Fungsi Email dan Pengertian Email (Electronic Mail)

Email adalah kependekan dari 'surat elektronik'. Mirip dengan surat, bedanya, emal dikirim melalui internet ke penerima. Agar dapat mengirim dan menerima email, diperlukan alamat email untuk menerima email dan mengirim.

Alamat email itu unik untuk pengguna. Beberapa orang menggunakan aplikasi berbasis internet dan beberapa menggunakan program di komputer mereka untuk mengakses dan menyimpan email.

Pengertian e-mail

Pengertian email adalah layanan dalam mengirim atau menerima surat yang diimplementasikan melalui media internet. Media internet yang dimaksud adalah melalui komputer maupun handphone yang mempunyai akses internet.

Lazimnya mengirim surat konvensional akan di kenakan anggaran ( Membeli Perangko ) akan tetapi pada Surat Elektronik cuma dibutuhkan sambungan internet.

Email sendiri merupakan singkatan dari elektronik mail atau dalam bahasa sehari-hari lebih dikenal dengan nama surat elektronik. Seperti namanya, salah satu media komunikasi dan produk digital ini dibuat dengan fungsi utama untuk mengirimkan surat namun dalam bentuk elektronik atau digital.

Surat elektronik atau email ini bekerja layaknya ketika kita menulis surat pada umumnya. Perbedaan antara surat biasa dengan email atau surat elektronik terletak pada sistem pengirimannya.

Jika menulis secara konvensional, menggunakan media kertas serta disertai dengan perangko yang kemudian dikirimkan melalui pos. Sedangkan surat elektronik bisa ditulis dengan berbagai perangkat digital, mulai dari komputer hingga smartphone.

Tak hanya itu saja, menulis surat dengan email lebih banyak dipilih karena menawarkan lebih banyak keuntungan. Selain bisa ditulis dari perangkat elektronik yang pasti dimiliki setiap orang saat ini, mengirim surat dengan email atau surat elektronik juga cenderung lebih cepat.

Tidak seperti surat konvensional yang dikirim melalui pos yang harus menunggu selama berhari-hari bahkan berminggu-minggu agar surat sampai, mengirim surat melalui email jauh lebih cepat.

Dengan bantuan jaringan internet, surat yang dikirim melalui email bahkan bisa sampai dalam hitungan menit, tergantung koneksi internet.

Sekarang kamu sudah tahu, apa mengenal apa itu pengertian email dan contohnya secara singkat. Lantas, kita akan beralih pada fungsi email, apa kegunaannya untuk kegiatan sehari-hari.

Fungsi Email dan Pengertian Email (Electronic Mail)

Fungsi Email

E-mail atau Email menjadi salah satu sarana berkomunikasi yang cukup banyak digunakan. Apalagi di jaman serba digital seperti saat ini.

Email memiliki fungsi lebih banyak lagi, tidak hanya untuk berkomunikasi saja. Bahkan saat ini segala hal yang berkaitan dengan sosial media, teknologi digital maupun gadget pasti akan membutuhkan email sebagai persyaratan utama untuk login atau membuat akun di dalamnya.

Berikut ini adalah beberapa fungsi lain dari email yang harus perlu ketahui.

Selain bertukar pesan, baik mengirim ataupun menerima pesan, email banyak dipilih oleh penggunanya untuk mengirimkan file. Berbagai jenis file maupun dokumen digital, baik yang berbentuk gambar, dokumen, video, teks, bahkan aplikasi atau jenis file lainnya lebih mudah dikirim jika menggunakan email.

Kelebihannya, ketika mengirim gambar, video atau dokumen digital lainnya melalui email, maka dokumen yang terkirim akan sama seperti dokumen aslinya, baik ukuran maupun resolusi.

Dokumen tidak akan mengalami proses kompresi yang akan mengurangi kualitas dokumen digital tersebut.

