Pengertian AUX dan Fungsi AUX Pada Speaker Bluetooth

Auxiliary Port (AUX) adalah jenis port pada perangkat yang mengakomodasi sinyal audio untuk:

  • Pemutar MP3.
  • Headphone dan headset.
  • Mikrofon.
  • Speker.
  • Dan perangkat audio lainnya, termasuk beberapa teknologi audio yang cukup tradisional.

Pengertian AUX pada Speaker Bluetooth

Fitur AUX merupakan suatu kabel tambahan dari jack female kepada jack male. Kabel ini sangat cocok untuk Anda gunakan sebagai kabel tambahan pada saat menggunakan device berupa earphone maupun handphone yang menggunakan port dengan ukuran 3,5 mm. Kabel AUX ini memang didesain agar bisa digunakan pada hampir semua device seperti speaker, smartphone, hingga PC dan laptop.

Dapat dikatakan bahwa fitur AUX merupakan salah satu jenis koneksi tradisional. Fitur ini biasanya memiliki ukuran 3,5 mm dan sangat dapat diandalkan dikarenakan koneksinya terjadi secara langsung. Hal ini dapat membuat penggunaan dari jenis kabel ini menjadi lebih minim terhadap gangguan. Fitur AUX ini juga dapat menjadi solusi apabila head unit tidak mempunyai bluetooth.

Akan tetapi, kekurangan dari penggunaan fitur AUX ini terdapat pada jarak antara head unit dengan ponsel yang sangat tergantung pada panjang kabel. Dikarenakan fitur AUX bukan termasuk dalam produk bawaan dari ponsel, maka kabel ini harus dibeli secara terpisah. Untuk harganya cukup bervariasi mulai dari ratusan ribu rupiah hingga jutaan rupiah tergantung dengan panjang serta jenis material yang digunakan untuk membuat kabel AUX tersebut. Jenis material logam dalam kabel ini akan mempengaruhi kualitas suara yang akan dihasilkan oleh speaker.

Fungsi AUX Pada Speaker Bluetooth

Fungsi aux pada speaker bluetooth, pada dasarnya, fitur AUX ini mempunyai fungsi utama yaitu untuk menghubungkan perangkat Anda baik itu smartphone, laptop, walkman, CD player, MP3 player, dan sebagainya dengan home speaker, speaker portable, maupun sistem stereo pada mobil yang memiliki port jack 3,5 mm. Jadi apabila device dan speaker yang dituju menggunakan port jack 3,5 mm, maka dapat dipastikan pemutaran musik ataupun video melalui speaker tersebut akan berhasil.

Selain itu, fitur AUX ini juga hadir untuk membantu Anda dalam menghubungkan device atau perangkat dengan fitur lain seperti FM Transmitter dan bluetooth. Apabila handphone yang akan dipakai untuk memutar musik telah terhubung dengan speaker bluetooth melalui AUX, maka dapat dipastikan musik yang diputar akan lancar tanpa gangguan baik itu sinyal ataupun gangguan lainnya.

Masalah yang biasanya sering terjadi ketika melakukan pemutaran suara dengan speaker bluetooth yaitu adalah terjadinya suatu gangguan dalam jaringan nirkabel, sehingga membuat kualitas suara dari musik yang dikeluarkan kurang bagus.

Untuk speaker bluetooth dalam mobil, akan lebih baik lagi apabila dalam penggunaan fitur AUX ini, Anda mengoneksikan device atau perangkat dengan mobil terlebih dahulu sebelum musik diputar. Dalam hal ini hanya perlu memasukan terlebih dahulu kabel ke jack pada perangkat dengan ujung lain yang terdapat pada stopkontak di stereo mobil. Dengan ini jaringan tidak akan terputus selama kabel masih dalam keadaan terhubung.

