Pengertian Record dan Fungsi Record Sesuai Kebutuhan

Record merupakan kumpulan dari elemen-elemen data yang terkait dalam sebuah basis data. Secara ringkas, basis data dapat dikatakan sebagai sebuah tabel yang memiliki baris alias record dan kolom atau field. Setiap baris menyatakan elemen-elemen data yang saling berkaitan.

Fungsi Record

Fungsi record disesuaikan dengan kebutuhan orang yang menggunakan. Sebuah perusahaan memiliki banyak record terkait unit usaha, karyawan, keuangan, dan aktivitas lain. Web server menyimpan record file-file yang dibutuhkan seperti username, password, dan identitas lain. Penggunaannya tergantung dari karakteriktik file yang diambil.

Ketika membuat website sosial media, pengguna akan mengirim data email dan akun. Semuanya tersimpan di database dan sebagai record untuk pengguna tertentu. Jadi, fungsi pertama dari record adalah penyimpanan data dengan properti dan karakteristik yang dibutuhkan.

Fungsi lain adalah untuk kemudahan akses. Record dikumpulkan namun perlu diolah lagi sehingga memiliki struktur yang baik. Pengguna tidak perlu menunggu lama ketika mengaksesnya. Sebagai contoh, database server akan menggunakan keyword dan penomoran khusus. Pengguna cukup mengetik perintah dan data akan muncul secara otomatis. Oleh karena itu, record adalah sebuah upaya untuk mengelola data bagi penggunanya.

Record membutuhkan hardware dan software untuk diakses dan dikelola dengan baik. Hardware yang dimaksud adalah komputer untuk menyimpan data. Setelah itu, aplikasi atau software pengolah data harus mampu melakukan efisiensi dan pembersihan ketika terjadi pengilangan. Hal ini bertujuan untuk menjaga integritas dari record tersebut.

Pengertian Record

Istilah record memiliki banyak arti sesuai dimana bidang yang menggunakan. Namun, semuanya definisi tersebut saling berkaitan dan mempunyai basis pengertian yang sama. Sebagai contoh, record dapat berupa rekaman ketika mengacu pada proses pengambilan audio oleh microphone lalu disimpan dalam bentuk file di komputer.

Contoh lain adalah record sebagai catatan terhadap objek tertentu seperti manusia, hewan, tumbuhan, dan sebagainya. Definisi lain adalah sebagai data dengan berbagai macam karakteristik dan propertinya sehingga mengacu ke hal yang umum dan khusus.

Dari beberapa pengertian tersebut, semuanya memiliki kemiripan. Di bidang audio, record berarti merekam sehingga memiliki sebuah file. Di bidang statistik, record adalah data dengan kumpulan properti dan karakteristiknya, istilah ini juga ada di bidang lain misalnya record adalah catatan atau hasil pengamatan.

Oleh karena itu, definisi yang menyeluruh dapat menjelaskan bahwa record adalah sebuah file dengan karakteristik tertentu. Penggunaan ini juga umum di bidang internet dimana istilah record sangat penting untuk dipahami.

Ketika mengambil data, sebuah objek akan memiliki karakteristik. Misalnya, objek manusia akan mempunya sifat seperti jenis kelamin, tinggi badan, berat badan, tingkat pendidikan dan sebagai. Jumlah record atau data tergantung besaran objek yang diteliti.

Semakin banyak objek tersebut maka komputer membutuhkan software dan media penyimpanan yang besar. Data yang telah terkumpul kemudian dipilah dan diatur sedemikian rupa sehingga mudah diakses. Untuk menyelesaikan tugas ini, aplikasi basis data akan menggunakan keyword, penomoran, serta tabel.

Baca juga

Definisi Record

Dalam database relasional, record adalah sekelompok data terkait yang disimpan dalam struktur yang sama. Lebih khusus lagi, record adalah pengelompokan bidang dalam tabel yang merujuk satu objek tertentu. Istilah record sering digunakan secara sinonim dengan baris. Misalnya, record pelanggan dapat mencakup item, seperti nama depan, alamat fisik, alamat email, tanggal lahir dan jenis kelamin.

Dalam pemrosesan data komputer, record adalah kumpulan item data yang diatur untuk diproses oleh suatu program . Beberapa record terkandung dalam file atau kumpulan data. Organisasi data dalam record biasanya ditentukan oleh bahasa pemrograman yang mendefinisikan organisasi record dan / atau oleh aplikasi yang memprosesnya. Biasanya, record bisa dari panjang tetap atau panjang variabel dengan informasi panjang yang terkandung dalam rekaman.

