Fungsi Advertisement

 Suatu perusahaan dan instansi sering kali membuat advertisement. Bahkan, suatu perusahaan atau instansi yang beriorientasi pada profit atau keuntungan selalu mengalokasikan anggaran atau pengeluaran khusus untuk aspek yang satu ini. Sudah pasti, ada beberapa fungsi dari advertisement ini sehingga hal ini mendapatkan perhatian yang sangat besar dalam suatu bisnis atau konteks lainnya.

Fungsi yang pertama adalah untuk memberikan informasi tentang suatu barang, produk, atau hal tertentu. Umumnya, advertisement ini dibuat sebagai media untuk memperkenalkan produk atau inovasi baru yang telah dibuat oleh suatu perusahaan tertentu. Dengan cara ini, konsumen atau orang pada umumnya bisa mengetahui dan mengenal produk tersebut. Tentu saja, tujuan akhirnya adalah untuk menciptakan rasa ingin tahu dan kemudian membuat orang membeli atau menggunakan produk tersebut.

Selain untuk memperkenalkan dan memberitahukan suatu produk, fungsi lain dari advertisement adalah untuk membujuk orang agar tertarik dengan produk yang dipajang atau diiklankan tersebut. Karena hal inilah, suatu advertisement akan dibuat semenarik mungkin agar mampu menciptakan rasa ingin tahu dan ketertarikan. Dengan demikian, orang akan terbujuk dan tertarik untuk mencobanya. Upaya ini bisa dilakukan dengan kalimat persuasif, gambar yang menarik, hingga animasi serta efek suara yang bisa merangsang rasa ingin tahu dan ketertarikan.

Selain dua fungsi tersebut, suatu advertisement juga memiliki fungsi sebagai suatu media komunikasi bagi produsen untuk bisa menyampaikan pesan tertentu pada konsumen. Tak jarang, suatu advertisement dipasang bukan untuk memasarkan suatu produk atau layanan tertentu, namun bisa juga dijadikan sarana untuk menyampaikan informasi, terima kasih, permohonan maaf, dan bentuk komunikasi lainnya.

Pengertian Advertisement

Setelah membahas tentang fungsi dari suatu iklan atau advertisement, sekarang saatnya membahas mengenai pengertian dari kata ini. Sebenarnya, kata advertisement adalah kata dari bahasa Inggris dan ini berarti iklan. Iklan merujuk pada suatu media, baik itu media cetak, audio, serta audio-visual yang digunakan oleh pengiklan untuk beberapa fungsi dan tujuan tertentu.

Sebagaimana yang sudah disebutkan sebelumnya, iklan ini merupakan suatu media yang memiliki beragam bentuk. Tujuan dari iklan ini sendiri adalah untuk menyampaikan informasi dan membuat orang berminat untuk membeli atau menggunakan suatu jasa tertentu. Karena hal ini, media yang digunakan pun beragam dan media ini dibuat sangat persuasif.

Yang dimaksud persuasif adalah suatu bentuk media yang memberikan suatu bujukan, baik itu secara langsung atau tidak langsung. Bujukan ini tidak hanya dalam bentuk tulisan, tapi juga bisa dalam bentuk suara, yang berupa lagu atau ungkapan tertentu. Selain itu, animasi yang menarik juga bisa digunakan sebagai bentuk persuasi untuk membujuk orang agar membeli dan menggunakan suatu produk yang diiklankan tersebut. Terkait dengan itu, iklan pun telah hadir dalam berbagai bentuk, mulai dari yang berbentuk fisik hingga yang berbentuk digital.