FTP server adalah hal yang populer, dan banyak perusahaan menggunakan protokol ini untuk bertukar file, tanpa pertanyaan, apa kelebihan dan kekurangan ftp server?

Kelebihan dan Kekurangan FTP server

Baik Anda menjalankan firma hukum yang perlu mengirim data kasus dalam jumlah besar secara internal atau Anda bekerja di perusahaan layanan kesehatan yang membutuhkan cara aman untuk berbagi data pasien, transfer file adalah bagian besar dari aktivitas kerja harian Anda.

Tetapi, memilih metode terbaik untuk transfer file tidak mudah. Ada banyak opsi di luar sana, dari sekadar mengirim file melalui email ke rekan kerja atau klien hingga menggunakan metode yang lebih canggih seperti FTP (file transfer protocol). FTP server, seperti solusi lain memiliki kelemahan dan manfaatnya, jadi penting bagi Anda untuk memahami FTP server sepenuhnya sebelum membuat keputusan.

Hari ini, setelah berbicara dengan banyak pelanggan, tim transkerja.com menemukan bahwa beberapa bisnis sering menyelidiki kelebihan dan kekurangan FTP server. Secara khusus, apakah FTP server merupakan solusi yang tepat untuk mentransfer file klien atau bisnis yang besar? Atau sudah waktunya untuk memutakhirkan server legacy FTP itu karena risiko keamanan yang melekat? Mari kita uraikan kelebihan dan kekurangan FTP server.

Kelebihan dan Kekurangan FTP Server

6 Kekurangan FTP server

Sebelum Anda dapat menentukan apakah FTP server adalah cara terbaik bagi bisnis Anda untuk mentransfer data, Anda perlu tahu apa kelemahan menggunakan protokol ini. Mari simak dibawah ini.

1. FTP Tidak Memiliki Keamanan

FTP pada dasarnya adalah cara yang tidak aman untuk mentransfer data. Ketika file dikirim menggunakan protokol ini, data, nama pengguna, dan kata sandi semuanya dibagikan dalam teks biasa, yang berarti seorang peretas dapat mengakses informasi ini dengan sedikit atau tanpa usaha. Agar data aman, Anda perlu menggunakan versi FTP yang ditingkatkan seperti FTPS atau SFTP.

2. Tidak Semua Vendor Diciptakan Sama

Untuk mengatasi masalah kerentanan keamanan, bisnis beralih ke solusi FTP yang di-host yang dikelola oleh vendor. Sayangnya, tidak semua vendor bertahan untuk menguji keamanan yang diperlukan, hal ini menjadikannya tantangan untuk memilih yang tepat. Setiap pesaing menawarkan serangkaian fitur mereka sendiri, dan banyak yang tidak memiliki fitur yang sebenarnya Anda butuhkan seperti kontrol akses, keamanan, kemudahan penggunaan, opsi harga, dll.

3. Enkripsi bukan yang Diberikan

Meskipun Anda dapat menemukan vendor yang menawarkan enkripsi data, ada banyak yang gagal. FTP saja tidak menyediakan enkripsi apa pun, itulah sebabnya data yang ditransfer sangat mudah disadap. Dan, ketika Anda mencari penyedia FTP, Anda akan melihat bahwa enkripsi tidak selalu ditawarkan atau ditegakkan. Untuk bisnis yang menggunakan data sensitif seperti data pembayaran kartu atau ePHI (electronic protected health information), maka FTP dengan enkripsi adalah solusi untuk Anda.

4. FTP bisa rentan terhadap serangan

Jika Anda memilih vendor yang salah, Anda mungkin terjebak dengan solusi FTP server yang tidak melindungi data Anda, membuat Anda rentan terhadap taktik peretas seperti serangan brute force atau serangan spoofing. Serangan brute force digunakan oleh peretas untuk membobol dengan menelusuri ribuan kemungkinan nama pengguna dan kata sandi dalam hitungan detik. Akhirnya, mereka dapat masuk di kombinasi kata sandi / nama pengguna.

FTP juga rentan terhadap serangan spoofing, di mana peretas berperan sebagai pengguna atau perangkat yang sah di jaringan. Salah satu taktik spoofing yang umum adalah serangan man-in-the-middle. Jika Anda menggunakan jaringan Wi-Fi publik di kedai kopi, seorang peretas dapat berperan sebagai jaringan dan mencegat data Anda. Bergantung pada jenis vendor FTP yang Anda pilih, Anda bisa rentan terhadap serangan brute force atau spoofing.