Dalam Metode Akses Telekomunikasi Virtual, metode akses telekomunikasi milik IBM untuk mainframe dan bagian dari Arsitektur Jaringan Sistem ( SNA ), record adalah unit data yang dikirim dari pengirim ke penerima.

Sebuah record bisa merujuk pada kumpulan data terkait yang terkandung dalam satu atau lebih file atau database . Misalnya, produsen komputer mungkin memiliki record tentang Anda atau komputer Anda, catatan ini mungkin berisi riwayat komputer Anda. Contoh lain adalah rumah sakit atau klinik yang memiliki record medis untuk Anda atau anggota keluarga.

Terkadang disingkat REC, record adalah fungsi yang merekam audio dari mikrofon atau sumber lain. Misalnya, seseorang dapat merecord MP3 ke CD, sehingga mereka dapat mendengarkannya saat berada jauh dari komputer mereka.

Contoh record dalam kalimat

Kata benda
Definisi suatu record adalah sesuatu di mana suara atau gambar telah disimpan atau file permanen dari sesuatu.
a. Contoh rekaman adalah koleksi pada CD lagu-lagu oleh The Beatles.
b. Contoh record adalah daftar kejahatan yang dilakukan seseorang.

Kata kerja
Record didefinisikan sebagai mendaftar dalam bentuk permanen untuk pemutaran atau untuk membuat file permanen dari sesuatu.
a. Contoh record adalah bagi orang tua untuk menggunakan kamera video untuk mendokumentasikan pesta ulang tahun pertama putranya.
b. Contoh record adalah mengambil risalah rapat staf.

Apa itu record dalam database?

Apa itu record dalam database? Dalam komputasi, atau secara khusus dalam konteks database relasional , sebuah record (juga disebut baris atau tupel) mewakili objek data tunggal yang terstruktur secara implisit dalam sebuah tabel. ... Record adalah kumpulan bidang yang berisi data milik entitas yang sama.

Mengetahui hal ini, apa yang dimaksud dengan tabel record di bidang dalam database?

Sebuah tabel adalah struktur yang akan berisi subset dari data dalam database . ... Tabel , pada gilirannya, memiliki struktur ( bidang ) dan serangkaian catatan ( data itu sendiri); semua catatan akan memiliki bidang yang sama , tidak satu lagi, tidak kurang satu.

Namun, apa itu field dan record dalam database?

Field dan record dalam database adalah dua komponen dasar dari database , yang merupakan kumpulan informasi atau data yang terorganisir . Istilah " field " mengacu pada kolom, atau kategori data vertikal . Istilah " record " mengacu pada baris , atau pengelompokan horizontal data.

Namun, apa itu record dan contohnya?

Sebuah record adalah ruang fisik atau virtual di mana ia dicatat, atau tindakan melakukan hal yang sama. Istilah registri juga sering digunakan sebagai sinonim untuk daftar atau standar. ... Misalnya , rekaman pesan suara yang belum dibaca di ponsel.

Apa yang dimaksud dengan file log?

Apa yang dimaksud dengan file log? File log adalah file yang berisi daftar peristiwa, yang telah "direcord" oleh komputer. File log sering dibuat selama instalasi perangkat lunak dan dibuat oleh server web, tetapi juga dapat digunakan untuk banyak tujuan lain.

Sebagian besar file log disimpan dalam format Teks Biasa , yang meminimalkan ukuran file dan memungkinkannya untuk dilihat dalam editor teks dasar.

File log yang dibuat oleh penginstal perangkat lunak biasanya berisi daftar file yang ditambahkan atau disalin ke hard drive selama proses instalasi.

Mereka juga dapat menyertakan tanggal dan waktu file diinstal, serta direktori tempat setiap file ditempatkan. File log penginstal memungkinkan pengguna untuk melihat dengan tepat file mana yang diinstal pada sistem mereka oleh program tertentu. Ini dapat berguna saat pemecahan masalah program macet atau menghapus instalasi program.

Server web menggunakan file log untuk merecord data tentang pengunjung situs web. Informasi ini umumnya mencakup alamat IP setiap pengunjung, waktu kunjungan, dan halaman yang dikunjungi.

File log juga dapat melacak sumber daya yang dimuat selama setiap kunjungan, seperti file gambar, JavaScript , atau CO . Data ini dapat diproses oleh perangkat lunak statistik situs web, yang dapat menampilkan informasi dalam format Mudah digunakan. Misalnya, pengguna dapat melihat grafik pengunjung harian selama sebulan terakhir dan mengklik setiap hari untuk melihat informasi yang lebih detail.

