Pengertian Visa on Arrival

Visa on Arrival merupakan dokumen resmi yang diperlukan sebagai izin untuk bepergian ke luar negeri. Visa on Arrival diterbitkan oleh pihak imigrasi negara yang dikunjungi. Visa on Arrival tidak bisa dipindahalihkan ke jenis visa lain dalam masa kunjungan yang sama. Kemudahan Visa on Arrival adalah dapat diurus di negara tujuan. Jenis visa yang berkebalikan dengan Visa on Arrival adalah Visa Prearrival yang diterbitkan sebelum mengunjungi negara tujuan.

Data yang tercantum dalam Visa on Arrival antara lain negara tujuan, tujuan kedatangan, dan masa berlaku visa. Tidak semua negara melayani Visa on Arrival sehingga Anda perlu mencari informasi terlebih dulu mengenai ketersediaan Visa on Arrival di negara tujuan. Masa berlaku Visa on Arrival biasanya lebih pendek daripada visa untuk bekerja atau belajar tetapi bisa diperpanjang untuk alasan tertentu seperti sakit, kecelakaan, atau bencana alam.

Beberapa orang menganggap Visa on Arrival dan paspor memiliki pengertian dan fungsi yang sama. Nyatanya kedua dokumen tersebut sangat berbeda. Perbedaan Visa on Arrival dan paspor adalah Visa on Arrival diterbitkan oleh pemerintah atau kedutaan negara tujuan, sedangkan paspor diterbitkan oleh pemerintah negara asal. Namun, keduanya tetap harus dibawa ketika akan berkunjung ke luar negeri.

Fungsi Visa on Arrival

1. Mengunjungi negara yang berhubungan baik dengan Indonesia

Hanya negara tertentu yang bisa melayani Visa on Arrival wisatawan Indonesia antara lain Laos, Makau, Timor Leste, Maladewa, Turki, dan lain sebagainya. Biasanya Visa on Arrival dikeluarkan oleh negara yang berhubungan baik dan bekerja sama dengan Indonesia serta adanya kedutaan Indonesia di negara tersebut. Adanya kesepakatan Visa on Arrival menunjukkan bahwa negara tersebut percaya dengan wisatawan Indonesia yang berkunjung. Ketika mengunjungi negara tersebut, Anda tidak perlu mengurus visa di Indonesia.

2. Berlibur ke luar negeri

Secara umum, visa sangat diperlukan ketika seseorang ingin berkunjung ke negara lain. Visa on Arrival merupakan salah satu jenis visa yang memiliki fungsi tertentu. Individu yang dapat menggunakan Visa on Arrival adalah yang berkunjung ke negara lain dengan tujuan berlibur selama beberapa waktu. Jika Anda akan berkunjung ke luar negeri dengan tujuan selain berlibur, maka Anda akan diminta membuat visa lain.

3. Menetap sementara

Jika Anda ingin berkunjung ke saudara atau teman yang tinggal di luar negeri dan menetap di tempat tinggalnya, Anda bisa menggunakan Visa on Arrival. Tanpa Visa on Arrival, Anda tidak bisa masuk ke negara tersebut dan kunjungan ke kerabat Anda termasuk ilegal. Selama menetap, Anda harus mematuhi peraturan yang ada salah satunya adalah waktu kunjungan. Anda harus kembali ke negara asal sebelum waktu kunjungan melewati batas.