Pengertian Dropship

Dropship merupakan sebuah sistem yang digunakan dalam pemasaran dimana pelaku bisnis atau penjualnya tidak menyimpan sendiri barang yang akan dijual namun hanya meneruskan barang yang dipesan ke supplier atau distributor. Nantinya supplier atau distributor itulah yang akan mengemas dan mengirim barang kepada konsumen atas nama penjualnya bukan supplier. Sehingga dimata konsumen terlihat seolah-olah penjual memiliki toko pribadi dengan barang yang lengkap.

Secara singkat dapat disebutkan jika Dropship merupakan sistem bisnis online dimana penjual hanya mempromosikan barang sedangkan proses penyimpanan barang, pengemasan, serta pengiriman dilakukan oleh supplier. Dengan sistem ini penjual dapat mengembangkan pasar penjadi lebih luas dengan keuntungan sesuai keinginan.

Fungsi Dropship

Cukup banyak fungsi dropship yang dapat menguntungkan Anda jika melakukannya. Berikut ini penjelasan fungsinya secara detail:

1. Memperkecil Modal Usaha

Salah satu hal yang membuat seseorang terhambat dalam melakukan bisnis jualan adalah modal usaha yang dibutuhkan terlalu besar. Sistem dropship dapat membantu Anda melakukan bisnis jualan tanpa modal yang banyak. Modal besar biasanya dibutuhkan untuk reseller atau penjual yang menggunakan konsep tradisional. Dropship tidak mengharuskan Anda untuk membeli barang terlebih dahulu sehingga modal yang dibutuhkan tidak besar. Selain itu Anda tidak perlu mencari tempat yang digunakan sebagai gudang barang sehingga dapat menghemat modal.

2. Memudahkan Dalam Menjalankan Usaha

Bisnis dengan sistem dropship sangat mudah dijalankan, bahkan bisa dijalankan seorang diri saja. Anda tidak perlu membeli barang secara fisik dan semua proses jual beli serta pemasaran dapat dilakukan secara online sehingga lebih mudah. Selain itu tidak adanya pengelolaan gudang, inventaris, proses pengemasan, dan proses pengiriman juga sangat menguntungkan.

3. Mendapatkan Lokasi dan Waktu yang Lebih Fleksibel

Untuk Anda yang memiliki kesibukan lain dan terkendala waktu serta lokasi jika melakukan bisnis jualan, sistem dropship sangat cocok untuk dicoba. Lokasi dan waktu yang fleksibel memungkinkan Anda untuk mengatur sendiri waktu bekerja. Bekerja secara dropship bisa dilakukan setiap waktu baik pagi, siang, atau malam hari. Selain itu, Anda juga bisa menjalankannya dimana saja asal mendapatkan koneksi internet yang baik.

4. Tidak Menghabiskan Pikiran, Waktu, serta Tenaga

Melakukan penjualan secara dropship tidak banyak menghabiskan waktu, pikiran, serta tenaga karena Anda tidak perlu mengurus barang secara fisik. Anda bisa menetapkan waktu yang sesuai dengan kemampuan sehingga tidak menimbulkan kelelahan dan stres. Jika Anda ingin beristirahat untuk jualan maka tidak akan rugi karena barang tidak dibeli secara fisik dari supplier.

5. Mendapatkan Produk Jualan yang Lebih Variatif

Produk yang dijual bisa lebih variatif karena Anda tidak perlu membeli dan menyimpan secara fisik. Anda bisa memilih sendiri produk apa saja yang ingin ditawarkan kepada calon pembeli tanpa takut produk tidak laku. Anda bebas untuk mempromosikan berapapun jenis produk dengan banyak variasi.