Fungsi VPN

Menggunakan VPN merupakan salah satu cara teraman untuk melakukan akses terhadap LAN di jangkauan tertentu. VPN akan menghalangi penyusup yang sewaktu-waktu mungkin datang di lalu lintas jaringan ketika Anda melakukan transmisi data. Berikut ini beberapa fungsi khusus dari penggunaan VPN:

Confidentially atau Kerahasiaan

Penggunaan VPN dapat memungkinkan Anda untuk menjaga kerahasiaan data serta informasi yang dimiliki oleh pengguna komputer sehingga tidak disalahgunakan oleh orang lain secara sembarangan. Apalagi sekarang cukup banyak jaringan publik yang rawan terhadap pencurian data sehingga metode enkripsi dari VPN bisa berguna untuk menjaga kerahasiaannya.

Meskipun ada pihak yang dapat mencuri atau menyadap data melalui internet atau jalur VPN, namun mereka tidak bisa membaca data yang didapat karena data telah teracak ketika pengguna komputer memakai VPN. Jadi pengguna yang berhak mengakses data saja yang bisa mengelola informasi yang ditransmisi dengan VPN.

Origin Authentication atau Autentikasi Sumber

VPN dapat berfungsi sebagai autentikasi sumber yaitu melakukan autentikasi pada segala sumber pengirim data kepada penerima sehingga data yang didapat aman. VPN akan melakukan pemeriksaan secara menyeluruh terhadap berbagai data yang masuk serta mengambil informasi dari sumber data. Apabila autentikasi sumber berhasil maka alamat dari sumber data akan disetujui sehingga data dan informasi dapat diterima.

Proses autentikasi sumber ini sangat berguna untuk mencegah pengiriman file yang berupa malware atau virus. Sehingga VPN akan memberikan jaminan bahwa semua data yang diterima maupun dikirim berasal dari sumber dan tujuan yang benar. Informasi dan data akan aman dari pemalsuan pihak-pihak tidak bertanggung jawab.

Data Intergrity atau Keutuhan Data

Sebuah jaringan internet memungkinkan data untuk berjalan melintasi wilayah yang sangat luas hingga ke berbagai negara. Dalam perjalanannya data dapat mengalami gangguan berupa manipulasi dari pihak tidak bertanggung jawab, hilang, atau rusak. Dengan menggunakan VPN data dan informasi yang dikirim akan terjaga keutuhannya karena teknologi yang dimiliki dapat melakukan data intergrity.

Fungsi Lainnya

Selain ketiga fungsi di atas, VPN juga bisa digunakan untuk mengubah alamat IP, menyembunyikan alamat IP, menyembunyikan lokasi, mengakses situs yang diblokir, dan melakukan enkripsi transfer data.

Pengertian VPN

VPN adalah singkatan dari Virtual Private Network yang memiliki pengertian yaitu sebuah koneksi dalam beberapa jaringan secara private melalui jaringan internet yang bersifat public. Sehingga dapat disimpulkan bahwa VPN memungkinkan Anda untuk menghubungkan komputer dengan jaringan public atau internet namun dengan sifat yang private. Karena sifatnya yang private tersebut sehingga tidak semua pengguna dapat mengakses dan terkoneksi ke jaringan. Hal tersebut berfungsi untuk menjaga keamanan dalam melakukan transmisi informasi maupun data karena VPN mencegah pihak lain untuk menyusup dalam lalu lintas jaringan yang ada.