Pengertian Shock Absorber

Shock Absorber adalah salah satu komponen penting dalam sistem suspensi pada suatu kendaraan. Pada mobil, Shock Absorber ini mempunyai komponen yang bagian atasnya terhubung secara langsung dengan piston serta terpasang pada rangka kendaraan. Sedangkan untuk bagian bawahnya, terhubung dengan bagian bawah silinder yang dipasang dengan as roda. Fludia kental didalam Shock Absorber ini mampu menyebabkan gaya redam bergantung dengan kecepatan relatif pada ujung unit tersebut. Hal ini tentunya akan membantu dalam mengendalikan guncangan roda ketika berputar.

Jika dalam suspensi hanya ada pegas, kendaraan cenderung akan beroskilasi naik dan turun ketika menerima kejutan dari jalanan. Hal ini mengakibatkan para penumpang akan merasa tidak nyaman. Oleh karena itu, dipasangnya Shock Absorber ini bertujuan agar oskilasi redam dengan cepat dan berkendara menjadi lebih nyaman. Terdapat suatu minyak khusus dalam Shock Absorber ini yang bernama minyak shock absorber. Aliran minyak melalui orifice ketika piston bergerak akan menghasilkan gaya redam.

Untuk konstruksi dalam Shock Absorber sendiri, terdiri dari piston rod, piston, serta tabung. Dalam hal ini, piston merupakan sebuah komponen di dalam tabung Shock Absorber yang akan bergerak naik dan turun ketika Shock Absorber tersebut bekerja. Kemudian tabung merupakan sebuah tempat dari minyak shock absorber sekaligus menjadi ruang untuk piston bekerja naik dan turun. Sedangkan piston rod merupakan sebuah batang penghubung antara tabung bagian atas dengan piston pada Shock Absorber.

Shock Absorber ini mempunyai dua siklus dalam cara kerjanya siklus ekstensi dan siklus kompresi. Masing-masing siklus ini, secara bergantian akan bekerja seiring dengan pergerakan dari pegas yang mendorong maupun menarik piston rod. Dengan begitu, maka ketika Shock Absorber ini tidak meredam gaya tekan osilasi pada pegas suspensi. Hal ini dikarenakan minyak shock absorber didalamnya akan naik secara langsung ke ruang atas piston dengan mudah melewati sebuah lubang valve yang berukuran cukup besar.

Fungsi Shock Absorber

Fungsi dari Shock Absorber ini yaitu untuk menyerap berbagai macam kejutan yang timbul karena kondisi permukaan jalan rata. Ketika kendaraan berjalan, maka dalam kendaraan tersebut dilengkapi dengan sistem suspensi. Keberadaan dari sistem suspensi ini sangatlah penting karena mampu untuk memberikan ketenangan serta kenyamanan dalam berkendara di jalanan.

Namun apabila hanya terdapat pegas dalam sistem suspensi ini, maka kendaraan akan bergerak secara tidak teratur ketika berjalan di jalan yang permukaannya tidak rata. Oleh karena itu, Shock Absorber ini hadir dengan tujuan membuat berkendara Anda menjadi lebih nyaman dan tenang dengan cara meredam terjadinya oskilasi atau gerakan tidak teratur ketika berada di jalanan yang permukaannya tidak rata. Selain itu Shock Absorber ini juga dapat membuat tampilan dari kendaraan menjadi lebih keren, khususnya pada sepeda motor.