Cara Menggunakan AUX Pada Speaker Bluetooth

Gunakan input AUX untuk menghubungkan perangkat audio langsung ke speaker Anda. Perangkat audio dengan plug output 3.5mm AUX yang kompatibel dapat dihubungkan, seperti pemutar MP3, smartphone, dan tablet.

1. Masukkan salah satu ujung kabel AUX ke input AUX di bagian bawah speaker Anda.
2. Masukkan ujung lain kabel AUX ke port output AUX pada perangkat audio Anda.
3. Putar kenop SOURCE ke AUX, lalu tekan sekali untuk mengaktifkan.

Catatan: Saat memutar musik melalui AUX, melompati lagu berikutnya atau sebelumnya hanya dapat dilakukan menggunakan kontrol pada perangkat Anda yang terhubung.

Cara Menggunakan AUX di Mobil

Seperti halnya deck kaset dan pemutar CD yang mendahului pemutar MP3, adaptor kaset telah digantikan oleh port "AUX" yang lebih efisien atau tambahan pada unit stereo mobil. Alih-alih merutekan output dari sumber audio eksternal melalui pemutar kaset stereo dan kemudian memutar stereo kasetnya, port "AUX" mengarahkan sinyal langsung ke stereo mobil untuk koneksi yang lebih bersih.

Langkah 1
Hubungkan perangkat seluler Anda ke port AUX mobil Anda menggunakan kabel audio 1/8-inch-to-1/8-inch. Colokkan salah satu ujung kabel audio ke port "headphone" pada perangkat mobile Anda dan ujung yang berlawanan ke port AUX.

Langkah 2
Tekan tombol "AUX" pada stereo mobil Anda atau alihkan tombol input untuk memilih input "AUX".

Atur volume pada perangkat seluler Anda menjadi sekitar 50 persen, kemudian mulai pemutar musik. Kontrol tingkat volume master menggunakan kontrol volume stereo mobil.

Fungsi AUX Pada Tape Mobil Beserta Cara Penggunaannya

Fungsi AUX pada tape mobil juga harus bagi kendaraan yang enggak memiliki peralatan bluetooth ataupun sebaliknya Seandainya handphone punya kendala pada bluetooth.

Menggunakan kendaraan sehari-hari enggak akan lengkap tanpa mendengarkan lagu maupun bahkan podcast.

Penyebab tape mobil tidak bersuara umumnya diakibatkan ada persoalan dengan bluetooth alat-alat Anda, atau pada kabel aux yang udah tidak berperan dengan baik ataupun ini sanggup pertanda aki mulai menipis maupun kerusakan listik pada tape.

Namun, solusi jitu untuk sanggup memutarkan lagu didalam mobil, tentunya sudah ada head unit yang memadai. Tapi terkadang lebih senang memutarkan lagu yang muncul dari smartphone.

Jika sudah begini caranya, maka butuh bantuan teknologi untuk mengkoneksikan smartphone dengan head unit mobil.

Untungnya udah ada teknologi AUX. Sungguh apa saja peranan AUX pada tape mobil?

Fungsi AUX Pada Tape Mobil

Buat yang tahu apa itu AUX, mungkin benar-benar terhitung jarang didayagunakan pada tatkala ini. Tapi terdapat ekses yang ditawarkan.

AUX adalah teknologi berbentuk kabel yang sanggup merangkaikan smartphone kawan-kawan transkerja dengan tape mobil dengan lebih cepat juga mudah.

Kabel AUX lazimnya berukuran 3,5 mm yang udah pasti layak untuk smartphone.Dengan bentuknya yang kayak kabel, maka secara kecepatan pemasangan gak akan terlalu menyulitkan. 

Layaknya kamu sedang memakai earphone di smartphone saja.

Selain itu dengan mengeksploitasi AUX maka kamu dapat lebih gampang untuk mendengarkan lagu di mobil. Alternatif lagu pun sudah pasti lebih beragam sesuai keinginan. Sebenarnya kabel AUX benar-benar terhitung teknologi lama.

