Email adalah kependekan dari 'surat elektronik'. Mirip dengan surat, itu dikirim melalui internet ke penerima. Diperlukan alamat email untuk menerima email, dan alamat email itu unik untuk pengguna. Beberapa orang menggunakan aplikasi berbasis internet dan beberapa menggunakan program di komputer mereka untuk mengakses dan menyimpan email.

Fungsi Email

E-mail atau Email menjadi salah satu sarana berkomunikasi yang cukup banyak digunakan. Apalagi di jaman serba digital seperti saat ini. Email memiliki fungsi lebih banyak lagi, tidak hanya untuk berkomunikasi saja. Bahkan saat ini segala hal yang berkaitan dengan sosial media, teknologi digital maupun gadget pasti akan membutuhkan email sebagai persyaratan utama untuk login atau membuat akun di dalamnya.

Berikut ini adalah beberapa fungsi lain dari email yang harus Anda ketahui.

Selain bertukar pesan, baik mengirim ataupun menerima pesan, email banyak dipilih oleh penggunanya untuk mengirimkan file. Berbagai jenis file maupun dokumen digital, baik yang berbentuk gambar, dokumen, video, teks, bahkan aplikasi atau jenis file lainnya lebih mudah dikirim jika menggunakan email.

Kelebihannya, ketika Anda mengirim gambar, video atau dokumen digital lainnya melalui email, maka dokumen yang terkirim akan sama seperti dokumen aslinya, baik ukuran maupun resolusi. Dokumen tidak akan mengalami proses kompresi yang akan mengurangi kualitas dokumen digital tersebut.

Fungsi yang juga tak kalah penting, bahkan bisa dibilang sangat penting, seperti yang dijelaskan di atas adalah untuk mendaftar atau membuat akun di berbagai situs, baik situs website maupun sosial media. Seperti misalnya ketika Anda ingin membuat akun di Instagram atau twitter.

Maka langkah paling penting adalah memasukkan alamat email sebagai identitas untuk mendaftar sekaligus untuk masuk atau login nantinya. Tanpa adanya email ini maka Anda tidak akan bisa mengakses atau menikmati layanan dari situs-situs tersebut.

Pengertian Email

Setelah mengetahui fungsi serta manfaat dari email, mungkin tidak semua orang mengetahui atau familiar dengan sarana komunikasi satu ini. Email sendiri merupakan singkatan dari elektronik mail atau dalam bahasa sehari-hari lebih dikenal dengan nama surat elektronik. Seperti namanya, salah satu media komunikasi dan produk digital ini dibuat dengan fungsi utama untuk mengirimkan surat namun dalam bentuk elektronik atau digital.

Surat elektronik atau email ini bekerja layaknya ketika Anda menulis surat pada umumnya. Perbedaan antara surat biasa dengan email atau surat elektronik terletak pada sistem pengirimannya. Jika menulis syray konvensional Anda menggunakan media kertas serta disertai dengan perangko yang kemudian dikirimkan melalui pos. Sedangkan surat elektronik bisa ditulis dengan berbagai perangkat digital, mulai dari komputer hingga smartphone.

Tak hanya itu saja, menulis surat dengan email lebih banyak dipilih karena menawarkan lebih banuak keuntungan. Selain bisa ditulis dari perangkat elektronik yang pasti dimiliki setiap orang saat ini, mengirim surat dengan email atau surat elektronik juga cenderung lebih cepat.

Tidak seperti surat konvensional yang dikirim melalui pos yang harus menunggu selama berhari-hari bahkan berminggu-minggu agar surat sampai, mengirim surat melalui email jauh lebih cepat. Dengan bantuan jaringan internet, surat yang dikirim melalui email bahkan bisa sampai dalam hitungan menit, tergantung koneksi internet.


Manfaat utama menggunakan email

  1. Cepat - penerima Anda menerima email Anda segera setelah mereka online dan mengumpulkan email mereka.
  2. Aman.
  3. Biaya murah.
  4. Foto, dokumen, dan file lainnya dapat dilampirkan ke email, sehingga lebih banyak informasi dapat dibagikan.
  5. Satu email dapat dikirim ke lebih dari satu penerima sekaligus.


Sejarah Email

Sejarah email meluas lebih dari 50 tahun, melibatkan serangkaian teknologi dan standar yang berkembang yang memuncak dalam sistem email yang kita gunakan saat ini.

Email dan olahpesan berbasis komputer menjadi mungkin dengan munculnya komputer pembagian waktu pada awal 1960-an, dan metode informal menggunakan file bersama untuk menyampaikan pesan segera diperluas ke sistem email pertama. Sebagian besar pengembang mainframe dan minicomputer awal mengembangkan aplikasi surat yang serupa, tetapi umumnya tidak kompatibel.

Seiring waktu, jaringan gateway dan sistem routing yang rumit menghubungkan banyak dari mereka. Banyak universitas AS adalah bagian dari ARPANET, yang bertujuan untuk portabilitas perangkat lunak antar sistemnya. Portabilitas itu membantu membuat Simple Mail Transfer Protocol (SMTP) semakin berpengaruh.

Untuk suatu waktu di akhir 1980-an dan awal 1990-an, tampaknya sistem komersial berpemilik atau sistem email X.400, bagian dari  Government Open Systems Interconnection Profile (GOSIP), akan mendominasi. Namun, begitu pembatasan akhir untuk membawa lalu lintas komersial melalui Internet berakhir pada 1995, kombinasi faktor menjadikan rangkaian Internet SMTP, POP3, dan IMAP email protokol sebagai standar.

Fungsi Email dan Pengertian Email (Electronic Mail)