Pengertian Gardan Juga Fungsi Gardan Pada Mobil

Pengertian Gardan Juga Fungsi Gardan Pada Mobil - Gardan mobil, seperti kebanyakan komponen kendaraan, masing-masing memiliki tugas khusus yang membantu menjaga kendaraan tetap bergerak. And...

Gardan mobil, seperti kebanyakan komponen kendaraan, masing-masing memiliki tugas khusus yang membantu menjaga kendaraan tetap bergerak. Anda mungkin pernah mendengar tentang gardan kendaraan tetapi apa itu gardan dan apa fungsinya? Jadi untuk menjawab semua itu, silahkan simak pengertian gardan mobil dan fungsi gardan pada mobil.

Diferensial dalam bahasa zeeb differential gear, merupakan suatu piranti yang berkewajiban mempersembahkan divergensi rotasi (yang berlainan) antara kedua roda, dalam hal ini roda belakang.

Diferensial ini terdiri atas sususnan roda roda gigi yang berupa kerucut (bevevl drive pinion). Roda - roda gigi khusus yang berupa roda gigi kerucut ini ditutur juga cardan atau di Indonesia lebih dikenal dengan sebutan gardan. Pada umumnnya konstruksi dasar dari diferensial merupakan dua roda yang masisng - masing ujung poros dipasang dengan sebuah roda gigi kerucut. Kedua roda gigi kerucut ini ditutur roda gigi samping (side gear), yang selanjutnya menghubungkan dengan dua roda gigi kerucut lain yang berbarometer lebih kecil yang ditutur roda gigi diferensial atau differential pinion efeknya keempat roda gigi tersebut saling berkaitan.

Apabila kedua poros tersebut diputar dengan kecepatan rotasi yang sama, amaka roda - roda gigi diferensial akan ikut terbawa bergerak bersama roda - roda gigi samping, walakin tak akan berotasi pada porosnya. Akan namun kalau salah satu dari kedua poros tersebut diputar dengan kecepaptan rotasi yang berbeda, ialah sedikit lambat atau bahkan diam sama sekali, maka akan mengakibatkan roda gigi tersebut tidak sekadar akan bergerak mengelilingi poros roda melainkan juga akan berpendar mengarah ke sumbunya.

Roda - roda gigi diferensial ditempatkan didalam sebuah keotak kecil yang berhubungan dengan sebuah roda gigi kerucut besar yang dapat diputar bebas pada salah satu porors roda (umumnya sebelah kiri) yang disitir roda gigi mahkota (crown wheel) atau diujar juga roda gigi cincin. Roda gigi mahkota ini kemudian dihubungka dengan roda gigi pinion yang dipasang pada roda gigi poros gardan.

Dengan demikian poros roda gigi gardan dapat memutar roda roda belakang menurut rotasi yang dapat diselaraskan dengan perihal jalanan. Jadi apabila mobil berjalan lurus, roda roda gigi diferensial tidak akan bergulir pada porosnya, efeknya roda belakang mobil yang berlokasikan disebelah luar dapat berotasi lebih cepat.

Adapun distingsi kecepatan rotasi roda - roda ini akan lebih besar apabila jalanan mempunyai tikungan yang lebih tajam. Jadi hal ini sangat bergantung pada perihal belokan atau tikungan pada jalanan yang bersangkutan. 

Sebagai bagian dari rakitan gandar depan dan / atau belakang, gardan memainkan peran integral dalam bagaimana mobil Anda berbelok. Gardan dalam bahasa inggris disebut dengan Differential

Diferensial atau gardan adalah komponen pada mobil yang dirancang untuk menggerakkan sepasang roda sambil memungkinkannya berputar pada kecepatan yang berbeda.

Pada mobil dan kendaraan beroda lainnya, gardan memungkinkan roda penggerak luar berputar lebih cepat daripada roda penggerak dalam selama belokan. Ini diperlukan saat kendaraan berputar, membuat roda yang melaju di bagian luar dari kurva belok lebih jauh dan lebih cepat daripada yang lain.

