Fungsi Firewall

Firewall dapat berguna baik pada jaringan komputer atau pada VoIP atau Voice over Internet Protokol. VoIP merupakan teknologi yang memungkinkan Anda melakukan percakapan suara jarak jauh dengan internet. Berikut ini fungsi firewall yang harus Anda ketahui:

1. Fungsi Farewall Pada Jaringan Komputer

Farewall paling banyak digunakan pada jaringan komputer karena memiliki fungsi sebagai berikut:

Digunakan untuk Mencatat Aktivitas Pengguna
Firewall dapat berfungsi sebagai log file setiap kali Anda mengakses data dengan komputer. Sistem keamanan pada komputer Anda nantinya dapat dikembangkan dengan log file tersebut. Selain itu Firewall juga bisa berguna sebagai program yang akan melakukan autentifikasi dari akses menuju jaringan.

Dapat Mencegah Bocornya Informasi

Firewall dapat berfungsi sebagai pencegah bocornya informasi karena dapat menghalangi pengguna untuk mengirim file bersifat rahasia kepada pihak tertentu. Hal tersebut tentu saja akan sangat berguna untuk menjaga kerahasiaan informasi penting.

Sebagai Pos Keamanan Jaringan

Firewall dapat mengatur perjalanan lalu lintas data saat seorang pengguna melakukan akses terhadap jaringan privat terlindungi. Semua data yang masuk ke dalam lalu lintas jaringan akan dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu yang nantinya akan dibatasi, disaring, atau ditolak. Kriteria yang digunakan Firewall saat berfungsi sebagai pos keamanan jaringan diantaranya adalah alamat IP sumber, alamat IP tujuan, port TCP/UDP sumber, port TCP/UDP tujuan, serta informasi dari header.

Sebagai Kontrol Pengawas Arus Paket Data

Proses kontrol arus paket data dilakukan oleh Firewall sehingga dapat berjalan dengan baik. Selain itu, Firewall juga dapat menyembunyikan IP adress dengan cara memodifikasi paket data yang datang.

Fungsi Farewall pada VoIP
  1. Fungsi Farewall pada Voice over Internet Protokol diantaranya adalah :
  2. Dapat berfungsi sebagai modifikator yang melakukan modifikasi pada paket data yang datang.
  3. Menjaga berbagai informasi penting dan rahasia agar tidak bocor tanpa sepengetahuan dari pengguna komputer.
  4. Voice over Internet Protokol memiliki banyak sekali port hingga ribuan yang dapat diakses untuk berbagai macam keperluan.
  5. Bisa digunakan sebagai pertahanan dalam mencegah berbagai macam jenis hacking yang mungkin menyerang.

Pengertian Firewall

Secara umum pengertian Firewall merupakan sebuah kombinasi dari software maupun hardware yang berfungsi untuk menjaga keamanan data dengan menjadi pemisah jaringan komputer menjadi dua atau lebih jaringan. Pengertian lainnya yaitu sebuah sistem keamanan dalam jaringan komputer yang memiliki fungsi sebagai pelindung komputer dari berbagai serangan komputer luar.

Sehingga Firewall bisa juga disebutkan sebagai sistem pengatur komunikasi dari dua macam jaringan yang berbeda. Firewall sangat berguna untuk melindungi perangkat digital dari serangan hacking atau peretas, pencuri data, mata-mata, dan lain sebagainya. Firewall akan memastikan untuk memblokir semua akses informasi pribadi dari luar atau pihak lain.
-pengertian-open-source