Fungsi Digester Biogas dan Pengertian Digester Biogas

Fungsi Digester Biogas

Digester biogas adalah alat yang berfungsi sebagai pengubah limbah organik menjadi gas alam. Limbah organik yang digunakan antara lain limbah dari hewan, manusia, tumbuhan, dan materi organik lainnya. Limbah organik yang digunakan dalam digester biogas bisa berupa limbah padat dan limbah cair. Limbah organik mengandung berbagai nitrogen dan senyawa organik lain. Senyawa tersebut sebenarnya masih dapat diolah meskipun berasal dari limbah organik.

Proses yang terjadi dalam digester biogas disebut dengan pengolahan anaerobik karena tidak membutuhkan oksigen. Proses diawali dengan ekstrasi pada suhu 70°C selama satu jam sehingga tidak ada bakteri yang berasal dari limbah. Selanjutnya limbah organik akan dicerna oleh bakteri anaerob yang dimasukkan ke digester biogas sampai menghasilkan gas alam. Gas alam tersebut akan disalurkan ke tempat lain sehingga gas alam tersebut bisa dimanfaatkan lebih lanjut.

Dengan menggunakan digester biogas, Anda bisa mendapatkan sumber energi baru sekaligus mengurangi limbah organik di bumi. Proses dalam digester biogas sangat penting dan vital karena produksi gas alam tanpa digester biogas akan membuat residu limbah tinggi. Hal ini disebabkan tanpa adanya pemecahan materi organik tidak bisa optimal dan efisien.

Gas alam yang dihasilkan dapat digunakan untuk berbagai kegiatan. Pengolahan yang lebih ketat dapat menghasilkan gas alam untuk bahan bakar kendaraan. Jika proses dilakukan dengan lebih sederhana, gas alam dapat digunakan untuk kegiatan sehari-hari seperti memasak. Menggunakan gas alam ini dapat menurunkan penggunaan bahan bakar fosil seperti batu bara dan minyak yang dapat menghasilkan polusi lebih besar.

Hasil dari pengolahan limbah organik menjadi gas alam akan menghasilkan residu. Residu berasal dari limbah organik yang tidak bisa diubah lagi dan berupa produk padat. Anda tidak perlu membuang residu tersebut karena di dalamnya masih terdapat nutrisi yang berguna. Residu tersebut dapat digunakan sebagai pupuk dan sumber nutrisi tumbuhan. Proses ini membuat siklus dari menjadi komplit.

Pengertian Digester Biogas

Pembuangan limbah terus menumpuk dari waktu ke waktu. Peneliti lingkungan mulai mencari cara mengatasi untuk mengurangi limbah di bumi. Salah satunya adalah dengan membuat digester biogas. Digester biogas merupakan alat pengolah limbah organik menjadi gas alam. Saat ini gas alam dibutuhkan sebagai pengganti bahan bakar fosil dan menjadi kandidat energi terbarukan.

Digester biogas berbentuk tank besar sebagai penampung limbah organik. Di sampingnya terdapat pipa untuk memasukkan limbah. Alat pengolah ini disebut sebagai digester karena limbah organik yang masuk di dalamnya akan ‘dimakan’ dan ‘dicerna’ oleh bakteri. Proses ini dapat berlangsung selama sebulan sebelum menghasilkan gas alam, Melalui pipa lain, gas alam akan dikeluarkan dan digunakan untuk menjalankan alat lain atau membantu kegiatan lain.