Buah naga adalah buah yang menakjubkan yang ditemukan dalam beberapa warna. Kulit dapat bervariasi dari magenta yang dalam hingga merah muda saat dagingnya berwarna putih atau merah. Ada juga variasi dengan kulit kuning dan daging putih. Buah naga terlihat hampir seolah-olah memiliki sisik atau sirip, sedikit seperti artichoke.

Ini juga dikenal sebagai pitaya, pitahaya, atau pir stroberi - semua nama umum dari buah yang diproduksi oleh beberapa spesies yang berbeda dalam keluarga kaktus ( Cactaceae ). Buahnya tumbuh di pohon anggur dengan bunga yang dapat dimakan yang hanya mekar di malam hari.

Ini asli ke Meksiko Selatan dan Amerika Tengah dan diperkirakan telah dibawa ke Asia Tenggara oleh Perancis sekitar 1860. Sekarang tumbuh di seluruh dunia di daerah tropis dan subtropis.

Secara historis, setidaknya satu spesies telah menjadi sumber makanan penting bagi beberapa suku penduduk asli Amerika. Saat ini dinikmati di dunia kuliner karena keunikannya dan mudah dikenali di supermarket.

Di antara banyak spesies buah naga, yang paling umum Anda akan temukan disebut pitaya merah ( Hylocereus undatus ) - merah muda di bagian luar dengan daging putih di bagian dalam. Sebagian besar penelitian berfokus pada varietas daging merah , yang disebut buah naga merah dan sekarang juga biasa dijual sebagai kubus beku, seukuran gigitan.

Bukti menunjukkan ia memiliki banyak manfaat kesehatan karena antioksidan dan nutrisi yang ada pada buah naga.

Manfaat Kesehatan Buah Naga

Manfaat Buah Naga

1. Manfaat Diet Buah Naga

Buah naga untuk diet sangat cocok karena buah naga kaya serat yang tidak hanya membantu kenyang tetapi serat ini juga membantu menstabilkan kadar gula darah yang mencegah ngidam dan dapat mencegah produksi insulin berlebih yang mendorong kenaikan berat badan. Oleh karenanya, banyak pengguna melaporkan manfaat dalam mencoba menurunkan berat badan dengan diet buah naga.

Bagi Anda yang ingin mendapatkan hasil cepat dari program diet Anda, Anda dapat mengkonsumsi buah naga terlebih dahulu sebelum makan. Ketahuilah bahwa, kandungan nutrisi buah naga tidak hanya baik untuk menambah nutrisi ke tubuh Anda tetapi juga mampu membakar lemak lebih efektif dan efisien.

Dengan efektivitasnya membakar lemak, dari buah naga sangat baik untuk menurunkan berat badan Anda. Ini sangat baik bagi Anda yang menginginkan tubuh langsing dan sehat.

2. Manfaat Buah Naga Untuk Sarapan

Buah naga mengandung serat makanan dalam jumlah sangat tinggi, sehingga bermanfaat bagi kesehatan pencernaan. Mereka juga mengandung oligosakarida yang bertindak sebagai prebiotik dan meningkatkan pertumbuhan bakteri menguntungkan untuk usus yang sehat. Untuk alasan ini, buah naga adalah buah yang ideal untuk digunakan dalam mangkuk sarapan atau smoothie pagi.

3. Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan

Manfaat buah naga untuk tubuh karena memiliki jumlah fitonutrien yang mengejutkan. Buah naga kaya akan antioksidan, mereka mengandung vitamin C (setara dengan 10% dari nilai harian), asam lemak tak jenuh ganda (baik), dan beberapa vitamin B untuk metabolisme karbohidrat, serta karoten dan protein. Kalsium hadir untuk tulang dan gigi yang kuat, zat besi dan fosfor untuk pembentukan darah dan jaringan yang sehat. Manfaatnya diwujudkan dalam beberapa cara, dari sistem kekebalan yang diperkuat dan penyembuhan luka dan pukulan yang cepat, hingga pengurangan masalah pernapasan.

