs web dapat diakses melalui jaringan Internet Protocol (IP) publik, seperti Internet, atau jaringan local area network (LAN), oleh uniform resource locator (URL) yang mengidentifikasi situs.

Situs web dapat memiliki banyak fungsi dan dapat digunakan dalam berbagai mode, berikut transkerja.com bagikan kepada Anda fungsi website dan pengertian website menurut para ahli.

Fungsi Website Menurut Para Ahli

Pada dasarnya, fungsi dari sebuah website dapat dibagi ke dalam tiga jenis. Pertama, fungsi informatif. Kedua, fungsi hiburan, dan ketiga, fungsi bisnis. Fungsi informatif terkait penggunaan website untuk menyebarkan informasi ke pada publik. Sebagai sarana yang mudah diakses, website memiliki kemampuan untuk menyebarluaskan berita, tutorial, kabar terkini, dan banyak informasi lainnya melalui media internet.

Fungsi hiburan dari website adalah memberikan audiens-nya konten berupa film, video, animasi, musik, seni, dan lain sebagainya. Website memiliki kemampuan untuk menampilkan tak hanya teks, namun juga aneka ragam konten tadi.

Di jaman sekarang, fungsi hiburan dari website termasuk juga dalam situs-situs media sosial. Dalam website sosial media, terdapat aneka sumber hiburan, termasuk yang sangat umum ditemukan jaman sekarang seperti kartun humor atau meme (mim).

Untuk fungsi bisnis, website dapat digunakan sebagai sarana untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah, termasuk dengan cara berjualan online (termasuk dalam website-website e-commerce) atau dengan cara yang lainnya termasuk mencari uang melalui situs-situs blog dan menggunakan media iklan dalam website untuk berbisnis. Inilah mengapa website sungguh dibutuhkan banyak orang sekarang ini.

Menurut para ahli di dunia teknologi informasi, salah satunya adalah menurut Yuhefizar, fungsi dari sebuah website adalah untuk menyediakan informasi kepada audiens. Informasi penting yang beredar di internet dapat sampai ke audiens dengan media website ini. Baik itu informasi berupa teks, video, ataupun suara, semuanya dapat ditampilkan dalam suatu website dan dapat dibaca atau dinikmati oleh audiens

Pengertian Website Menurut Para Ahli

Secara umum, website atau situs, dapat didefinisikan sebagai kumpulan halaman digital yang berisikan informasi berupa teks, gambar, video, ataupun suara. Website dapat diakses dengan menggunakan jaringan internet. Sekumpulan informasi dalam website tersebut tergabung dalam sebuah wadah yang disebut dengan domain. Cara membuka website adalah dengan mengetikkan URL website ke dalam browser internet, seperti Google Chrome atau Mozilla Firefox.

Jika ditilik dari beberapa ahli di dunia komputer dan teknologi informasi, pengertian website kurang lebih sama. Mari kita mulai dengan definisi website dari Hakim Lukmanul. Menurut tulisannya yang terbit di tahun 2004, website adalah sebuah fasilitas internet yang saling mengaitkan satu dokumen digital ke dokumen digital yang lainnya. Menurutnya, website memiliki kemampuan untuk menghubungkan dokumen dalam lingkup yang global.

Menurut Gregorius, di dalam tulisannya yang dibuat tahun 2000, sebuah website dapat diartikan sebagai sekumpulan halaman informasi digital yang semua file-filenya saling terkait satu sama lain. Kumpulan halaman disebut dengan homepage yang memberikan informasi navigasi ke halaman-halaman situs lainnya. Sebuah website juga berisi hyperlink atau tautan untuk menghubungkan halaman satu ke yang lainnya.

Semua situs web yang dapat diakses publik secara kolektif membentuk World Wide Web, sementara situs web pribadi, seperti situs web perusahaan untuk karyawannya, biasanya merupakan bagian dari intranet.

Halaman web, yang merupakan blok bangunan situs web, adalah dokumen, biasanya disusun dalam teks biasa yang diselingi dengan instruksi format dari Hypertext Markup Language (HTML, XHTML).

Mereka dapat menggabungkan elemen dari situs web lain dengan jangkar markup yang sesuai. Halaman web diakses dan diangkut dengan Hypertext Transfer Protocol (HTTP), yang secara opsional dapat menggunakan enkripsi (HTTP Secure, HTTPS) untuk memberikan keamanan dan privasi bagi pengguna. Aplikasi pengguna, seringkali browser web, merender konten halaman sesuai dengan instruksi markup HTML-nya ke terminal tampilan.

