Fungsi Software dan Pengertian Software

Fungsi Software

1. Sebagai Fungsi Dasar

Software adalah bagian dalam perangkat teknologi paling penting karena membawa fungsi dasar dari setiap teknologi tersebut. Seperti misalnya pada komputer, software berfungsi menyediakan sistem operasi dan sistem pendukung lainnya yang dibutuhkan di dalam komputer agar komputer bisa berfungsi dan bekerja sebagaimana mestinya.

Sebagai fungsi dasar komputer sebagaimana penjelasan di atas bisa disimpulkan jika software adalah bagian paling penting dalam sebuah perangkat seperti perangkat komputer. Karena pentingnya fungsi yang dibawa, maka tak salah jika kemudian software ini disebut sebagai nyawa dari setiap perangkat berbasis digital.

2. Mengatur Kinerja Hardware

Sebuah perangkat terdiri dari komponen software dan hardware. Keduanya harus bekerja bersama-sama untuk bisa menjalankan fungsi dari sebuah perangkat. Seperti komputer misalnya. Inilah fungsi yang juga dibawa oleh software dalam sebuah perangkat komputer, yaitu untuk mengatur fungsi dari komponen hardware agar bisa bekerja bersama-sama.

Hardware yang dipasang di dalam perangkat, dibuat dengan teknologi tertentu, yang mana teknologi tersebut membutuhkan peran dari software yang sesuai dengan peran dari masing-masing hardware. Dengan begitu, ketika komponen hardware dikolaborasikan dengan software yang sesuai maka akan mampu membuat hardware tersebut berfungsi sebagaimana mestinya.

3. Penghubung Antar Software

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, dalam sebuah perangkat seperti komputer tersusun dari komponen software dan hardware. Tak hanya itu saja, software yang ada di dalamnya tidak hanya terdiri dari satu software saja. Ada beberapa jenis software yang menjalankan fungsi atau tugas masing-masing. Ini juga menjadi fungsi dari software untuk bisa menjadi penghubung atau menghubungkan antara beberapa software atau perangkat lunak dengan hardware komputer untuk kemudian menjalankan fungsi dan bekerja bersama-sama.

4. Mengidentifikasi Program dalam Komputer

Fungsi selanjutnya dari software adalah untuk mengidentifikasi suatu program yang ada di dalam komputer. Program-program ini tidak akan bisa berjalan atau dijalankan di dalam komputer apabila tidak diidentifikasi oleh software. Software akan menerjemahkan setiap bahasa program untuk kemudian diubah menjadi perintah dalam bahasa mesin dan kemudian diteruskan kepada hardware hingga terjadi kinerja yang stimulan dan sinergis di dalamnya.

Pengertian Software

Berdasarkan penjelasan di atas, bisa disimpulkan jika software adalah komponen paling penting pada komputer. Lalu apa sebenarnya yang dimaksud dengan software? Secara umum, software bisa didefinisikan sebagai data yang diformat, diprogram dan disimpan dalam bentuk digital, tidak terlihat secara fisik namun bisa dioperasikan melalui komputer. Ada juga yang mendeskripsikan software sebagai sebuah jembatan yang menghubungkan antara pengguna dengan perangkat keras atau hardware sehingga perangkat tersebut bisa menjalankan perintah tertentu.

Definisi yang disebutkan tersebut juga dibenarkan oleh para ahli yang menyebutkan jika software adalah sebuah perintah program di dalam komputer yang ketika dijalankan oleh penggunanya bisa melaksanakan fungsi dan kerja seperti yang diinginkan.