Sekarang udah banyak head unit mobil yang mempunyai teknologi Bluetooth. Tetapi tidak dapat dimungkiri kalau masih berjibun head unit kendaraan yang masih belum punya Bluetooth.

Jika sudah begini maka kabel AUX ialah pilihan paling tepat.Walaupun sudah teknologi lama, ada superioritas kabel AUX yang tak dimiliki oleh Bluetooth.

Ketika sobat kepingin mendengarkan lagu, maka proses pemasangan sanggup lebih cepat. Selepas itu kualitas suara mampu lebih baik juga Seandainya material logam kabel AUX yang dipakai berkualitas.

Selain itu kabel AUX tidak terhambat dengan persoalan sinyal. Berbeda dengan Bluetooth yang sungguh-sungguh bergantung dengan kualitas sinyal.

Kelebihan kabel AUX yang terakhir ialah tidak akan memakan daya baterai smartphone terlalu tinggi sebab aplikasi yang dihidupkan hanya pemutar lagu saja.

Cara penerapan Kabel AUX

Setelah memahami fungsi AUX pada tape mobil, sekarang saatnya kawan-kawan tahu metode penggunaannya.

Dengan bentuknya yang berwujud kabel, sobat transkerja tinggal mencolokkan sisi kabel pertama  ke head unit yang kontributif penggunaan AUX. Sedangkan sisi kabel satunya lagi dicolokkan ke smartphone Anda. 

Mudah, bukan?

Sekarang kamu udah bisa mendengarkan lagu dengan nyaman tanpa harus harus terganggu masalah sinyal ataupun baterai yang cepat habis.

Namun Kalau sememangnya lebih menentukan menggunakan teknologi Bluetooth untuk menyambungkan smartphone ke head unit, itu bukanlah alternatif yang salah.

Paling berarti adalah sahabat mampu memiliki mobil dengan head unit yang sudah terpasang teknologi Bluetooth.

Apa fungsi AUX pada speaker?

Perangkat Auxilary-In (Aux-In) merupakan metode paling lama yang dipasang pabrikan untuk menyambungkan sinyal audio antar alat-alat audio ke HU (head unit).

Karena menggunakan kabel, maka sebutannya yakni kabel Aux-In yang lazimnya banyak dikenakan dan termuat pada mobil era tahun 2000-an awal. Kala itu kabel Aux-In berlimpah diperlukan untuk beragam peranti audio semacam ponsel, MP3 player, hingga portable music player. Walau sudah jadul, faktanya sampai sekarang masih melimpah pabrikan yang menggunakan kabel Aux-In.

Aux-In (auxiliary-in) merupakan soket audio berbentuk 3,5 mm yang menyatukan beragam perkakas untuk pengiriman sinyal audio. Melalui bantuan kabel, sinyal audio dikirim dari satu perkakas audio mendatangi perangkat audio lainnya.

Andaikata dari smartphone mendatangi head unit sistem audio mobil secara cepat juga mudah, layaknya sedang memakai earphone pada smartphone. Secara awam, teknik memakai kabel Aux-In tinggal mencolokkan satu ujung kabel ke lubang Aux-In pada head unit serta ujung kabel satunya lagi dicolokkan ke smartphone. Mudah, bukan?

Apa perbedaan antara line input dan aux input?

Baik line input maupun aux input atau semacam pentransfer sinyal yang memiliki banyak variasi.

Kita dapat menemukan beberapa perbedaan antara line input dan aux input untuk mengetahuinya, silahkan melanjutkan membaca artikel ini.

Line input

Input ini mudah dibuat terutama untuk leveling sinyal yang harus dirancang khusus untuk saluran. Beberapa mikrofon akan diproduksi pada sinyal mikrofon tingkat rendah.

Saat menggunakan line input, itu adalah konektor ¼ Inci.