Rata-rata kecepatan rotasi kedua roda penggerak sama dengan kecepatan rotasi input poros penggerak. Peningkatan kecepatan satu roda diimbangi dengan penurunan kecepatan lainnya.

Fungsi ini memberikan RPM proporsional antara roda kiri dan kanan. Jika ban bagian dalam berputar 15 RPM lebih sedikit daripada lurus, maka ban luar akan berputar 15 RPM lebih dari lurus.

Misalnya, ketika kendaraan Anda berputar di tikungan, roda di luar harus bergerak lebih cepat daripada roda di dalam. Diferensial atau gardan mendistribusikan torsi dengan jumlah yang sama ke kedua roda.

Ini memungkinkan roda bereaksi terhadap resistansi, atau memberikan traksi, untuk memberikan resistansi roda lebih sedikit agar rotasi lebih sedikit, sehingga roda dengan sedikit tahanan berputar lebih cepat.

Beberapa kendaraan, seperti go-kart, tidak dilengkapi dengan diferensial. Dalam hal ini, kedua roda penggerak dipaksa untuk berputar pada kecepatan yang sama, biasanya pada poros umum yang digerakkan oleh alat penggerak rantai sederhana.

Kendaraan penggerak roda depan dirancang secara berbeda dalam as roda dan rakitan gardan terletak di rakitan as roda atau transaxle.
1. Open Differential adalah desain tertua dan paling umum yang cocok untuk berbagai merek dan model kendaraan. Ini adalah tipe diferensial yang paling sederhana, andal, dan banyak digunakan. Roda gigi pinion bertenaga, yang terletak di ujung poros penggerak, bergerak dengan roda cincin, yang kemudian mentransmisikan daya ke kedua as melalui satu set roda gigi. Satu-satunya kelemahan dalam desainnya adalah bahwa ketika satu roda mulai tergelincir, semua tenaga pada dasarnya dikirim ke roda dengan traksi paling sedikit, membuat pengaturan ini tidak sesuai untuk panjat tebing atau balapan kecepatan tinggi.

2. Limited-Slip mirip dengan Open Diferensial tetapi menggunakan sistem kopling terintegrasi. Mekanisme kopling mengunci sisi kiri dan kanan gandar bersama-sama saat roda kehilangan traksi. Ini adalah sistem yang disukai untuk kendaraan berkinerja tinggi seperti drag race dan mereka yang menarik beban berat.

3. Torque-Vectoring adalah teknologi diferensial terbaru dan terhebat. Vektor torsi mencakup kumpulan sensor dan elektronik yang rumit untuk mendapatkan data dari sistem kemudi, posisi throttle, permukaan jalan, dan lainnya, sehingga memberikan kemampuan untuk mendistribusikan daya ke setiap roda, menurut data. Opsi ini memberikan traksi maksimum saat menikung, dan meningkatkan kinerja secara signifikan.

Fungsi Gardan pada Mobil
1. Merubah arah putaran mesin mobil
2. Memperbesar momen
3. Membedakan putaran roda kiri dan kanan saat belok

Perawatan rutin pada kendaraan apa pun merupakan keharusan dari penggantian oli, dan lainnya. Cairan diferensial tidak terkecuali. Oli gardan digunakan untuk melumasi transmisi dan gardan manual. Ini mirip dengan pentingnya oli mesin untuk mesin. Ini memainkan peran penting dalam melindungi gardan dan transmisi, sehingga memungkinkan mereka berfungsi dengan aman dan lancar.

oli gardan yang dihabiskan menjadi kotor dan terkontaminasi setelah beberapa waktu. Terus mengemudi dengan cairan yang terkontaminasi akan berisiko pada kendaraan karena dapat menyebabkan keausan yang tidak perlu pada komponen, yang menyebabkan kerusakan permanen.

Karena gardan adalah elemen yang membantu menangani kendaraan Anda secara bergantian, begitu gardan mulai aus, presisi bukanlah sesuatu yang akan berada di sisi Anda lagi. Roda tidak akan dapat menyesuaikan kecepatannya sehingga penanganan kendaraan Anda tidak dapat diprediksi dan dapat menyebabkan kecelakaan.

