Fungsi AutoCAD dan Pengertian AutoCAD

Fungsi AutoCAD

1. Membuat Desain atau Rancangan Pesawat

Fungsi pertama yang sangat membutuhkan peran dari software AutoCAD adalah untuk membuat desain atau rancangan Pesawat. Software ini banyak dipilih untuk membuat rancangan desain pesawat karena banyaknya fitur yang dapat diandalkan dalam pembuatan desain pesawat ini. Desain pesawat yang digambar dengan software AutoCAD juga dijamin kualitasnya karena software ini bisa menghasilkan gambar dengan ketepatan dan presisi tinggi yang sangat dibutuhkan dalam membuat desain pesawat.

2.  Membuat Desain Rumah dan Bangunan

Fungsi selanjutnya penggunaan software AutoCAD adalah untuk membuat desain rumah atau bangunan-bangunan lainnya. Dengan software ini pembuatan denah rumah atau jenis bangunan lain jadi lebih mudah baik itu dalam bentuk 2 dimensi ataupun 3 dimensi juga tak perlu mengalami kesulitan. View atau tampilan bangunan sebagai objek pun bisa dilakukan dalam berbagai sudut pandang dan juga bisa dikerjakan dengan mudah.

Tak sampai disitu saja, software ini juga akan membantu memudahkan pekerjaan baik pekerjaan untuk membuat desain interior maupun eksterior. Pekerjaan yang bisa dibuat pun bisa dimulai dari pekerjaan yang bersifat paling sederhana hingga paling kompleks. Kualitasnya pun sangat bisa diandalkan dengan akurasi dan presisi yang tinggi.

3. Rancangan Pembuatan Mur, Baut dan Perlengkapan Lain

Tidak hanya berfungsi untuk membuat desain atau rancangan bangunan hingga pesawat dan beberapa industri otomotif, software AutoCAD juga banyak digunakan untuk membuat rancangan perlengkapan atau peralatan seperti mur, baut, palu hingga berbagai jenis mesin. Tingkat presisinya yang tinggi memungkinkan untuk membuat desain bahkan untuk perlengkapan yang memiliki ukuran kecil seperti mur, baut dan komponen berukuran mikro lainnya.

Pengertian AutoCAD

Setelah mengetahui fungsi dari software AutoCAD dari penjelasan di atas, Anda mungkin sudah bisa sedikit menebak apa itu sebenarnya Autocad. Autocad ini adalah salah satu jenis software berjenis CAD (Computer Aided Design). Sesuai dengan namanya, software ini dibuat untuk tujuan khusus pembuatan design atau rancangan. Gambar yang dihasilkan pun bisa berupa gambar 2 dimensi atau 3 dimensi. Software ini sangat populer untuk pembuatan desain karena memberikan banyak keuntungan bagi penggunanya.

AutoCAD mungkin bukan merupakan software yang familiar dalam penggunaan sehari-hari. Namun untuk kebutuhan professional seperti bagi seorang arsitek, insinyur sipil atau profesi lain yang sejenis, software ini merupakan software paling penting dan paling dibutuhkan. Apalagi oleh profesi-profesi yang membutuhkan kegiatan menggambar, software ini akan sangat membantu baik untuk menggambar 2 dimensi maupun 3 dimensi.

Software ini memungkinkan pengguna untuk menghasilkan desain dengan ketepatan tinggi serta bisa dibuat dalam berbagai sudut pandang. Meskipun demikian, software juga memiliki kelemahan karena merupakan software yang kompleks serta membutuhkan perangkat tambahan yang memadai.