Pengertian AC Mobil dan Fungsi AC Mobil

Pengertian AC Mobil dan Fungsi AC Mobil - Automobile air conditioning (juga disebut AC) adalah sebuah pendingin udara untuk mendinginkan suhu udara di dalam kendaraan. Sejarah AC Mobil Sebuah perusahaan di New York City di Amerika Serika…

Automobile air conditioning (juga disebut AC) adalah sebuah pendingin udara untuk mendinginkan suhu udara di dalam kendaraan.

Sejarah AC Mobil

Sebuah perusahaan di New York City di Amerika Serikat pertama kali menawarkan pemasangan AC untuk mobil pada tahun 1933. Sebagian besar pelanggan mereka mengoperasikan limusin dan mobil mewah. Pada tahun 1939, Packard menjadi produsen mobil pertama yang menawarkan unit pendingin udara di mobilnya. Ini diproduksi oleh Bishop dan Babcock Co, dari Cleveland, Ohio. "Bishop and Babcock Weather Conditioner" juga dilengkapi pemanas. Mobil yang dipesan dengan "Weather Conditioner" baru dikirim dari fasilitas East Grand Boulevard Packard ke pabrik B&B di mana konversi dilakukan. Setelah selesai, mobil dikirim ke dealer setempat tempat pelanggan akan menerima pengiriman.

Pengertian AC Mobil

Sudah banyak pengertian tentang AC mobil yang dijabarkan oleh banyak orang. AC mobil pada umumnya merupakan suatu komponen yang bertugas sebagai penyejuk ruangan di dalam mobil. AC tentunya mengandung freon yang dapat mengatur sejuknya suatu udara dalam ruangan. Freon atau gas penyejuk pada ac biasanya memiliki kapasitas yang lebih rendah dibandingkan dengan pendingin pada kulkas ataupun AC pada ruangan. Meski memiliki kapasitas freon yang lebih rendah, namun AC mobil tetap memberikan hawa yang cukup bagi para pengendara ketika berada di dalam mobil.

Pengetahuan tentang AC mobil memang sangatlah penting untuk diketahui. AC mobil pada dasarnya memiliki 5 komponen utama yang berfungsi sebagai penggerak AC tersebut. Komponen-komponen tersebut antara lain compressor, condensor, filter dryer, ekspansi valpe, dan evaporator. Compressor merupakan mesin pemompa freon yang berfungsi sebagai penggerak dari sistem AC tersebut. Kemudian ada condensor yang berfungsi sebagai penyerap panas serta pendingin ruang. Filter dryer berfungsi sebagai tempat penampungan dan penyaring cairan yang telah di proses pada tempat sebelumnya. Yang terakhir evaporator yang berfungsi sebagai proses akhir dan menghasilkan udara dingin untuk ruangan.

Fungsi AC Mobil

Banyak hal seputar AC mobil yang harus diketahui oleh para pengendara dan pemilik mobil. Beberapa fungsi AC mobil antara lain.

1. Penyejuk kabin mobil

Fungsi AC Mobil yang paling utama adalah sebagai penyejuk kabin dalam mobil. Dengan adanya AC mobil, pengendara akan merasa lebih nikmat dalam berkendara. Selain itu, pemasangan AC mobil juga sangat cocok bagi pengendara yang sudah merasakan panas terik matahari dari luar. Sejuk dari AC juga akan membuat para pengendara menjadi lebih rileks dalam berkendara. Keberadaan AC mobil sangat dibutuhkan peranannya apalagi untuk negara dengan cuaca dan hawa tropis seperti di Indonesia.

2. Pemberi kenyamanan berkendara

Selain sebagai penyejuk ruangan, AC mobil juga bisa menjadi pemberi kenyamanan berkendara bagi para pemakainya. Dengan nyamannya berkendara, pastinya akan pembuat para pengendara lebih fokus dalam mengendarai mobil dan tentu akan mengurangi resiko tingkat kecelakaan. Selain itu, rasa nyaman yang ditimbulkan oleh AC mobil juga akan mengurangi para pengendara. Rasa nyaman bagi para pengendara juga merupakan yang paling penting peranannya.

3. Penetral cuaca luar

Selain kedua fungsi diatas, masih banyak juga fungsi AC mobil lainnya. salah satu fungsi lainnya adalah sebagai penetral cuaca luar. Pastinya jika dalam keadaan hujan akan membuat kabin dalam mobil jauh lebih terasa pengap dan panas. Dengan adanya AC mobil bisa menjadi penyejuk ruangan kabin saat cuaca dan kondisi luar sedang tidak mendukung. Hujan deras jika tanpa AC mobil akan cukup merepotkan. Di satu sisi kamu tidak bisa membuka jendela karena takut air hujan masuk dan membasahi kabin mobil.