Fungsi yang juga tak kalah penting, bahkan bisa dibilang sangat penting, seperti yang dijelaskan di atas adalah untuk mendaftar atau membuat akun di berbagai situs, baik situs website maupun sosial media. Seperti misalnya ketika kamu ingin membuat akun di Instagram atau twitter.

Maka langkah paling penting adalah memasukkan alamat email sebagai identitas untuk mendaftar sekaligus untuk masuk atau login nantinya. Tanpa adanya email ini maka kita tidak akan bisa mengakses atau menikmati layanan dari situs-situs tersebut.

Manfaat utama menggunakan email email untuk kegiatan sehari-hari

Manfaat email atau pesan digital ini bisa dibuat serta dikirim ke alamat surel lainnya baik dengan menunggangi alat-alat komputer atau smartphone yang kawan-kawan miliki. Supaya kawan-kawan mendapatan keuntungan lebih dari email, simak pembahasan manfaat email untuk kegiatan sehari-hari, berikut ini:

Mengirim serta Menerima Pesan

Mengunakan surat elektronik menjadi satu di antara media untuk mengirim dan menerima surat yang ialah cara yang jitu untuk mengirimkan surat secara cepat. Dengan koneksi internet yang baik, pengiriman surat memakai email cuma memerlukan waktu nol koma sekian detik saja. Buat mengirimkan surat dengan jarak yang jauh, gak akan jadi pengaruh lama pengiriman email.

Melalui email, sobat mampu mengirimkan berbagai jenis file juga dokumen digital dengan ukuran tertentu yang sudah ditentukan, baik itu foto, video, teks, serta lain sebagainya. Buat mengirimkan semua ini melalui email, teman-teman sanggup menggunakan maupun menambahkannya dalam lampiran (attachment) pada email.

Untuk Mendaftarkan Diri di social media

Komunikasi enggak sekadar mampu dilakukan memakai telepon saja, tapi manfaat email juga bisa dijadikan media komunikasi tulis. Memiliki jejaring sosial sangatlah marak pada jaman sekarang ini. Tidak sekadar orang yang mempunyai kepentingan, sampai-sampai anak kecilpun sudah memiliki smartphone ataupun gadget. Berjibun aplikasi yang terpampang pada smartphone yang untuk aktivasinya memakai email.

Misalnya saja untuk situs social media, situs perdagangan elektronik, game online, situs forum, serta berbagai sarana lainnya yang menharuskan teman-teman mendaftarkan akun dengan memanfaatkan email.

Sebagai Identitas Diri

Manfaat email lainnya ialah sebagai identitas diri. Ya, ini disebabkan dimana segala akses internet memakai data pribadi. Walhasil apabila sobat transkerja aktif di dunia maya, maka identitas diri di internet dimana orang lain dapat menghubungi pengguna e-mail melalui alamat surel miliknya.

Bagi sejumlah orang juga penerapan email udah menjadi kewajiban. Soalnya surat elektronik sering sekali jadi syarat mutlak untuk proses aktivasi beraneka macam layanan digital semacam untuk aktivasi smartphone, untuk aktivasi sarana berlangganan surat, serta lain sebagainya.

Email sebagai Media Pemasaran

Bukan jadi manfaat email yang terakhir, akan tetapi manfaat email yang satu ini dapat juga kawan-kawan dayagunakan untuk pemasaran online. Kebanyakan usahawan online membuat pemasaran melalui surel untuk memajukan penjualnnya.

Pemasaran yang dibuat melalui surat elektronik ini ialah satu di antara pemasaran online yang paling tua. Tetapi sampai masa sekarang ini e-mail marketing masih mencakup didalam jenis pemasaran online yang benar-benar efektif.