Saat Anda mengambil tikungan, roda dan ban yang melaju dengan kecepatan yang sama akan menyebabkan keausan dini pada ban dalam atau bahkan kerusakan karena kecepatannya akan secara signifikan lebih tinggi.

Gardan bunyi mendengung adalah yang paling umum dan muncul karena kurangnya pelumasan pada komponen internal gardan mobil. Kekurangan pelumasan ini bisa muncul karena cairan oli gardan bocor dan pasti akan menyebabkan suara dengung ketika itu terjadi.

Biasanya gardan dengung semakin keras maka hal terbaik adalah memeriksa kondisi gardan mobil Anda dan ganti jika itu dalam kondisi rusak.

Mobil nda tidak akan bisa pergi jauh tanpa kemampuan untuk berbelok. Cairan pelumas dalam gardan memindahkan panas dari roda gigi sehingga memperpanjang usia pakai dan membuat Anda tetap berada di jalan.

Untuk layanan pemeliharaan apa pun termasuk penggantian oli, flush rem, atau service gardan mobil, kunjungi spesialis gardan terbaik untuk perbaikan dan perawatan mobil lengkap.
1. Drive pinion gear
Drive pinion gear yakni roda gigi berpotongan nanas, tugasnya seperti roda gigi pemutar (drive gear) yang mendistribusikan tenaga dari poros propeller ke struktur gardan. gambaran gigi serupa nanas, ini diucap hypoid gear. rupa ini memang cocok untuk mengirimkan tenaga secara ekonomis dan tenang.

2. Drive pinion shaft
Drive pinion shaft yaitu poros roda gigi pinion, lokasinya biasanya sudah melekat (tersambung permanen) dengan drive pinon gear. tugasnya menjadi poros pemutar untuk mengalirkan rotasi dan poros propeller.

3. Ring gear
Ring gear yakni roda gigi bertingkatan besar dengan rupa menyerupai cincin atau ring. kewajiban roda gigi ini, merupakan untuk menerima rotasi dari pinion drive gear. masing - masing, baik ring gear dan pinion drive gear diujar juga menjadi struktur final gear. Karena roda gigi berlokasikan di akhir sistem powertrain mobil.

4. Differential carrier
Differential carrier atau ditutur juga differential case berperan seperti casing atau rumah untuk menaruhkan beragam bagian dari keseluruhan gardan. Misal ring gear bagaikan penerima rotasi juga dibaut pada differential carier. Selain itu, rentetan spider gead dan side gear juga diposisikan pada anasir ini.

5. Spider gear
Spider gear bertugas seperti gigi pembeda rotasi, jumlah spider gear ada dua yang posisinya 90 derajat mengarah ke side gear. efeknya saat mobil belok, maka sandaran mobil akan condong kesisi dalam (misal mobil belok kiri, maka basis lebih ke arah kiri).

akibatnya roda bagian dalam akan lebih berat daripada roda bagian luar, dalam situasi disparitas beban ini spider gear akan berpendar. Apabila spider gear berotasi meski sedikit, rotasi roda kiri dan kanan akan berbeda. namun saat jalan lurus, spider gear akan diam meski ring gear bergulir cukup kencang.

6. Spider gear shaft
perannya hanya seperti poros untuk membuat lebih mudah pergerakan spider gear. Meski ada dua spider, gear porosnya hanya ada satu. Dengan kata lain, jabatan dua spider gear ini saling berdekatan.

7. Side gear
kewajiban side gear ialah menerima rotasi yang telah direkayasa oleh spider gear untuk diteruskan ke axle shaft. serupa yang dijelaskan sebelumnya, ketika mobil belok maka spider gear akan bergulir untuk mengoreksi kecepatan putar roda.

Hasil dari proses perbuatan membedakan rotasi spider gear akan dipautkan ke side gear, dimana side gear akan tersambung secara langsung ke poros propeller.