File log juga dapat dihasilkan oleh utilitas perangkat lunak , program FTP, dan sistem operasi . Misalnya, Mac OS X menyimpan log dari semua program dan sistem yang mogok, yang dapat dilihat menggunakan fungsi bawaan. permintaan konsul .

Aplikasi log Windows, keamanan, dan log sistem, yang dapat dilihat menggunakan program Peraga Peristiwa . Sebagian besar file log memiliki ekstensi file ".log" , tetapi banyak yang menggunakan ".txt" standar atau ekstensi kepemilikan lainnya.

Apa yang dimaksud file dan record?

Jika sedang mempelajari menganai pengertian field, record, table, file, data dan basis data. Niscaya teman-teman yang acap kali belajar maupun yang sudah mengenal database udah enggak asing lagi dengan nama-nama tersebut, untuk kawan-kawan yang belum mengenal definisi dari nama tersebut, dapat sahabat pelajari ataupun membacanya di bawah ini untuk memahaminya.

Field adalah kumpulan dari karakter yang membuat satu arti, maka andaikata terdapat field contohnya semacam NomerProduk maupun NamaProduk, maka yang dipaparkan dalam field tersebut mesti yang berkaitan dengan nomer Produk dan nama Produk. Atau definisi field yang lainnya yakni tempat ataupun kolom yang ditemukan dalam suatu tabel untuk mengisikan nama-nama (data) field yang bakal di isikan.

Record yakni kumpulan field yang sangat lengkap, juga biasanya dihitung dalam satuan baris. Tabel ialah merupakan kumpulan dari sebagian record juga juga field. File ialah terdiri dari record-record yang mendeskripsikan dari satu kesatuan data yang sejenis. Contohnya semacam file istilah Produk berisikan data terhadap semua sebutan barang yang ada.

Data yaitu kumpulan fakta atau kejadian yang diterapkan sebagai penyelesaian situasi sulit dalam bentuk informasi. Pengertian basis data (database) ialah basis data terdiri dari dari dua kata, merupakan kata basis serta data. Basis dapat di artikan markas atau gudang, atau tempat berkumpul.

Lalu data ialah kumpulan fakta yang mewakili suatu objek, contohnya semacam manusia, barang serta sebagainya yang direkam didalam bentuk huruf, angka, simbol, teks, bunyi, gambar ataupun kombinasinya.

Dapat disimpulkan basis data ialah kumpulan terorganisasi dari data-data yang saling berhubungan sedemikian rupa walhasil dapat dengan gampang disimpan, dimanipulasi, dan dipanggil oleh pemakainya.

Juga Karakter ataupun character merupakan merupakan suatu bagian data yang terkecil, bisa berupa karakter numerik, huruf atau karakter khusus (special characters) yang menjadikan suatu item data atau field.

Apa yang dimaksud dengan data record?

Record (disebut juga struktur, kumpulan data) ialah kumpulan dari elemen-elemen data yang terkait dalam semacam basis data.

Secara ringkas, basis data dapat dikatakan sebagai suatu tabel yang mempunyai baris alias record dan kolom maupun field.

Setiap baris mengatakan elemen-elemen data yang saling berkaitan.

Sebagai contoh dalam suatu tabel mendapati kolom nama, alamat, tanggal lahir, serta pekerjaan.

Maka satu record yaitu data satu orang yang mencakup atas nama, alamat, tanggal lahir serta pekerjaan. 

Jelaskan apa yang dimaksud dengan record dan tabel?

Field merupakan sebuah bentuk dari kumpulan dari bermacam-macam bentuk karakter yang mengadakan pemberontakan mengenai satu ragam arti, maka asal terdapat pada bagian field sebagaimana misalnya adalah semacam NomerBarang maupun NamaBarang, yang dimana bakal dilakukan pemaparan didalam field tersebut haruslah yang bakal berkaitan dengan suatu nomer barang dan juga nomer barang.

Record ialah kumpulan daripada field yang dimana lengkap serta juga umumnya akan ditunaikan penghitungan didalam baris.

Tabel sendiri merupakan sebuah bentuk dari kumpulan dari sebagian macam bentuk record juga juga field.

File sendiri yakni terbentuk atas bermacam-macam bentuk record yang mengerjakan penggambaran dari suatu kesatuan data yang dimana sejenis di antara yang satu dengan yang lainnya.

