FTP Server diperlukan untuk berbagi file menggunakan File Transfer Protocol. What is ftp server? FTP Server adalah singkatan dari "File Transfer Protocol." Ini juga salah satu protokol tertua yang digunakan saat ini, dan merupakan cara yang nyaman untuk memindahkan file / transfer file.

Server FTP menawarkan akses ke direktori, dengan sub-direktori. Pengguna terhubung ke server ini dengan klien FTP, perangkat lunak yang memungkinkan Anda mengunduh file dari server, serta mengunggah file ke sana.

Fungsi FTP Server dan Pengertian FTP Server

Adapun mengenai fungsi ftp server dan pengertian ftp server telah transkerja.com jabarkan dibawah ini:

Fungsi FTP Server

Secara umum, fungsi dari FTP atau File Transfer Protocol adalah untuk memberikan layanan pertukaran data, termasuk file, dari satu komputer ke komputer lainnya. Meski file atau data yang ditukar berukuran cukup besar, dengan protokol ini, semua file bisa ditransfer dengan mudah dan tentunya memberikan keuntungan bagi penggunanya. Data yang ditransfer dapat berupa teks, video, dokumen, gambar, dan lain sebagainya.

FTP juga memiliki fungsi penting bagi pemilik website, dengan protokol server ini, pemilik website dapat melakukan backup atau pencadangan semua data yang tersimpan dalam website. Mereka juga dapat melakukan transfer file dan data yang lebih cepat dan terorganisir. Proses pencadangan dan transfer data bahkan akan tetap berjalan lancar meski sambungan internet terputus jika FTP server digunakan.

Fungsi penting dari FTP lainnya adalah memberikan fasilitas transfer data dan file secara dua arah kepada penggunanya. Apa arti dari dua arah di sini? Dua arah yang dimaksud di sini adalah transfer data atau file dari komputer pusat ke komputer-komputer di bawahnya dengan menggunakan server yang sama. Sebagai contoh, jika FTP digunakan di jaringan komputer kantor, maka komputer pusat yang dioperasikan oleh manager (misalnya), dapat mengirim file atau data ke komputer-komputer karyawannya. Sebaliknya, komputer karyawan juga dengan mudah mengirim file ke komputer pusat dengan FTP.

Yang terakhir, fungsi FTP di sini adalah menyediakan transfer data dan file yang reliabel tanpa harus melalui berbagai proses yang rumit. FTP tidak mengharuskan penggunanya untuk menyediakan kata sandi atau protokol pengamanan lainnya. Meski demikian, semua data yang keluar dan masuk akan aman dan dapat digunakan oleh penerima sesegera mungkin.

Pengertian FTP Server

Secara singkat, FTP atau File Transfer Protocol adalah sebuah protokol di dunia komputer di mana proses transfer dan tukar-menukar data digunakan. Dalam sistem komputer, terutama dalam jaringan komputer yang menggunakan sistem client dan server, tukar-menukar data adalah hal umum yang harus dilakukan. Untuk mempermudah proses ini, FTP digunakan sebagai sarana yang menjembatani data dan file untuk keluar-masuk dari komputer satu ke komputer lainnya.

FTP memberikan akses kepada komputer untuk melakukan pengunggahan (upload) data dan file. FTP juga memberikan akses pengunduhan (download) file dengan mudah antar komputer server dan komputer client. Fungsi dasar dari FTP ini secara umum hamir sama dengan aplikasi berbagi file lainnya, termasuk Google Drive atau Dropbox.

Tanpa FTP, jaringan komputer tidak akan memiliki kemampuan berbagi file, meski masuk dalam jaringan yang sama. Proses pemindahan file akan terkendala ukuran jika tidak menggunakan FTP. Inilah mengapa penggunaan File Transfer Protocol adalah sesuatu yang sangat wajib di dunia perkomputeran saat ini.

Sobat transkerja.com, Anda tentunya sudah tahu jika banyak pengguna internet tidak akan pernah menggunakan FTP, tetapi jika Anda membangun situs web, itu adalah alat yang penting. Dan karena alat ini sangat mendasar di web, Anda perlu mengetahui tentang hal itu meskipun Anda bukan pengembang. Jadi, ini semua yang perlu diketahui pengguna internet tentang FTP.

FTP merupakan alat yang berguna untuk memindahkan informasi dari komputer yang sedang Anda kerjakan ke server tempat sebuah situs web di-host. Jika Anda ingin menginstal WordPress di server web, misalnya, Anda akan memerlukan FTP untuk menyalin file.

Itu juga kadang-kadang digunakan sebagai cara untuk berbagi file. Satu orang dapat mengunggah file ke FTP server kemudian membagikan tautan ke orang itu. Penggunaan semacam ini telah menjadi kurang umum di zaman layanan cloud yang mudah digunakan, tetapi beberapa orang lebih suka memiliki file mereka di-host di server rumah, dan menggunakan FTP untuk mengaktifkannya.

FileZilla dan CyberDuck adalah dua dari klien FTP favorit kami yang dapat kami rekomendasikan dengan sepenuh hati. Mereka berfitur lengkap dan telah ada selama bertahun-tahun, jadi telah membuat antarmuka pengguna dan alat yang disempurnakan untuk membuat proses transfer FTP Anda cepat dan mudah.
Mengenal Fungsi FTP Server dan Pengertian FTP Server Serta Kelebihan dan Kekurangan FTP Server
Baca juga:
  1. Kelebihan dan Kekurangan FTP Server
  2. Cara Konfigurasi FTP Server pada Windows 10
  3. Pengertian Website Menurut Para Ahli