Keseimbangan line input akan terus berubah berdasarkan mixer. Sinyal yang dihasilkan line input lebih tinggi jika dibandingkan dengan sinyal level mikrofon lainnya dan selain itu kita tidak memerlukan amplifikasi apa pun untuk efek yang lebih baik.

Line-level input ini dapat menangani segala jenis sinyal level tinggi yang bertindak lebih baik daripada Mic lainnya.

Aux input

Saat kita mengambil perbedaan line input dan input aux, input aux akan memberi kita banyak manfaat.

Ini terutama digunakan untuk peralatan audio yang akan menerima sumber suara periferal yang mencakup musik digital dan juga speaker audio.

Auxiliary input ini dalam istilah lain dapat dikatakan sebagai jack tambahan dan juga port tambahan.

Auxiliary input ini sangat membantu kita secara luas dan juga ini paling trending di pasaran juga karena ini memberikan banyak hiburan yang dapat ditempatkan di kendaraan kita.

Perjalanan berkendara dibuat menjadi perjalanan yang memesona karena auxiliary input ini. Ini akan memberi kita getaran positif dan juga ketika kita menggunakannya, ini akan membawa ke alam semesta yang berbeda karena efek suaranya akan jauh lebih murni dan juga jernih.

Kualitas audio dan juga kenyamanan adalah hal terpenting yang harus di perhatikan saat masuk ke auxiliary input. Jika keduanya diatur pada fase yang tepat maka ini akan memberi pengalaman yang sangat bagus.

Ini adalah beberapa perbedaan penting dan juga sederhana antara line input dan input aux, kita dapat mencoba salah satu yang menurut kita akan memberi kenyamanan terbaik dan juga tidak perlu khawatir tentang kisaran biaya karena dimulai dari yang murah.

Auxiliary Port (AUX) Pada PC

Jika kita mencolokkan speaker atau mikrofon atau headset ke perangkat utama, dengan kemungkinan pengecualian beberapa jenis pengaturan USB, kita biasanya menyambungkan melalui apa yang di sebut port tambahan atau Auxiliary Port (AUX).

Port komputer 1 (COM1) pada PC tradisional biasanya dikonfigurasi sebagai port tambahan audio. yang merupakan port serial pertama dengan penetapan prakonfigurasi untuk perangkat serial.

Standarisasi RS-232 berlaku untuk berbagai lampiran audio PC, banyak di antaranya dikonversi ke jack audio standar 3,5 mm atau “1/8 inci” pada banyak perangkat keras periferal.

Umumnya, penggunaan port audio ini memerlukan berbagai jenis adaptor dan alat kelengkapan untuk kompatibilitas mundur karena komponen sistem berevolusi dari banyak produsen yang berbeda.

Berikut ini lebih lanjut tentang bagaimana jenis sistem ini bekerja pada platform PC tradisional: desain umum melibatkan konfigurasi sumber daya sistem pada PC di mana rekayasanya memilih ini untuk setiap port, yaitu: COM1, COM2, COM3, COM4, dll.

Setiap lokasi COM memiliki alamat permintaan interupsi (IRQ) dan input/output (I/O).

Alamat IRQ adalah sinyal yang dikirim dari perangkat ke unit pemrosesan pusat atau central processing unit (CPU) yang menentukan suatu peristiwa, seperti sinyal audio yang dimulai atau dihentikan.

Baru-baru ini, port auxiliary dan jack auxiliary menjadi penting untuk distribusi musik digital secara luas, melalui speaker rumah atau mobil, atau langsung dari perangkat. Jadi jack auxiliary dan port yang sesuai menjadi sangat berguna bagi pengguna.

Hal ini terutama berlaku di dunia ponsel cerdas, di mana colokan auxiliary tunggal menyediakan begitu banyak kegunaan yang berbeda, misalnya, menonton film atau program televisi dengan audio berkualitas tinggi langsung ke headphone, memutar musik melalui headphone, berpartisipasi dalam panggilan konferensi melalui headset, dll.