Database yaitu sebuah bentuk dari kumpulan keterangan yang dimana akan dilakukan perbahanan didalam komputer secara sistematik serta sehingga akan dapat dilantaskan pemeriksaan dengan metode menggunakan semacam program komputer guna untuk melaksanakan pendapatan dari beragam macam penjelasan yang berasal dari basis data itu sendiri.

Apa itu table pada database?

Ada sebagian nama dalam database yang nantinya bakal sering disebut didalam tutorial, sebelum kita masuk ke tutorial seterusnya maka kudu dapat mengenal nama-nama berikut supaya lebih gampang dalam mempelajarinya:

Pengertian Tabel: Sebuah tabel yaitu kumpulan data (nilai) yang diorganisasikan didalam baris (record) serta kolom (field). Masing-masing kolom punya nama yang spesifik serta unik.

Pengertian Field: Field adalah kolom dari sebuah table. Field mempunyai ukuran type data tertentu yang memutuskan bagaimana data nantinya tersimpan.

Pengertian Record ataupun Data: Record atau Data ialah sebuah kumpulan nilai yg terafiliasi.

Pengertian Key: Key yaitu suatu field yang bisa dijadikan kunci dalam operasi tabel. Dalam konsep database, key mempunyai banyak jenis diantaranya Primary Key, Foreign Key, Composite Key, dll.

Apa perbedaan array dan record?

Perbedaan dari array juga record :

Array

Struktur data yang menempatkan sekumpulan nilai yang mempunyai tipe data homogen

Memungkinkan untuk digarap suatu input, output juga pemrosesan nilai array

Setiap bagian punya indeks yang unik untuk membedakan 

Record

Struktur data yang mengarsip sekumpulan nilai yang mempunyai tipe data dapat sama maupun berbeda

Hanya menguatkan suatu input juga output untuk buat record

Setiap record mendapati fields/elemen serta penamaan sendiri-sendiri

Array bisa didefinisikan sebagai suatu konstruksi data yang menampung sekawanan nilai yang mempunyai kesamaan tipe data. Array amat bernilai dalam organisasi data pokoknya untuk menyortir serta mencari data yang ada karena tiap bagian memiliki indeks yang unik.

Record dapat didefinisikan sebagai sekawanan elemen serta dapat menempatkan tipe data yang berbeda - beda. Pemograman berbasis objek akan lebih layak dengan pendayagunaan record.

Apa itu screen record?

Beragam inovasi teknologi ketika ini berjibun ditemukan, salah satunya screen recording. Dalam buku Simulasi serta Komunikasi Digital untuk SMK/MAK Kelas X oleh Widiatmoko Herbimo, screen recording ialah kegiatan merekam tampilan yang tampil di layar ataupun perangkat output visual lainnya.

Berbagai acara di layar komputer bisa direkam, terdiri suara (audio) yang dihasilkan. Lantas, hasil dari screen recording tersebut sanggup disimpan juga dilihat kembali layaknya video pada biasanya.

Menurut Dedik Kurniawan dalam buku 145 Freeware opsi untuk bermacam ragam Kebutuhan, screen recording kerap digunakan untuk acara e-learning. Dengan menggunakan teknologi tersebut, para pelajar bisa memutar video pembelajaran berkali-kali.

Tidak mengherankan bila dosen, guru ataupun para pelajar menggunakan teknologi perekaman layar untuk meringankan kegiatan belajar-mengajar. Penggunaannya pun tak terbatas pada aktivitas akademis. Tetapi juga di beraneka ragam bidang, misalnya, bisnis, aktivitas seminar, dan sebagainya.

Lantas apa saja software yang mampu dipasang untuk menggarap screen recording? Bagaimana langkah-langkah menggarap perekaman layar? Berikut uraian selengkapnya.

Menurut buku Step by Step Menjual Apa pun Keahlian sobat transkerja di Internet oleh Mohammad Rustam Sandegi, diperoleh sejumlah software yang menyediakan fitur screen recorder. Peranti lunak tersebut bakal membantu penggunanya merekam bermacam ragam kegiatan di layar komputer.

Aplikasi Microsoft Powerpoint juga mempunyai fitur screen recorder yang menyokong merekam aktivitas selama presentasi berlangsung. Fitur yang sama juga bisa diperoleh dengan mengunduh aplikasi kayak ActivePresenter, Free Cam, BSR Screen Recorder, CamStudio, juga sebagainya.

Berikut langkah-langkah memasang aplikasi camstudio.org menurut buku Step Menjual Apa pun Keahlian sobat transkerja di Internet.

Unduh aplikasi melalui laman camstudio.org.

