Fungsi Trackball dan Pengertian Trackball

Fungsi Trackball

Fungsi utama trackball adalah sebagai pointer atau menggerakkan kursor di layar komputer atau laptop sesuai dengan pergerakan jari. Anda bisa mengarahkan kursor ke item yang diinginkan. Adanya trackball memudahkan Anda dalam mengoperasikan komputer dan laptop. Dibandingkan dengan menggunakan arahan dari keyboard, trackball akan terasa lebih fleksibel karena tidak terbatas bergerak ke atas, bawah, dan samping.

Selain itu, trackball juga menyediakan berbagai fungsi lain. Trackball dapat digunakan untuk memilih suatu item yang ada di layar seperti folder, file, atau huruf dalam program penulisan. Anda cukup mengarahkan kursor ke item tersebut. Untuk memilih item yang diinginkan, Anda bisa klik kiri satu kali atau dua kali. Jika tulisan di item tersebut telah terblok, tandanya item telah terpilih.

Jika ditinjau lebih lanjut, fungsi memilih item juga bisa dilakukan untuk menjalankan sebuah program dalam komputer atau laptop. Setelah mengarahkan trackball ke arah program dan memilihnya, Anda cukup klik dua kali dan program tersebut akan terbuka. Fungsi komputer atau laptop pun menjadi lebih optimal dengan adanya trackball.

Fungsi lain dari trackball adalah dapat drag and drop. Drag and drop merupakan proses memindahkan dari satu lokasi penyimpanan ke lokasi lain. Drag and drop merupakan alternatif dari copy, cut, dan paste yang dilakukan dengan menggunakan kursor. Trackball dapat mempermudah proses drag and drop karena tidak membutuhkan banyak ruang ketika digerakkan.

Selain itu, trackball dapat memunculkan informasi ketika kursor diarahkan ke sebuah folder, file, atau menu. Kondisi ini disebut dengan hover. Kondisi hover sangat bermanfaat untuk tahu informasi dan fungsi item yang akan diklik. Informasi yang ditampilkan biasanya nama, tanggal dibuat, dan lokasi penyimpanan.

Pengertian Trackball

Trackball atau bola jejak secara bahasa berarti perangkat petunjuk berupa bola. Dilihat dari fungsinya, trackball merupakan perangkat keras berbentuk bola dalam wadah yang di dalamnya terdapat sensor gerakan. Anda cukup menggerakan bola untuk menstimulasi gerakan horizontal atau vertikal di komputer atau laptop sehingga tidak perlu lagi menggerakkan mouse berulang kali.

Trackball termasuk pengembangan dari mouse jenis lama. Fungsi yang dimiliki oleh trackball pun sama seperti mouse. Perbedaannya adalah trackball dapat menggerakkan kursor hanya dengan menggulirkan bolanya tanpa menggeser perangkatnya. Berkat kemudahannya dalam menjalankan kursor dan perintah, penggunaan trackball mulai menjadi alternatif dari mouse.

Trackball sering digunakan untuk komputer atau laptop yang memiliki keterbatasan ruang bergerak. Trackball nantinya akan ditempelkan ke komputer atau laptop. Dengan begitu, trackball telah menjadi satu kesatuan. Jika tertarik menggunakan trackball, Anda harus sering membersihkannya. Jari yang terus menempel di bola dapat meninggalkan kotoran. Apabila dibiarkan terus menerus dapat merusak trackball tersebut.