Hyperlinking antara halaman web menyampaikan kepada pembaca struktur situs dan memandu navigasi situs, yang sering dimulai dengan halaman rumah yang berisi direktori konten situs web.

Beberapa situs web memerlukan pendaftaran atau berlangganan pengguna untuk mengakses konten. Contoh situs web berlangganan mencakup banyak situs bisnis, situs web berita, situs web jurnal akademik, situs web game, situs web berbagi file, message boards, email berbasis web, situs web jejaring sosial, situs web yang menyediakan data pasar saham waktu nyata, serta situs yang menyediakan berbagai layanan lainnya.

Pengguna akhir dapat mengakses situs web di berbagai perangkat, termasuk komputer desktop dan laptop, komputer tablet, smartphones, dan smart TV.

Sejarah Website

World Wide Web (WWW) diciptakan pada tahun 1990 oleh fisikawan CERN Inggris, Tim Berners-Lee. Pada 30 April 1993, CERN mengumumkan bahwa World Wide Web akan bebas digunakan untuk siapa pun.

Sebelum pengenalan HTML dan HTTP, protokol lain seperti File Transfer Protocol dan protokol gopher digunakan untuk mengambil file individual dari server. Protokol-protokol ini menawarkan struktur direktori sederhana dimana pengguna menavigasi dan di mana mereka memilih file untuk diunduh. Dokumen paling sering disajikan sebagai file teks biasa tanpa format, atau dikodekan dalam format pengolah kata.

Situs web dapat berupa karya individu, bisnis, atau organisasi lain, dan biasanya didedikasikan untuk topik atau tujuan tertentu. Setiap situs web dapat berisi hyperlink ke situs web lain, sehingga perbedaan antara situs individu, seperti yang dirasakan oleh pengguna, dapat kabur. Situs web ditulis dalam, atau dikonversi ke, HTML (Hyper Text Markup Language) dan diakses menggunakan antarmuka perangkat lunak yang diklasifikasikan sebagai agen pengguna.

Halaman web dapat dilihat atau diakses dari berbagai perangkat berbasis komputer dan berkemampuan Internet dengan berbagai ukuran, termasuk komputer desktop, laptop, komputer tablet, dan smartphone.

Situs web di-host pada sistem komputer yang dikenal sebagai server web, juga disebut server HTTP (Hyper Text Transfer Protocol). Istilah-istilah ini juga dapat merujuk pada perangkat lunak yang berjalan pada sistem ini yang mengambil dan mengirimkan halaman web sebagai tanggapan terhadap permintaan dari pengguna situs web.

Apache adalah perangkat lunak server web yang paling umum digunakan (menurut statistik Netcraft) dan IIS Microsoft juga biasa digunakan. Beberapa alternatif, seperti Nginx, Lighttpd, Hiawatha atau Cherokee, sepenuhnya berfungsi dan ringan.

Situs web statis

Situs web statis adalah situs yang menyimpan halaman web di server dalam format yang dikirim ke browser web klien. Ini terutama dikodekan dalam Hypertext Markup Language (HTML); Cascading Style Sheets (CSS) digunakan untuk mengontrol tampilan di luar HTML biasa. Gambar biasanya digunakan untuk mempengaruhi tampilan yang diinginkan dan sebagai bagian dari konten utama. Audio atau video juga dapat dianggap sebagai konten "statis" jika diputar secara otomatis atau umumnya tidak interaktif.

Jenis situs web ini biasanya menampilkan informasi yang sama untuk semua pengunjung. Mirip dengan membagikan brosur yang dicetak kepada pelanggan atau klien, situs web statis umumnya akan memberikan informasi standar yang konsisten untuk jangka waktu yang lama.

Meskipun pemilik situs web dapat membuat pembaruan secara berkala, ini adalah proses manual untuk mengedit teks, foto, dan konten lainnya dan mungkin memerlukan keterampilan desain dan dasar perangkat lunak situs web.

Bentuk sederhana atau contoh pemasaran situs web, seperti situs web klasik, situs web lima halaman, atau situs web brosur sering kali merupakan situs web statis, karena mereka menyajikan informasi statis yang telah ditentukan sebelumnya kepada pengguna. Ini mungkin termasuk informasi tentang perusahaan dan produk serta layanannya melalui teks, foto, animasi, audio / video, dan menu navigasi.