Lalu  klik kanan, seterusnya pilih ‘Install’ untuk mengadakan pemasangan aplikasi.

Klik ‘Start’ untuk memulai pemasangan software.

Tunggu hingga pemasangan selesai.

Jika proses udah selesai, klik ‘OK’ untuk menutup jendela pemasangan aplikasi.

Langkah Mengoperasikan Screen Recorder

Untuk mengoperasikan aplikasi CamStudio, berikut langkah-langkah yang harus dilakukan:

Atur tempat rekaman layar. Buat merekam secara penuh, pilih menu ‘Region’ berikutnya klik ‘Full Screen’.

Untuk memulai merekam layar disertai dengan audio, pilih ‘Options’ lalu klik ‘Record Audio from Microphone’.

Setelah pengaturan audio diaktifkan, CamStudio dapat digunakan dengan menekan tombol ‘Record’.

Melansir laman support.microsoft.com, buat pengguna Microsoft Powerpoint yang mau yang mengerjakan screen recording bisa menerapkan langkah sebagai berikut:

Buka slide yang bakal direkam.

Pilih tab ‘Sisipkan’ berikutnya klik ‘Perekaman Layar’.

Pada dok ‘Kontrol’, klik ‘Pilih Area’. Tampilan kursor bakal berubah jadi garis menyilang. Selepas itu pilih juga seret kursor untuk menetapkan area layar yang bakal direkam. Umumnya, ukuran minimum yang mampu direkam merupakan 64x64 piksel.

Kemudian pilih ‘Rekam’. Pakai ‘Jeda’ sesuai keinginan dan pilihan ‘Berhenti’ sekiranya rekaman dirasa sudah selesai.

Untuk mengarsip rekaman layar, klik kanan pada bingkai video, lalu pilih ‘Simpan Media sebagai’.

Selepas itu  pilih ‘Folder’ lalu ketikkan istilah dalam kotak ‘Nama File’.

Pilih ‘Simpan’.

Itulah keterangan tentang screen recording, software yang bisa digunakan untuk mengadakan perekaman layar, juga langkah-langkah mengoperasikannya. 

Dimana letak screen recorder Pada Smartphone?

Fitur Screen Recorder ataupun perekam layar kini udah banyak diimplementasikan bagi para vendor ponsel Android di alat-alat sendiri-sendiri, mencakup Samsung.

Pabrikan asal Korea Selatan itu udah menyertakan fitur Screen Recorder sebagai bawaan sistem di ponsel Galaxy yang udah menjalankan sistem operasi Android 11, semacam seri Galaxy S10, Galaxy S20, dan Galaxy Note 20 maupun yang lebih baru.

Screen Recorder praktis sebab bisa langsung diakses dari bar notifikasi untuk langsung merekam tampilan layar ponsel. Berikut ini langkah-langkah untuk menggunakannya.

1. Buat mengakses fitur Screen Record, sahabat transkerja cukup mengusap layar bagian atas ke bawah untuk membuka menu "Quick Settings".

2. Di halaman "Quick Settings", scroll layar ke kiri hingga mendeteksi ikon "Screen Recorder". Bilamana tak ada, kamu sanggup mengklik ikon pensil di pojok kiri bawah untuk mendeteksi opsi perekaman layar.

3. Sebelum merekam layar, pengguna sanggup mengatur sumber suara yang kepingin direkam, yaitu dari audio perangkat, audio peralatan dan mikrofon, atau tidak mrekam suara sama sekali.

4. Selepas memilih satu di antara alternatif tersebut, sobat transkerja dapat langsung menekan tombol "Start Recording" untuk memulai perekaman layar.

5. Kalau sudah selesai, sahabat transkerja cukup menyentuh alternatif "Tap to Stop" (tombol kotak) di bagian kiri atas serta proses perekaman layar pun bakal dihentikan.

6. Hasil rekaman akan tersimpan juga dapat diikuti di galeri ponsel. Kawan-kawan juga dapat mengeceknya lewat aplikasi Google Photos yang tercantum di alat-alat kamu.

7. Lewat Google Photos, kawan-kawan mampu menyunting hasil rekaman layar tersebut semacam mempersingkat durasi ataupun memotong klip video yang dianggap gak penting.

8. Selepas diedit, video tersebut mampu dibagikan ke platform lainnya yang dikehendaki pengguna.

Harus dicatat, fitur perekaman layar bawaan sini cuma tersedia untuk pengguna smartphone Galaxy yang mengerjakan sistem operasi (OS) Android 11.