Web Server adalah program yang menggunakan HTTP (Hypertext Transfer Protocol) untuk melayani file yang membentuk halaman Web kepada pengguna, sebagai tanggapan atas permintaan mereka, yang diteruskan oleh klien HTTP komputer mereka. Komputer dan peralatan khusus dapat juga disebut sebagai server Web.

Fungsi Web Server

Server menjadi bagian tidak terpisahkan pada jaringan komputer. Untuk teknologi, istilah server tersebut menjadi web server yang berfungsi untuk menerima masukan, permintaan, dan perintah dari client kemudian memberikan tanggapan berupa data dari server ke klien tersebut. Berbeda dengan server jaringan yang umumnya tertutup, internet memungkinkan pengguna mengakses klien dimanapun selama jaringan tersedia.

Secara umum, web server memiliki dua fungsi utama yaitu menerima dan mengirim. Keduanya saling ebrkaitan karena bagian dari alur komunikasi. Server adalah komputer dan software yang bertugas menyimpan data berupa file dari berbagai macam ekstensi. Ketika mengakses internet, pengguna menggunakan komputer dan sebagai klien.

Untuk akses server, mereka mengirim permintaan dari browser setelah itu server menanggapinya sesuai permintaan tersebut. Komputer klien akan menerima file dari server seperti halaman html yang disertai file audio, gambar, foto, video, teks, dan sebagainya. Pengguna mengetik alamat website berarti sedang mengirim perintah untuk meminta data. Web server menjawab dengan data html sesuai permintaan tersebut.

Secara singkat, web server bertugas untuk menyimpan file lalu memberikan apa yang diminta oleh klien. Ketika server tidak mengenali perintah, sistem akan mengirim tanggapan yang menyatakan bahwa request error atau tidak dikenali. Inilah fungsi lain dari web server untuk mengelola alur permintaan dari klien sehingga sesuai dengan peruntukannya.

Pengertian Web Server

Bagaimana web server terbentuk? Dua komputer sudah cukup untuk membuat sebuah jaringan. Satu sebagai server dan lainnya sebagai klien. Kedua terhubung oleh koneksi baik dan menggunakan protocol jaringan untuk mendeteksi satu dengan lainnya. Server menentukan level aksesnya untuk setiap pengguna. Komputer klien lalu terkoneksi dan dapat mengakses file yang ada di server sesuai dengan level tersebut.

Berbeda dengan jaringan sederhana, web server menggunakan internet sehingga jaringan bersifat global. Server mengacu pada dua hal yaitu hardware dan software. Untuk hardware, komputer server tersebut sama dengan yang bisa dipakai hanya spek lebih mumpuni dan khusus untuk pengolahan data.

Untuk mengelola semua file dan manajemen akses, komputer tersebut menggunakan software jaringan. Untuk Linux, Apache adalah yang paling sering digunakan dan Windows punya software server tersendiri. Jadi, gabungan antara hardware dan software membentuk apa yang dikenal sebagai web server.

Browser adalah contoh dari software klien untuk terkoneksi ke web server secara langsung. Data yang diminta dikirim ke klien tetapi tidak tersimpan secara otomatis. Jika ingin menyimpan file tersebut, pengguna harus mengunduh dan prosesnya mirip dengan memindahkan file dari komputer ke perangkat penyimpanan lain. Server membutuhkan data dan file sehingga pemiliknya juga menggunakan protocol untuk melakukan upload.

Server web sering kali datang sebagai bagian dari paket program terkait Internet dan website yang lebih besar untuk melayani email, mengunduh permintaan untuk File Transfer Protocol (FTP), dan membangun dan menerbitkan halaman Web.

Pertimbangan dalam memilih Web server mencakup seberapa baik kerjanya dengan sistem operasi dan server lain, kemampuannya menangani server-side programming, karakteristik keamanan, dan penerbitan khusus, mesin pencari, dan alat pembangunan situs yang menyertainya.
Fungsi Web Server dan Pengertian Web Server Menurut Para Ahli

Baca juga:
  1. Cara Konfigurasi FTP Server pada Windows 10
  2. Pengertian Website Menurut Para Ahli