5. Masalah Kepatuhan

Anda juga harus memperhatikan kepatuhan saat menggunakan FTP server untuk mengirim file. FTP sendiri atau menggunakan vendor FTP server dengan keamanan yang tidak memadai dapat membuat bisnis Anda berisiko terkena denda ketidakpatuhan. Jika peraturan kepatuhan seperti HIPAA, ITAR, PCI-DSS, SOX, atau GLBA berlaku untuk perusahaan Anda, Anda mungkin kesulitan menemukan solusi FTP server yang membantu Anda tetap patuh. Kurangnya enkripsi memainkan peran besar dalam ketidakpatuhan dan sangat penting bagi Anda untuk menemukan solusi yang memenuhi kebutuhan kepatuhan Anda.

6. Sulit Memantau Aktivitas

Sebelum Anda bermitra dengan vendor FTP server, Anda perlu memikirkan persyaratan pelaporan untuk perusahaan Anda. Dengan banyak solusi FTP server, Anda akan menghadapi ketidakmampuan untuk melacak atau inkonsistensi dalam melacak apa yang telah diunggah pada sistem jarak jauh. Jadi, jika file salah penanganan atau terjadi pelanggaran data, Anda mungkin kesulitan melacak sumber masalahnya. Banyak opsi FTP server tidak memiliki kontrol akses yang diperlukan untuk memastikan karyawan Anda sejajar dengan praktik terbaik berbagi file.

Semua kelemahan menggunakan FTP server ini dapat diatasi dengan memilih penyedia FTP server yang tepat. Ketika Anda melakukannya, Anda akan menghindari kerugian ini dan menuai keuntungan FTP server berikut di bawah ini.

5 Kelebihan FTP server

Saat Anda mencari cara terbaik untuk berbagi file, ingatlah keuntungan-keuntungan berikut dari FTP server ini.

1. FTP server mampu Transfer File Besar

Bagi banyak perusahaan, kebutuhan transfer file Anda melebihi mengirim satu dokumen Microsoft Word sekaligus. Anda mungkin perlu mengirim ratusan gigabyte data sekaligus. FTP server dengan mudah memfasilitasi transfer besar itu, dan Anda juga mendapat manfaat dari peningkatan transfer file.

2. Alur Kerja Ditingkatkan

Dengan menggunakan FTP server, Anda dapat mentransfer banyak direktori sekaligus. Jika Anda secara teratur mentransfer file, Anda tahu betapa menguntungkannya fitur ini. Alih-alih mengirim file tunggal atau bahkan direktori tunggal sekaligus, Anda dapat mengirim banyak direktori sekaligus. Anda dapat terus bekerja saat transfer selesai, dan Anda dapat melakukan transfer ini lebih cepat.

3. Transfer file dapat dilanjutkan

Jika transfer file Anda terputus, Anda tidak perlu khawatir kehilangan progres. Dengan FTP server, Anda dapat melanjutkan transfer file yang terputus jika koneksi Anda terputus. Ambil di mana Anda tinggalkan tanpa memulai kembali transfer dari awal.

4. Transfer file dapat Dijadwalkan

Apakah Anda bosan mengganggu hari kerja Anda untuk mentransfer sejumlah besar data? Mungkin Anda tidak punya waktu untuk duduk dan menunggu saat transfer ini berlangsung. Dengan solusi FTP terputus terbaik, Anda dapat menjadwalkan transfer  dengan dampak minimal pada alur kerja Anda, seperti kirim file di waktu malam atau di akhir pekan. Produktivitas Anda tidak terpengaruh, dan transfer file otomatis akan berguna untuk kenyamanan Anda.

5. Pulihkan Data yang Hilang

Penyedia FTP server teratas memastikan bahwa data tidak pernah hilang, bahkan ketika peristiwa tak terduga terjadi. Dengan pemulihan bencana, file Anda dicadangkan secara teratur dan otomatis, jadi jika ada banjir, kebakaran, atau pemadaman listrik, Anda tidak perlu khawatir kehilangan data.

Kesimpulan

Dengan begitu banyak kekurangan dan kelebihan FTP server, bagaimana Anda bisa tahu jika ini adalah pilihan yang tepat untuk bisnis Anda? Kunci untuk berhasil menggunakan FTP server adalah memilih penyedia yang tepat. Saat Anda mengevaluasi penyedia FTP server, pertimbangkan kebutuhan Anda dengan cermat, dan tentukan apakah mereka memiliki perlindungan untuk mengatasi kerugian menggunakan FTP server.

Jadi, jika Anda khawatir kepatuhan menjadi masalah saat Anda mentransfer file melalui FTP server, pastikan Anda memilih penyedia FTP server yang menawarkan enkripsi data dan jaminan kepatuhan. Atau jika Anda khawatir akan rentan terhadap pelanggaran data, pastikan untuk memilih solusi FTP server dengan fitur keamanan seperti firewall dan standar enkripsi terbaik.

Pada akhirnya, vendor FTP server yang tepat adalah jawaban untuk semua kebutuhan transfer file Anda. Saat Anda melakukan riset dan memilih opsi yang mengatasi masalah Anda, Anda akan dengan mudah mendapat manfaat dari semua keunggulan FTP server.