Lebih Efisien

Mengirimkan surat melalui e-mail merupakan cara yang efisien dan efisien dalam mengirimkan surat. Mengirimkan surat memakai email enggak harus datang ke kantor pos. Manakala dirumah juga gak memiliki koneksi internet, waktu pengiriman dokumen dapat dilakukan bebas di warnet yang lazimnya buka selama 24 jam. Tak seperti kantor pos yang buka pada jam 8 serta tutup pada jam 4 sore. Walhasil waktu yang dimanfaatkan untuk pengiriman dokumen lebih fleksibel.

Mengirimkan surat melalui surel juga lebih efisien dalam hal waktu penerimaan. Receiver akan menerima e-mail dengan cepat, walhasil dapat membalas surat tersebut dengan lebih cepat juga. Gak mesti menunggu waktu berhari-hari untuk menunggu balasan. Menunggu balasan surel dapat ditunggu dalam waktu sejumlah menit saja, mengekor pada receiver.

Selain fleksibel dan waktu yang efisien, mengirimkan surat melalui e-mail juga dapat menghemat biaya. Tidak wajib membeli kertas, amplop juga perangko. Mengirimkan surat elektronik hanya menginginkan koneksi internet. Andaikan datang ke warnet, apabila mengirimkan surat saja, tak akan menghabiskan uang lebih dari 2 ribu rupiah.

Penjelasan Tentang Cara Kerja Email

Sebenarnya cara kerja email ini cukup sederhana. Cara kerja email sebenarnya sama saja kayak kita sedang menulis surat untuk orang lain. Tapi yang membedakan hanyalah email mampu mengirim pesan lebih cepat dan dapat disertai dengan file tertentu yang mau dikirim sekaligus. Berikut beberapa cara kerja email secara singkat.

1. Untuk kawan-kawan yang udah memiliki akun email, mampu membuka emailnya juga kemudian menuliskan isi pesan yang kepingin dikirm.

2. Selanjutnya, pengguna e-mail tersebut menyodorkan instruksi pada aplikasi e-mail untuk mengirimkan pesan pada alamat surel lainnya.

3. Surel server akan mengindentifikasi alamat surat elektronik tujuan, lalu mengirimkannya ke e-mail server lain yang daerahnya dekat dengan alamat tujuan.

4. Kala pesan e-mail terkirim ke alamat surel penerima, maka isi pesan tersimpan di e-mail server hingga si penerima membuka pesannya.

5. Tatkala penerima membuka pesan di kotak pos ataupun inbox, maka aplikasi surel penerima akan meminta e-mail baru yang muncul di email server lalu mengunduhnya didalam komputer si penerima email.

6. Selanjutnya, penerima e-mail dapat meninjau dan membaca isi pesan yang udah diunduh tadi.

Secara teknis surel bekerja memakai kotak surat elektronik. Saat sebuah surat elektronik dikirim, pesan dikirimkan dari server pengirim, mendatangi server surat elektronik penerima.

Lebih tepatnya, pesan dikirim ke mail server yang bertugas mengangkut e-mail (disebut MTA ataupun Mail Transport Agent) ke penerima MTA.

Di internet, MTA berkomunikasi satu serta lainnya memakai protokol SMTP yang lazim disebut SMTP servers (atau outgoing mail servers).

Penerima MTA selepas itu mempersembahkan email ke incoming mail server ataupun server surat masuk (disebut juga MDA maupun Mail Delivery Agent) yang mengarsip email sampai penerima, menerima emailtersebut.

Ada dua protokol prinsipil yang dipakai untuk menempuh email pada MDA. Pertama ialah protokol POP3 (Post Office Protocol), yang didayagunakan untuk menggaet email serta dalam kasus tertentu, meluputkan salinannya pada server.

Berikutnya merupakan protokol IMAP (Internet Message Access Protocol), yang dimanfaatkan untuk mengkoordinasikan status surat elektronik (telah dibaca, dihapus, ataupun dipindahkan) di sebagian email klien. Dengan IMAP, salinan setiap pesan disimpan di server.

