Fungsi ERP

Bagi perusahaan besar, penggunaan software ERP (Enterprise Resource Planning) adalah software yang sangat penting dan berperan besar dalam efisiensi koordinasi saat menjalankan bisnis. Software ini memiliki fungsi yang akan memudahkan saat pengendalian maupun saat pemantauan sebuah perusahaan. Sebagai sebuah software, fungsi utama dari ERP ini tentu saja untuk memudahkan. Fungsi utama dari software ini adalah fungsi otomatisasi.

Fungsi otomatisasi ini adalah fungsi yang memungkinkan setiap aliran informasi dan data bisa disalurkan dengan baik. Fungsi ini didukung oleh adanya sistem yang tersusun dari beberapa modul-modul serta sub modul yang mana setiap modul tersebut berfungsi mewakili sebuah komponen dalam bisnis. Dengan begitu, ketika ada sebuah data yang diinput ke dalam salah satu modul, maka modul lainnya yang berkaitan akan secara otomatis diperbarui dan pembaruan itu bersifat real time.

Otomatisasi ini sangat memudahkan karena hanya diperlukan sekali input dan semua komponen akan diperbarui secara otomatis. Sistem yang diberlakukan akan membuat kinerja lebih efektif serta meminimalisir terjadinya kesalahan saat menginput data. Otomatisasi ini juga akan turut meningkatkan produktivitas kerja.

Fungsi selanjutnya adalah sebagai manajemen dan perencanaan bisnis. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, software ERP terdiri dari sistem yang memiliki masing-masing fungsi. Salah satu sistemnya adalah mendukung terbentuknya fungsi manajemen dan perencanaan bisnis. Fungsi ini terbentuk oleh adanya sistem yang di dalamnya terdapat alat-alat pendukung yang berfungsi untuk menentukan keputusan terbaik. Dengan begitu, manajemen bisa memanfaatkan sumber daya yang ada dengan baik. Ditambah lagi dengan adanya sistem yang akan membantu dalam penyajian laporan standar yang dibutuhkan serta bisa diakses kapan saja dan dimana saja.

Pengertian ERP

Bagi orang awam mungkin tidak begitu mengenal tentang ERP. ERP atau Enterprise Resource Planning adalah sebuah software yang menerapkan konsep untuk perencanaan serta pengelolaan sumber daya dalam menjalankan sebuah bisnis. Dalam istilah ERP, terdapat tiga komponen penting yang menyusunnya, yaitu enterprise atau perusahaan, resource atau sumber daya dan planning atau perencanaan. Dari tiga komponen inilah kemudian diperoleh pengertian ERP seperti yang dijelaskan di atas.

Berdasarkan pengertian tersebut pula dapat diketahui jika fungsi utama dari software ERP ini adalah sebagai alat untuk mengintegrasi setiap proses produksi serta organisasi data dalam sebuah perusahaan. Poin ini jugalah yang ditekankan oleh seorang ahli bernama Daniel E. O'Leary.

O'Leary mendefinisikan ERP sebagai sebuah sistem yang berbasis dari komputer yang mana sistem tersebut didesain dan dibuat untuk memproses setiap transaksi yang dilakukan oleh perusahaan serta memberikan fasilitas dalam hal perencanaan. Perencanaan yang difasilitasi ini tentu saja bersifat terintegrasi real time yang juga terintegrasi dengan sistem produksi sekaligus respon dari konsumen. Dengan semua integrasi yang mampu dilakukan oleh satu sistem ini tentu akan semakin memudahkan serta meningkatkan efisiensi kinerja sumber daya.