Fungsi Open Source

Open Source memiliki cukup banyak fungsi yang bisa bermanfaat untuk setiap penggunaanya. Berikut ini merupakan fungsi dari Open Source dalam bidang pendidikan, pemerintahan, dan bisnis.

1. Di Bidang Bisnis

Dengan menggunakan program Open Source para pebisnis dapat menerima manfaat seperti biaya instalasi program yang rendah, sistem keamanan yang tinggi, serta realibilitas yang tinggi sehingga total biaya untuk bisnisnya lebih rendah. Bidang bisnis kini tidak bisa lepas dari peran program komputer sebagai penunjang sehingga program yang memiliki realibilitas tinggi dibutuhkan untuk menghindari kesalahan kecil yang bisa menyebabkan kerugian besar. Selain itu, perusahaan yang menggunakan Open Source tidak perlu terikat pada vendor software maupun vendor hardware. Jika menemui masalah ketika menggunakan Open Source maka pebisnis bisa menghubungi perusahaan jasa yang bisa menangani masalah tersebut.

2. Di Bidang Pemerintahan

Program Open Source bisa digunakan sebagai pertimbangan untuk merencanakan sistem informasi pemerintahan yang semakin dibutuhkan seiring berkembangnya jaman. Menggunakan program Open Source tentu saja akan lebih menghemat biaya dibandingkan dengan Close Source yang membutuhkan biaya. Tingkat realibilitas dan keamanan yang tinggi juga lebih menguntungkan untuk digunakan. Selain itu menggunakan program Open Source juga bisa digunakan sebagai dukungan pemerintah terhadap perkembangan teknologi informasi di daerahnya.

3. Di Bidang Pendidikan

Dengan adanya Open Source memungkinkan para pelajar, mahasiswa, serta pendidik untuk mempraktekkan pelajarannya secara langsung. Contohnya jika sedang mempelajari sistem operasi LINUX atau sistem operasi lainnya, maka mereka bisa menggunakannya secara gratis sehingga tidak hanya materi saja yang dipelajari namun juga prakteknya secara langsung.

Sedangkan fungsi secara umum yaitu Open Source yang bersifat terbuka bisa dijadikan referensi untuk Anda yang bekerja di bidang IT. Open Source juga termasuk program yang legal untuk digunakan, dimodifikasi, dipelajari, dan disebarluaskan oleh siapa saja sehingga mengurangi tingkat pembajakan.

Pengertian Open Source

Open Source merupakan lisensi dari sebuah pengembangan program yang pengelola atau pembuatnya tidak berasal dari instansi atau individu tapi dikoordinasi oleh sekelompok pengguna yang saling bekerjasama ketika menggunakan source code yang tersedia secara bebas serta dapat dimodifikasi dan digunakan siapapun. Open Source ini memungkinkan seorang pengembang untuk mengambil source codenya dan memberikan modifikasi yang kemudian dapat dimanfaatkan kembali.

Program Open Source yang bersifat terbuka ini dapat digunakan oleh siapapun secara gratis dan legal. Kebebasan dalam berkarya merupakan suatu hal yang dijunjung dalam mengembangkan program dengan lisensi Open Source sehingga modifikasi bisa dilakukan secara bebas jika source code dirasa masih memiliki kekurangan.

Selain itu pengguna program Open Source juga dapat menyebarluaskan program hasil dari modifikasi yang telah dilakukan untuk dimanfaatkan banyak orang. Meskipun modifikasi bebas dilakukan namun setiap pengguna harus memiliki tanggung jawab agar program Open Source selalu bermanfaat.