Untuk alasan ini, incoming mail servers ataupun serversurat masuk, juga umum disebut server POP serversatau IMAP servers, tergantung protokol yang digunakan.

Dalam analogi dunia nyata, MTA bertindak sebagai kantor pos (pihak yang mengirim serta menyortir pesan), beberapa saat itu, MDA bertindak sebagai kotak surat, yang mencatat pesan (sebanyak volume yang memungkinkan) sampai penerima menerima pesan. Hal ini berarti bahwasanya penerima pesan akan dapat menerima pesan walau penerima tersebut enggak sedang online.

Agar semua orang dapat memeriksa surat elektronik pengguna lain, MDA dilindungi oleh "alamat pengguna" yang memakai user name dan password untuk proses login.

Pengambilan surat elektronik dilakukan dengan memakai program software yang disebut MUA (Mail User Agent). Pada saat MUA di-install pada sistem pengguna di aplikasi surat elektronik klien (seperti Mozilla Thunderbird, Microsoft Outlook, Eudora Mail, IncrediMail, maupun Lotus Notes). Antarmuka situs web yang didayagunakan untuk berinteraksi dengan server surat masuk disebut webmail.

Pengertian Email Menurut para Ahli

E-mail yaitu surat dalam bentuk ektronik, suatu sarana digital berikirim surat melalui jaringan komputet maupun internet sebagai jaringan yang menyambung berbagai jaringan komputer didunia dan memungkinkan penyampaian surat dengan cepat. Surat jenis ini akan sampai dalam waktu sebagian detik walau jarak pengirim juga penerima berjauhan beribu-ribu kilometer.

Beberapa para ahli menguraikan pengertian email, berikut adalah daftar pengertian email menurut para ahli:

Djoko Purwanto

Surat elektronik atau electronic mail (e-mail) adalah salah satu bentuk atau cara pengiriman surat, informasi, atau pesan (bisnis dan nonbisnis) yang dilakukan secara elektronik, tanpa kertas, dan tanpa jasa pengirim.

John J. Stallard

Surat elektronik didefinisikan sebagai komunikasi pesan nonverbal dari seseorang ke orang lain dengan memakai media penyampaian (transmission) elektronik.

Darma, Jarot S, Shenia A

E-mail ialah singkatan dari electronic mail, mempunyai prinsip kurang lebih sama seperti saat kita berkirim surat, hanya saja dengan internet, bukan melalui pos.

Erima Oneta dan Yosep. S

E-mail merupakan salah satu fasilitas di internet yang sangat populer dan merupakan fasilitas yang paling awal dikembangkan di internet. Dengan menggunakan e-mail, kita dapat menyusun, mengirimkan, membaca, membalas, dan mengelola pesan secara elektronis dengan mudah, cepat, tepat, dan aman.

Indar Kertarajasa Furqon

E-mail ialah singkatan dari electronic mail yang dalam bahasa Indonesia artinya surat elektronik. Sesuai dengan namanya email digunakan untuk melakukan kegiatan surat-menyurat dengan jaringan internet.

Ali Zaki dan Smitdev Community

Menurut Ali Zaki dan Smitdev Community: E-mail merupakan surat elektronik yang memungkinkan semua orang dapat saling berkirim pesan dengan jaringan internet.

Happy Chandraleka

E-mail yakni surat yang disampaikan melalui perangkat elektronik yang dinamakan komputer.

Jasmadi dan E-media Solusindo

E-mail ialah singkatan dari electronic mail. Secara singkat, e-mail merupakan metode berkirim pesan secara elektronik dengan atau melalui internet.

Tyas Vanneza

E-mail ialah layanan yang bisa digunakan untuk mengirim pesan instan yang dilakukan secara elektronik.

Jack Popo

Email ialah salah satu sarana untuk berbagi foto melalui internet. Yang dibutuhkan untuk melakukan hal ini ialah tentu saja koneksi ke internet dan sebuah account email yang masih aktif.