Buah naga memiliki vitamin B1 (thiamin) dan vitamin B. Kandungan buah naga lainnya ialah phytochemical, yang digunakan sebagai obat untuk mengobati masalah jantung, juga hadir dalam buah ini, dan minyak dalam biji beroperasi sebagai pencahar ringan.

Biji Buah Naga kaya akan lemak tak jenuh ganda ( asam lemak omega-3 dan omega-6) yang mengurangi trigliserida dan menurunkan risiko masalah kardiovaskular. Makan buah naga dapat membantu tubuh mempertahankan fungsi normal seperti membuang racun logam berat dan meningkatkan penglihatan. Likopen, yang bertanggung jawab atas warna merah buah, telah dikaitkan dengan pengurangan kanker prostat.

Studi terperinci dilakukan untuk menentukan hubungan antara diet sehat buah-buahan dan sayuran, aktivitas fisik sepanjang hidup, dan kerusakan DNA oksidatif dengan kanker prostat. Banyak rincian diperhitungkan, seperti fakta bahwa pria berusia antara 45 dan 50 tahun yang tidak melakukan aktivitas fisik memiliki risiko kanker prostat tiga kali lipat lebih tinggi. Kesimpulannya adalah bahwa diet buah dan sayuran segar, terutama yang mengandung likopen, seperti buah naga, dan olahraga, melindungi terhadap penyakit ini.

Karena akses ke informasi tentang buah-buahan tropis terbatas, satu penelitian mengeksplorasi secara positif kemampuan buah-buahan tropis, seperti buah naga, untuk menghambat sitokrom P450 manusia, yang sangat diekspresikan dalam hati, tetapi juga ada di jaringan lain seperti usus kecil, paru-paru dan ginjal, dan terutama terkait dengan glaukoma bawaan.

4. Manfaat Buah Naga Untuk Kecantikan

Manfaat buah naga untuk kecantikan ternyata buah ini, seperti yang mereka tahu, mengandung banyak antioksidan yang diperlukan untuk melawan radikal bebas, yang pada gilirannya membantu memperlambat proses penuaan.

Juga di ketahui bahwa buah naga mengandung kadar tinggi vitamin C dan B dan elemen penting lainnya untuk menjaga kondisi, fleksibilitas, dan kekencangan kulit yang baik. Manfaat buah naga untuk kecantikan dapat diperoleh dengan mengonsumsi buah atau bahkan mengoleskannya sebagai masker wajah.

Buah Naga penuh dengan antioksidan yang mengurangi oksidasi dan melawan kerusakan akibat radikal bebas, yang pada gilirannya dapat membantu memperlambat beberapa tanda penuaan yang paling umum. Buah naga mengandung fosfor tingkat tinggi, yang merupakan mineral yang ditemukan di setiap sel tubuh. Mineral ini memainkan peran penting dalam regenerasi sel, juga membantu mencegah penuaan dini dan mempromosikan kulit yang sehat, bercahaya dan awet muda.

5. Manfaat Buah Naga Untuk Jantung

Studi telah menunjukkan bahwa diet tinggi antioksidan dapat membantu mencegah penyakit kronis seperti penyakit jantung dan radang sendi. Betalains, vitamin C, dan karotenoid yang ditemukan dalam buah naga semuanya meningkatkan kesehatan tubuh.

Antioksidan yang ditemukan dalam buah naga membantu memerangi radikal bebas. Penelitian juga menunjukkan bahwa betalain yang ditemukan dalam buah naga membantu melawan stres oksidatif dan mungkin memiliki kemampuan menekan sel kanker. Penelitian telah menunjukkan bahwa karotenoid; beta-karoten dan likopen, ditemukan di dalam pigmen buah naga, telah di kaitkan dengan penurunan risiko kanker dan penyakit jantung.

