Pengertian AUX dan Fungsi AUX Pada Speaker Bluetooth

Pengertian AUX dan Fungsi AUX Pada Speaker Bluetooth - Pengertian AUX pada Speaker Bluetooth Fitur AUX merupakan suatu kabel tambahan dari jack female kepada jack male. Kabel ini sangat cocok u...

Pengertian AUX pada Speaker Bluetooth

Fitur AUX merupakan suatu kabel tambahan dari jack female kepada jack male. Kabel ini sangat cocok untuk Anda gunakan sebagai kabel tambahan pada saat menggunakan device berupa earphone maupun handphone yang menggunakan port dengan ukuran 3,5 mm. Kabel AUX ini memang didesain agar bisa digunakan pada hampir semua device seperti speaker, smartphone, hingga PC dan laptop.

Dapat dikatakan bahwa fitur AUX merupakan salah satu jenis koneksi tradisional. Fitur ini biasanya memiliki ukuran 3,5 mm dan sangat dapat diandalkan dikarenakan koneksinya terjadi secara langsung. Hal ini dapat membuat penggunaan dari jenis kabel ini menjadi lebih minim terhadap gangguan. Fitur AUX ini juga dapat menjadi solusi apabila head unit tidak mempunyai bluetooth.

Akan tetapi, kekurangan dari penggunaan fitur AUX ini terdapat pada jarak antara head unit dengan ponsel yang sangat tergantung pada panjang kabel. Dikarenakan fitur AUX bukan termasuk dalam produk bawaan dari ponsel, maka kabel ini harus dibeli secara terpisah. Untuk harganya cukup bervariasi mulai dari ratusan ribu rupiah hingga jutaan rupiah tergantung dengan panjang serta jenis material yang digunakan untuk membuat kabel AUX tersebut. Jenis material logam dalam kabel ini akan mempengaruhi kualitas suara yang akan dihasilkan oleh speaker.

Fungsi AUX Pada Speaker Bluetooth

Fungsi aux pada speaker bluetooth, pada dasarnya, fitur AUX ini mempunyai fungsi utama yaitu untuk menghubungkan perangkat Anda baik itu smartphone, laptop, walkman, CD player, MP3 player, dan sebagainya dengan home speaker, speaker portable, maupun sistem stereo pada mobil yang memiliki port jack 3,5 mm. Jadi apabila device dan speaker yang dituju menggunakan port jack 3,5 mm, maka dapat dipastikan pemutaran musik ataupun video melalui speaker tersebut akan berhasil.

Selain itu, fitur AUX ini juga hadir untuk membantu Anda dalam menghubungkan device atau perangkat dengan fitur lain seperti FM Transmitter dan bluetooth. Apabila handphone yang akan dipakai untuk memutar musik telah terhubung dengan speaker bluetooth melalui AUX, maka dapat dipastikan musik yang diputar akan lancar tanpa gangguan baik itu sinyal ataupun gangguan lainnya.

Masalah yang biasanya sering terjadi ketika melakukan pemutaran suara dengan speaker bluetooth yaitu adalah terjadinya suatu gangguan dalam jaringan nirkabel, sehingga membuat kualitas suara dari musik yang dikeluarkan kurang bagus.

Untuk speaker bluetooth dalam mobil, akan lebih baik lagi apabila dalam penggunaan fitur AUX ini, Anda mengoneksikan device atau perangkat dengan mobil terlebih dahulu sebelum musik diputar. Dalam hal ini hanya perlu memasukan terlebih dahulu kabel ke jack pada perangkat dengan ujung lain yang terdapat pada stopkontak di stereo mobil. Dengan ini jaringan tidak akan terputus selama kabel masih dalam keadaan terhubung.

Cara Menggunakan AUX Pada Speaker Bluetooth

Gunakan input AUX untuk menghubungkan perangkat audio langsung ke speaker Anda. Perangkat audio dengan plug output 3.5mm AUX yang kompatibel dapat dihubungkan, seperti pemutar MP3, smartphone, dan tablet.

1. Masukkan salah satu ujung kabel AUX ke input AUX di bagian bawah speaker Anda.
2. Masukkan ujung lain kabel AUX ke port output AUX pada perangkat audio Anda.
3. Putar kenop SOURCE ke AUX, lalu tekan sekali untuk mengaktifkan.

Catatan: Saat memutar musik melalui AUX, melompati lagu berikutnya atau sebelumnya hanya dapat dilakukan menggunakan kontrol pada perangkat Anda yang terhubung.

Cara Menggunakan AUX di Mobil

Seperti halnya deck kaset dan pemutar CD yang mendahului pemutar MP3, adaptor kaset telah digantikan oleh port "AUX" yang lebih efisien atau tambahan pada unit stereo mobil. Alih-alih merutekan output dari sumber audio eksternal melalui pemutar kaset stereo dan kemudian memutar stereo kasetnya, port "AUX" mengarahkan sinyal langsung ke stereo mobil untuk koneksi yang lebih bersih.

Langkah 1
Hubungkan perangkat seluler Anda ke port AUX mobil Anda menggunakan kabel audio 1/8-inch-to-1/8-inch. Colokkan salah satu ujung kabel audio ke port "headphone" pada perangkat mobile Anda dan ujung yang berlawanan ke port AUX.

Langkah 2
Tekan tombol "AUX" pada stereo mobil Anda atau alihkan tombol input untuk memilih input "AUX".

Atur volume pada perangkat seluler Anda menjadi sekitar 50 persen, kemudian mulai pemutar musik. Kontrol tingkat volume master menggunakan kontrol volume stereo mobil.
Newer Post Older Post Home Jasa Content Placement