Situs web statis dapat diedit menggunakan empat kategori luas perangkat lunak:
  • Text editors, seperti Notepad atau TextEdit, di mana konten dan markup HTML dimanipulasi secara langsung dalam program editor
  • WYSIWYG offline editors, seperti Microsoft FrontPage dan Adobe Dreamweaver (sebelumnya Macromedia Dreamweaver), yang dengannya situs diedit menggunakan GUI dan markup HTML akhir dihasilkan secara otomatis oleh perangkat lunak editor
  • WYSIWYG online editors yang membuat presentasi online kaya media seperti halaman web, widget, intro, blog, dan dokumen lainnya.
  • Template-based editors seperti iWeb memungkinkan pengguna untuk membuat dan mengunggah halaman web ke server web tanpa pengetahuan HTML terperinci, karena mereka memilih templat yang sesuai dari palet dan menambahkan gambar dan teks ke dalamnya dengan cara desktop publishing tanpa manipulasi langsung HTML kode.

Situs web statis mungkin masih menggunakan sertakan sisi server (SSI) sebagai kenyamanan pengeditan, seperti berbagi bilah menu umum di banyak halaman. Karena perilaku situs terhadap pembaca masih statis, ini tidak dianggap sebagai situs dinamis.

Situs web dinamis

Situs web dinamis adalah situs web yang sering mengubah atau menyesuaikan sendiri dan secara otomatis. Server-side dynamic pages dihasilkan "dengan cepat" oleh kode komputer yang menghasilkan HTML (CSS bertanggung jawab atas penampilan dan dengan demikian, adalah file statis). Ada berbagai macam sistem perangkat lunak, seperti CGI, Java Servlets dan Java Server Pages (JSP), Active Server Pages dan ColdFusion (CFML) yang tersedia untuk menghasilkan sistem web dinamis dan situs dinamis.

Berbagai kerangka kerja aplikasi web dan sistem templat web tersedia untuk bahasa pemrograman yang umum digunakan seperti Perl, PHP, Python, dan Ruby untuk membuatnya lebih cepat dan lebih mudah untuk membuat situs web dinamis yang kompleks.

Situs dapat menampilkan kondisi dialog saat ini antara pengguna, memantau situasi yang berubah, atau memberikan informasi yang disesuaikan dengan kebutuhan pengguna individu.

Misalnya, ketika halaman depan situs berita diminta, kode yang berjalan di server web dapat menggabungkan fragmen HTML yang tersimpan dengan berita yang diambil dari database atau situs web lain melalui RSS untuk menghasilkan halaman yang menyertakan informasi terbaru.

Situs dinamis dapat bersifat interaktif dengan menggunakan formulir HTML, menyimpan dan membaca kembali cookie browser, atau dengan membuat serangkaian halaman yang mencerminkan riwayat klik sebelumnya.

Contoh lain dari konten dinamis adalah ketika situs web ritel dengan basis data produk media memungkinkan pengguna untuk memasukkan permintaan pencarian, mis. untuk kata kunci Beatles. Sebagai tanggapan, konten halaman web akan secara spontan mengubah penampilannya sebelumnya, dan kemudian akan menampilkan daftar produk Beatles seperti CD, DVD, dan buku.

Dynamic HTML menggunakan kode JavaScript untuk menginstruksikan browser web cara memodifikasi konten halaman secara interaktif. Salah satu cara untuk mensimulasikan jenis situs web dinamis tertentu sambil menghindari hilangnya kinerja memulai mesin dinamis berdasarkan per-pengguna atau per-koneksi, adalah secara berkala membuat ulang sejumlah besar halaman statis.

Konten multimedia dan interaktif

Situs web awal hanya memiliki teks, dan segera setelah itu, gambar. Plug in browser web kemudian digunakan untuk menambahkan audio, video, dan interaktivitas (seperti untuk aplikasi Internet yang kaya yang mencerminkan kompleksitas aplikasi desktop seperti pengolah kata). Contoh plug-in tersebut adalah Microsoft Silverlight, Adobe Flash, Adobe Shockwave, dan applet yang ditulis dalam Java. HTML 5 termasuk ketentuan untuk audio dan video tanpa plugin.

JavaScript juga dibangun di sebagian besar peramban web modern, dan memungkinkan pembuat situs web untuk mengirim kode ke peramban web yang menginstruksikannya bagaimana secara interaktif mengubah konten halaman dan berkomunikasi dengan server web jika diperlukan. Representasi internal browser konten dikenal sebagai Document Object Model (DOM) dan teknik ini dikenal sebagai Dynamic HTML.