8. Axle shaft bearing
Bearing atau bagian dari elemen mesin dipakai menjadi alas anasir yang bergulir, menuju casing atau axle shaft housing yang diam. bagian dari elemen mesin ini ada dua, masing-masing berlokasikan didekat side gear kiri dan side gear kanan. tugasnya menjadi bagian dari elemen mesin axle shaft mengarah ke axle shaft housing.

9. Adjuster nut
ialah mur penyetel celah final gear. Celah final gear, artinya gerakan pinion gear yang berpendar sebelum final gear bergerak. Besar kecil celah ini, akan menguasai kinerja gardan secara keseluruhan. akibatnya dalam suatu waktu, penyetelan celah final gear harus ditindak lanjuti dengan memutar adjuster nut.

10. Bearing cap
Bearing cap merupakan unsur yang menahan bearing as roda yang berlokasikan didekat side gear. Meski yang ditahan hanya bearing, namun secara tidak langsung bearing cap ini menahan keseluruhan deretan gardan dari axle shaft housing.
Differential atau sering dikenal dengan nama gardan yaitu anasir pada mobil yang berkewajiban untuk meneruskan tenaga mesin ke poros roda. Sekedar untukmengingatkan Anda, bahwa rotasi roda semuanya berasal dari prosespembakaran yang terjadi dalam ruang bakar. Proses pembakaran inilah yangkemudian akan mempraktikkan piston untuk bergerak naik turun. Lalu gerak naikturun piston ini akan diteruskan untuk memutar poros engkol.

Gerak putar porosengkol ini akan diteruskan untuk memutar roda gila / flywheel. rotasi roda gila akan diteruskan untuk memutar kopling kemudian diteruskan memutar transmisi ke as kopel lalu ke gardan. Gardan akan meneruskan rotasi ini ke as roda dan as roda akan memutar roda, efeknya kendaraan dapat berjalan. jadi dapat Anda ingat kembali urutan perpindahan tenaga dan rotasi dari mesin sampai ke roda, akibatnya kendaraan atau mobil dapat berjalan.

Peran dari gardan pada mobil yakni

Merubah arah rotasi mesin
menjadimana Anda ketahui bahwa jabatan mesin pada mobil untuk truk atau khusunya mobil yang memakai as kopel, mempunyai jabatan mesin yang memanjang ke depan. efeknya arah rotasi dari roda gila jelas tidak searah dengan arah rotasi roda. Maka gardan inilah yang memproduksi arah dari rotasi mesin ialah searah dengan arah rotasi roda adalah maju ke depan.

Memperbesar momen
Momen merupakan tenaga rotasi dari sebuah benda yang berotasi. rotasi poros engkol mempunyai tenaga atau momen. Tenaga dari suatu benda yang berpendar dengan tepat yaitu kecil, sedangkan tenaga dari benda yang berpendar lambat yaitu besar. serupa kita ketahui bahwa selambat (lambatnya mesin berpendar mempunyai kecepatan minimal) 600 rpm. Maksudnya yaitu dalam satu menit poros engkol berotasi) 600 kali. Sedangkan pada kecepatan tinggii mempunyai kecepatan hingga 12.000 rpm ,berarti poros engkol berpendar 12.000 kali dalam 1 menit. Agar tenaga dariporos engkol ini ialah besar, maka kecepatan rotasi dari poros engkol ini harus diperlambat. Di sinilah gardan memperlambat kecepatan rotasi dari poros engkol tersebut, akibatnya tenaga putar atau momen adalah besar dan mobil dapat bergerak atau berjalan.

Memilah-milah rotasi roda kiri dan kanan saat membelok
Pada saat mobil berbelok, rotasi roda bagian dalam cenderung lebih lambat daripada rotasi roda bagian luar. Hal ini dimaksudkan agar mobil dapat berbelok dengan baik dan tidak slip. Jika kedua roda antara yang kiri dan kanan selalu sama, maka mobil tak akan membelok. Di sinilah gardan menghasilkan rotasi roda kiri dan kanan tidak sama, akibatnya mobil dapat membelok dengan baik.Jadi jelaslah bahwa gardan mempunyai kewajiban yang sangat penting pada mobil, akibatnya mobil tersebut dapat berjalan dengan baik.
Newer Post Older Post Home