Record merupakan kumpulan dari elemen-elemen data yang terkait dalam sebuah basis data. Secara ringkas, basis data dapat dikatakan sebagai sebuah tabel yang memiliki baris alias record dan kolom atau field. Setiap baris menyatakan elemen-elemen data yang saling berkaitan.

Fungsi Record

Fungsi record disesuaikan dengan kebutuhan orang yang menggunakan. Sebuah perusahaan memiliki banyak record terkait unit usaha, karyawan, keuangan, dan aktivitas lain. Web server menyimpan record file-file yang dibutuhkan seperti username, password, dan identitas lain. Penggunaannya tergantung dari karakteriktik file yang diambil.

Ketika membuat website sosial media, pengguna akan mengirim data email dan akun. Semuanya tersimpan di database dan sebagai record untuk pengguna tertentu. Jadi, fungsi pertama dari record adalah penyimpanan data dengan properti dan karakteristik yang dibutuhkan.

Fungsi lain adalah untuk kemudahan akses. Record dikumpulkan namun perlu diolah lagi sehingga memiliki struktur yang baik. Pengguna tidak perlu menunggu lama ketika mengaksesnya. Sebagai contoh, database server akan menggunakan keyword dan penomoran khusus. Pengguna cukup mengetik perintah dan data akan muncul secara otomatis. Oleh karena itu, record adalah sebuah upaya untuk mengelola data bagi penggunanya.

Record membutuhkan hardware dan software untuk diakses dan dikelola dengan baik. Hardware yang dimaksud adalah komputer untuk menyimpan data. Setelah itu, aplikasi atau software pengolah data harus mampu melakukan efisiensi dan pembersihan ketika terjadi pengilangan. Hal ini bertujuan untuk menjaga integritas dari record tersebut.

Pengertian Record

Istilah record memiliki banyak arti sesuai dimana bidang yang menggunakan. Namun, semuanya definisi tersebut saling berkaitan dan mempunyai basis pengertian yang sama. Sebagai contoh, record dapat berupa rekaman ketika mengacu pada proses pengambilan audio oleh microphone lalu disimpan dalam bentuk file di komputer.

Contoh lain adalah record sebagai catatan terhadap objek tertentu seperti manusia, hewan, tumbuhan, dan sebagainya. Definisi lain adalah sebagai data dengan berbagai macam karakteristik dan propertinya sehingga mengacu ke hal yang umum dan khusus.

Dari beberapa pengertian tersebut, semuanya memiliki kemiripan. Di bidang audio, record berarti merekam sehingga memiliki sebuah file. Di bidang statistik, record adalah data dengan kumpulan properti dan karakteristiknya, istilah ini juga ada di bidang lain misalnya record adalah catatan atau hasil pengamatan.

Oleh karena itu, definisi yang menyeluruh dapat menjelaskan bahwa record adalah sebuah file dengan karakteristik tertentu. Penggunaan ini juga umum di bidang internet dimana istilah record sangat penting untuk dipahami.

Ketika mengambil data, sebuah objek akan memiliki karakteristik. Misalnya, objek manusia akan mempunya sifat seperti jenis kelamin, tinggi badan, berat badan, tingkat pendidikan dan sebagai. Jumlah record atau data tergantung besaran objek yang diteliti.

Semakin banyak objek tersebut maka komputer membutuhkan software dan media penyimpanan yang besar. Data yang telah terkumpul kemudian dipilah dan diatur sedemikian rupa sehingga mudah diakses. Untuk menyelesaikan tugas ini, aplikasi basis data akan menggunakan keyword, penomoran, serta tabel.

Baca juga