WebGL (Web Graphics Library) adalah API JavaScript modern untuk rendering grafik 3D interaktif tanpa menggunakan plug-in. Ini memungkinkan konten interaktif seperti animasi 3D, visualisasi, dan video menjelaskan kepada pengguna dengan cara yang paling intuitif.

Tren era 2010 di situs web yang disebut "desain responsif" telah memberikan pengalaman menonton terbaik karena menyediakan tata letak berbasis perangkat untuk pengguna. Situs web ini mengubah tata letaknya menurut perangkat atau platform seluler sehingga memberikan pengalaman pengguna yang kaya.


Manfaat Website

Manfaat memiliki website di era dunia digital saat ini, hampir semua orang terhubung dengan cara tertentu ke World Wide Web untuk memenuhi kebutuhan hiburan, pendidikan, penelitian, dan konsumen mereka. Popularitas Internet telah mendorong bisnis dari semua ukuran untuk memiliki kehadiran online dalam bentuk Website.

Jika bisnis Anda belum memiliki situs web, bisnis Anda mungkin tidak berkinerja sepenuhnya. Memiliki Situs Web dapat memberikan sejumlah manfaat bagi bisnis Anda yang mungkin belum Anda sadari sebelumnya.

Berikut adalah 10 manfaat utama memiliki Situs Web:

1. Hemat Biaya

Iklan online berbiaya efektif dibandingkan dengan iklan cetak dan memungkinkan Anda melakukan perubahan saat itu, mengingat Anda menggunakan CMS.

2. Jangkauan Demografis yang Lebih Luas

Tidak seperti memiliki bangunan batu bata dan mortir lokal, situs web bisnis mentransmisikan profil bisnis Anda di seluruh dunia, memungkinkan untuk peningkatan eksposur dan penjualan, karena jangkauan demografis yang lebih luas.

3. Kredibilitas Bisnis

Jika Anda memiliki situs web yang terlihat profesional dan ramah pengguna, konsumen kemungkinan akan memiliki kesempatan lebih besar untuk mempertimbangkan bisnis Anda kredibel atas perusahaan yang tidak memiliki kehadiran Web, atau memiliki kehadiran Situs web yang buruk.

4. Ketersediaan Waktu yang Luas

Memiliki Situs Web memberi pelanggan Anda ketersediaan sepanjang waktu dalam hal akses ke produk, informasi, dll. Jenis layanan 24 jam sehari, tujuh hari seminggu pasti menghasilkan lebih banyak keuntungan daripada etalase toko tradisional.

5. Kenyamanan Konsumen

Dalam percabangan dari manfaat yang disebutkan di atas, tersedia untuk memenuhi kebutuhan konsumen setiap saat, siang atau malam memberikan kenyamanan tambahan, memberi mereka akses ke produk dan informasi kapan pun mereka butuhkan.

6. Peningkatan Penjualan

Ketika memiliki eksposur bisnis adalah kunci untuk menarik pelanggan. Situs web yang efektif dengan konten hebat meningkatkan kemungkinan peningkatan penjualan.

7. Menjalin Hubungan Pelanggan

Kehadiran online membantu dalam hal membangun dan membina hubungan di antara pelanggan Anda. Memberikan penawaran khusus kepada pelanggan setia di Situs Web Anda membuat mereka tahu bahwa Anda menghargai bisnis mereka.

8. Peluang Kompetitif

Peluangnya adalah pesaing Anda memiliki Situs Web dan mereka menggunakannya untuk keuntungan sepenuhnya. Untuk menjaga atau melampaui kompetisi, memiliki Website adalah suatu keharusan.

9. Bangun Basis Pelanggan

Komunikasi konsumen melalui Situs Web Anda dapat membantu Anda membangun basis pelanggan Anda. Mengisi daftar kontak konsumen adalah emas bagi perusahaan mana pun.

10. Pemasaran Bertarget

Situs web yang direncanakan secara strategis dapat secara efektif menarik audiens yang ditargetkan yang Anda cari. Sekarang setelah Anda tahu mengapa memiliki situs web penting untuk bisnis Anda, hubungi perusahaan desain web ahli untuk mendapatkan situs web yang ramah bisnis.


Fungsi Website dan Pengertian Website Menurut Para Ahli Serta Manfaat Website
Baca Juga:
  1. Virtual Private Server
  2. Fungsi Cloud Hosting
  3. Pengertian Hosting
  4. Hosting VPS