Komponen ac mobil

Unsur mekanikal merupakan seluruh bagian dari keseluruhan pada AC mobil yang diketahui didalam sistem AC. diantara lain yakni Receiver drier, Ekspansi Valve, Heater, kompressor AC, kondensor AC, High Low Pressure Switch dan juga evaporator dan blower AC. Berikut akan dijelaskan unsur dan cara kerjanya.

1. Kompressor
Cara kerja dari keseluruhan kompressor pada ac mobil merupakan menghisap gas freon dari dalam evaporator yang memiliki tekanan dan temperatur rendah dan kemudian disalurkan yakni berwujud cair yang bertekanan dan bertemperatur tinggi ke bagian anasir kondensor AC. Di dalam kompresor AC tersemat oli khusus yang berbeban kerja jadi pelumas untuk memperlancar kinerja pada mesin kompressor.

2. Kondensor
Selanjutnya cara kerja dari kondensor ialah merubah gas Freon yang mempunyai tekanan dan temperatur tinggi yang telah dipompa oleh kompressor yaitu cair. Dengan cara menyejukkan atau membuang hawa panas dari gas Freon tadi dengan kontribusi dari extra fan atau motor fan condenssor.

3. Receiver Drier atau Filter Drier
Dilihat dari namanya adalah Filter Drier mempunyai pekerjaan untuk menyaring partikel-partikel halus yang ada didalam sistem serta menyerap kandungan dari uap air yang ada dalam Freon.

Freon cair yang mengucuri masuk ke inlet receiver dryer meniti filter dari kondensor AC. Namun tidak semua jenis AC mobil yang membutuhkan Receiver Drier, karena proses pendinginan yang baik terjadi pada kondensor AC itu sendiri.

4. Ekspansi valve
Ekspansi valve ialah saluran sempit yang merupakan tempat melinanginya Freon cair bertekanan tinggi dari receiver dryer menuju evaporator. Dan fungsi lain dari ekspansi velve yaitu untuk menyusun banyaknya jumlah freon yang dialirkan ke dalam evaporator yang sebanding dengan kebutuhan. Didalam Ekspansi Velve ini Terjadi pula proses pengabutan Freon cair akibatnya mudah menguap dan dinginya terserap dalam kisi kisi evaporator.

5. Evaporator
elemen Evaporator ini mempunyai fungsi untuk menyerap hawa dingin dari seluruh proses yang telah dilalui kemudian akan di hembuskan atau dikeluarkan oleh blower efeknya hawa dingin tersebut menyebar keseluruh kabin mobil.

6. Heater
Selain untuk menyejukkan udara, didalam anggota AC mobil didapati Heater yang berperan kerja untuk memanaskan udara ketika angin yang dihembuskan oleh blower melintasi heater. Heater mendapati panas yang berawal dari saluran radiator pada mesin mobil. elemen Heater pada AC mobil sering ditemukan pada mobil dari Negara yang mempunyai suhu udara dingin efeknya bertugas jadi penghangat di dalam kabin mobil.

7. High Low Pressure switch
High pressure switch memliki tugas ialah untuk memproteksi anggota AC mobil ketika adanya tekanan yang melebihi batasan maksimum (biasanya diatas 450 psi) dengan cara menghentikan aliran listrik yang akan menuju ke dalam kompressor akibatnya kompressor pada AC akan berhenti bertugas.

Sedangkan keharusan dari low pressure switch ini ialah mempersembahkan proteksi mengarah ke kerusakan pada kompressor yang diakibatkan oleh kosongnya gas freon yang mungkin terjadi karena ditemukan kebocoran. low pressure switch ini akan secara otomatis memutuskan aliran listrik yang menuju kedalam kompressor akibatnya kompressor akan mati.

8. Selang dan Pipa
peran dari selang dan pipa adalah suatu penghubung dan penghantar tekanan freon keseluruh bagian anasir ac mobil, selang dibuat dari bahan karet syntetis yang dibuat supaya tahan menuju tekanan suhu tinggi dan tahan mengarah ke kandungan kimia dari refrigerant sedangkan untuk pipa ac terbuat dari bahan  : aluminium atau tembaga atau juga ada yang terbuat dari besi.
Newer Post Older Post Home Jasa Content Placement