Buah naga memberikan dosis lemak tak jenuh tunggal yang layak, yang dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dan menjaga kesehatan jantung. Buah ini juga mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6, yang memainkan peran penting dalam mengurangi trigliserida dan dapat membantu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

6. Manfaat Buah Naga Untuk Diabetes

Penderita diabetes harus berpikir dua kali sebelum menikmati suguhan buah favorit mereka. Buah-buahan yang bergizi tetapi indeks glikemiknya tinggi seperti pisang, nanas dan semangka memiliki reputasi yang meragukan karena menyebabkan peningkatan kadar gula darah.

Tetapi dosis buah yang baik penting bagi penderita diabetes dari sudut pandang kesehatan umum. Buah-buahan menyediakan zat gizi mikro dan serat yang penting, yang menjaga tubuh tetap sehat.

Alih-alih menghilangkan mereka sepenuhnya dari diet mereka, penderita diabetes harus mencoba memasukkan buah glikemik rendah dan menengah seperti apel, stroberi dan jeruk dalam makanan mereka. Salah satu buah terbaik untuk penderita diabetes adalah buah naga untuk diabetes. Ini adalah beberapa manfaat kesehatan lainnya dari buah naga.

Buah naga yang terlihat eksotis ini milik spesies kaktus dan merupakan tanaman asli Amerika. Itu juga cukup populer di negara-negara Asia seperti Thailand, di mana ia dikenal sebagai pitaya. Beberapa penelitian telah menemukan bahwa buah ini dengan rasa asam dapat bermanfaat bagi penderita diabetes karena profil nutrisinya yang kaya.

Buah naga sangat bergizi, beberapa penelitian juga mempertimbangkan menggunakannya sebagai pengobatan yang mungkin untuk diabetes. Karena buah naga ini adalah buah serbaguna, penderita diabetes dapat memakannya mentah sebagai bagian dari salad. Mereka yang sedang menuju penurunan berat badan juga bisa mendapatkan manfaat dari kandungan seratnya yang tinggi dengan memasukkannya ke dalam makanan harian mereka.

7. Khasiat Buah Naga Untuk Bayi

Khasiat buah naga mengandung banyak nutrisi penting seperti Vitamin A, B1, B2, B3 dan C, Zat Besi dan kalsium. Mereka juga kaya serat yang meningkatkan pergerakan usus menjadikannya pilihan yang baik untuk diperkenalkan kepada bayi Anda. Meskipun disarankan untuk menunggu hingga satu tahun, beberapa ibu memperkenalkan buah naga untuk bayi 7 bulan mereka dan mereka menanganinya dengan baik kecuali mereka alergi.

Khasiat buah naga untuk bayi karena buah naga kaya akan antioksidan. Mereka melindungi sel-sel bayi Anda dan membantu menghindari kerusakan pada tubuh. Ini juga meningkatkan kekebalan mereka dan mereka kurang rentan terhadap penyakit.

8. Manfaat Buah Naga Untuk Bayi 6 Bulan

Jika Anda bertanya tanya apakah bisa memberikan buah naga untuk bayi 6 bulan, buah naga merah untuk bayi 6 bulan, atau buah naga untuk bayi 6 bulan, atau buah naga untuk bayi berapa bulan? Mulailah dengan buah naga hanya setelah 7 bulan atau berikan buah naga untuk bayi 8 bulan atau 9 bulan. Ada kalanya buah naga yang sulit dihaluskan akan menjadi masalah bagi sang bayi. Setelah bayi Anda mulai mendapatkan gigi, Anda dapat memulainya. Untuk saat ini Anda dapat memberi makan buah-buahan bayi seperti pisang.

9. Buah Naga Untuk Asam Lambung

Buah naga bisa mencegah kadar asam lambung meninggi. Hal ini dikarenakan buah naga mengandung kalium yang bisa menjaga pH pada lambung, sehingga kadar asam lambung akan tetap seimbang.