Gardan mobil, seperti kebanyakan komponen kendaraan, masing-masing memiliki tugas khusus yang membantu menjaga kendaraan tetap bergerak. Anda mungkin pernah mendengar tentang gardan kendaraan tetapi apa itu gardan dan apa fungsinya? Jadi untuk menjawab semua itu, silahkan simak pengertian gardan mobil dan fungsi gardan pada mobil.

Pengertian Gardan Juga Fungsi Gardan Pada Mobil

Apa itu Gardan?

Sebagai bagian dari rakitan gandar depan dan / atau belakang, gardan memainkan peran integral dalam bagaimana mobil Anda berbelok. Gardan dalam bahasa inggris disebut dengan Differential

Diferensial atau gardan adalah komponen pada mobil yang dirancang untuk menggerakkan sepasang roda sambil memungkinkannya berputar pada kecepatan yang berbeda.

Pada mobil dan kendaraan beroda lainnya, gardan memungkinkan roda penggerak luar berputar lebih cepat daripada roda penggerak dalam selama belokan. Ini diperlukan saat kendaraan berputar, membuat roda yang melaju di bagian luar dari kurva belok lebih jauh dan lebih cepat daripada yang lain.

Rata-rata kecepatan rotasi kedua roda penggerak sama dengan kecepatan rotasi input poros penggerak. Peningkatan kecepatan satu roda diimbangi dengan penurunan kecepatan lainnya.

Fungsi ini memberikan RPM proporsional antara roda kiri dan kanan. Jika ban bagian dalam berputar 15 RPM lebih sedikit daripada lurus, maka ban luar akan berputar 15 RPM lebih dari lurus.

Misalnya, ketika kendaraan Anda berputar di tikungan, roda di luar harus bergerak lebih cepat daripada roda di dalam. Diferensial atau gardan mendistribusikan torsi dengan jumlah yang sama ke kedua roda.

Ini memungkinkan roda bereaksi terhadap resistansi, atau memberikan traksi, untuk memberikan resistansi roda lebih sedikit agar rotasi lebih sedikit, sehingga roda dengan sedikit tahanan berputar lebih cepat.

Beberapa kendaraan, seperti go-kart, tidak dilengkapi dengan diferensial. Dalam hal ini, kedua roda penggerak dipaksa untuk berputar pada kecepatan yang sama, biasanya pada poros umum yang digerakkan oleh alat penggerak rantai sederhana.

Kendaraan penggerak roda depan dirancang secara berbeda dalam as roda dan rakitan gardan terletak di rakitan as roda atau transaxle.


3 Jenis Perbedaan

1. Open Differential adalah desain tertua dan paling umum yang cocok untuk berbagai merek dan model kendaraan. Ini adalah tipe diferensial yang paling sederhana, andal, dan banyak digunakan. Roda gigi pinion bertenaga, yang terletak di ujung poros penggerak, bergerak dengan roda cincin, yang kemudian mentransmisikan daya ke kedua as melalui satu set roda gigi. Satu-satunya kelemahan dalam desainnya adalah bahwa ketika satu roda mulai tergelincir, semua tenaga pada dasarnya dikirim ke roda dengan traksi paling sedikit, membuat pengaturan ini tidak sesuai untuk panjat tebing atau balapan kecepatan tinggi.

2. Limited-Slip mirip dengan Open Diferensial tetapi menggunakan sistem kopling terintegrasi. Mekanisme kopling mengunci sisi kiri dan kanan gandar bersama-sama saat roda kehilangan traksi. Ini adalah sistem yang disukai untuk kendaraan berkinerja tinggi seperti drag race dan mereka yang menarik beban berat.

3. Torque-Vectoring adalah teknologi diferensial terbaru dan terhebat. Vektor torsi mencakup kumpulan sensor dan elektronik yang rumit untuk mendapatkan data dari sistem kemudi, posisi throttle, permukaan jalan, dan lainnya, sehingga memberikan kemampuan untuk mendistribusikan daya ke setiap roda, menurut data. Opsi ini memberikan traksi maksimum saat menikung, dan meningkatkan kinerja secara signifikan.

Fungsi Gardan pada Mobil

  • Merubah arah putaran mesin mobil
  • Memperbesar momen
  • Membedakan putaran roda kiri dan kanan saat belok
   

Perawatan Gardan Mobil

perawatan gardan mobil
Perawatan rutin pada kendaraan apa pun merupakan keharusan dari penggantian oli, dan lainnya. Cairan diferensial tidak terkecuali. Oli gardan digunakan untuk melumasi transmisi dan gardan manual. Ini mirip dengan pentingnya oli mesin untuk mesin. Ini memainkan peran penting dalam melindungi gardan dan transmisi, sehingga memungkinkan mereka berfungsi dengan aman dan lancar.

oli gardan yang dihabiskan menjadi kotor dan terkontaminasi setelah beberapa waktu. Terus mengemudi dengan cairan yang terkontaminasi akan berisiko pada kendaraan karena dapat menyebabkan keausan yang tidak perlu pada komponen, yang menyebabkan kerusakan permanen.

Karena gardan adalah elemen yang membantu menangani kendaraan Anda secara bergantian, begitu gardan mulai aus, presisi bukanlah sesuatu yang akan berada di sisi Anda lagi. Roda tidak akan dapat menyesuaikan kecepatannya sehingga penanganan kendaraan Anda tidak dapat diprediksi dan dapat menyebabkan kecelakaan.

Saat Anda mengambil tikungan, roda dan ban yang melaju dengan kecepatan yang sama akan menyebabkan keausan dini pada ban dalam atau bahkan kerusakan karena kecepatannya akan secara signifikan lebih tinggi.

Gardan bunyi mendengung adalah yang paling umum dan muncul karena kurangnya pelumasan pada komponen internal gardan mobil. Kekurangan pelumasan ini bisa muncul karena cairan oli gardan bocor dan pasti akan menyebabkan suara dengung ketika itu terjadi.

Biasanya gardan dengung semakin keras maka hal terbaik adalah memeriksa kondisi gardan mobil Anda dan ganti jika itu dalam kondisi rusak.

Mobil nda tidak akan bisa pergi jauh tanpa kemampuan untuk berbelok. Cairan pelumas dalam gardan memindahkan panas dari roda gigi sehingga memperpanjang usia pakai dan membuat Anda tetap berada di jalan.

Untuk layanan pemeliharaan apa pun termasuk penggantian oli, flush rem, atau service gardan mobil, kunjungi spesialis gardan terbaik untuk perbaikan dan perawatan mobil lengkap.