Fungsi E-Book

Buku menjadi media untuk mendapatkan berbagai macam informasi. Seiring perkembangan teknologi yang ada, buku sekarang telah beralih menjadi suatu e-book. Sudah pasti, ada beberapa fungsi menarik yang ditawarkan oleh perkembangan teknologi yang satu ini.

Dari segi fungsinya, sebenarnya e-book tidaklah berbeda dengan buku konvensional yang ada. Baik itu dalam bentuk digital ataupun cetak, dua hal ini memiliki fungsi yang sama. Yang pertama, sudah pasti ini e-book menjadi media informasi. Sebenarnya, ada beragam jenis media informasi yang ada saat ini dan ini tidak hanya sebatas buku saja.

Walau memang ada berbagai macam media informasi yang bisa dijadikan referensi, buku serta e-book menjadi salah satu media informasi yang utama karena tulisan dan isi yang disusun dalam e-book tersebut dibuat oleh penulis atau tim yang sudah berpengalaman dan ahli dalam bidang yang ditulis tersebut. Selain itu, proses penerbitan suatu e-book tidaklah sederhana karena akan melalui proses editing dan proses lainnya untuk memastikan bahwa informasi yang ada tersebut memang merupakan informasi yang terpercaya dan bisa dipertanggungjawabkan.

Selain sebagai media informasi, e-book juga berfungsi sebagai sarana pembelajaran. Pembelajaran yang dimaksud ini adalah pembelajaran formal dalam lingkup sekolah, baik itu dari tingkat pendidikan dasar hingga pendidikan tinggi. Walau demikian, ini tidak sebatas pada pendidikan formal saja karena pembelajaran pun bisa dilakukan secara informal atau di luar kegiatan belajar mengajar yang diselenggarakan dalam suatu institusi pendidikan.

Sebagai suatu sarana belajar, e-book menyuguhkan berbagai referensi, informasi, serta pengetahuan yang sangat penting. Pengetahuan dan seluruh isi yang ada ini disesuaikan dengan tingkat pendidikan tertentu. Selain itu, isi dari e-book yang digunakan dalam proses pembelajaran pun dibagi dalam kategorisasi tertentu, mulai dari aspek klasifikasi materi, jenjang pendidikan, dan aspek lainnya.

Selain memberikan informasi, yang terkait dengan fungsi kedua ini adalah untuk memberikan sarana berpikir kritis. Terkait dengan hal ini, berbagai e-book yang ada memang tidak sebatas memberikan pengetahuan, tapi juga sarana latihan dan pendalaman materi.

Pengertian E-Book

Terkait dengan pengertiannya, e-book sebenarnya merujuk pada suatu istilah yang berasal dari bahasa Inggris. Istilah ini adalah electronic book. Secara harafiah, ini bisa diartikan sebagai buku elektronik dan ini merujuk pada bentuk atau format dari buku itu. Suatu e-book tidak lagi berbentuk buku yang dicetak, namun hadir secara digital dan diakses melalui berbagai macam perangkat atau gawai yang mendukung aplikasi untuk mengakses e-book tersebut.

Sekarang ini, e-book sudah semakin banyak digunakan karena kemudahan dan keringkasan yang dihadirkan format buku ini. Dengan adanya buku elektronik tersebut, setidaknya orang sudah tidak perlu lagi membawa banyak buku di dalam tas. Semuanya hadir secara digital dan mampu disimpan di dalam media penyimpanan elektronik. Bahkan, sudah banyak buku yang sebelumnya hadir dalam format cetak diubah menjadi format e-book.