Concrete floor coating Transkerja.com - Inilah keunggulan keuntungan dan harga coating lantai beton dan cara menggunakan coating lantai beton. Coating lantai mengacu pada berbagai jenis produk atau sistem yang digunakan untuk menutupi permukaan beton polos agar meningkatkan tampilan estetika beton. Di beberapa negara bagian, bahkan mungkin ada aturan dan peraturan yang mensyaratkan beberapa bentuk coating lantai pada lantai beton.

Namun, sebelum Anda memutuskan jenis pelapis lantai mana yang terbaik untuk lantai beton Anda, penting bagi Anda untuk memahami keunggulan, keuntungan, kekurangan serta harga coating lantai beton juga cara menggunakannya. Simak dibawah;

Apa Itu Coating Lantai Beton?

Coating beton adalah penutup, biasanya cair atau semi-cair, yang diterapkan pada beton untuk alasan estetika serta membuat struktur atau permukaan lebih lama dan untuk mengurangi biaya perawatan dan perbaikan. Misalnya, lapisan pelindung dan estetika seperti cat dapat memberi warna dan permukaan yang lebih halus ke dinding dan coating beton sambil melindungi mereka dari keausan, abrasi, korosi tulangan dan kondisi lingkungan yang keras. Jenis lain dari pelapis lantai beton dapat melindunginya dari keausan lalu lintas harian atau membuatnya tahan slip dan lebih mudah dirawat.

Selain alasan estetika, tampaknya coating beton tidak diperlukan untuk campuran semen, air, pasir dan kerikil. Meskipun secara fungsional dimungkinkan untuk menggunakan permukaan atau struktur beton yang terbuka, namun dapat menurun seiring waktu karena berbagai kondisi keras yang menjadi sasaran permukaan beton dalam dan luar ruangan seperti contoh seperti lalu lintas kaki yang padat, abrasi, tumpahan air dan bahan kimia di lantai beton dalam ruangan. Suhu tinggi dan sub-beku, kelembaban, bahan kimia, sinar ultraviolet (UV), lalu lintas kendaraan berat di trotoar beton, jembatan, area parkir, jalan dan trotoar.

Pelapisan tidak akan melindungi beton secara tak terbatas tetapi akan menunda degradasinya dan memperpanjang masa manfaatnya dengan pemeliharaan dan perbaikan seminimal mungkin. Jenis, tujuan atau fungsi dan lokasi struktur beton adalah faktor utama dalam memilih lapisan yang sesuai untuk diterapkan.

Keunggulan Coating Lantai Beton

Ulasan keunggulan keuntungan dan harga coating lantai beton dan cara menggunakan yang pertama yakni penampilan lantainya yang lebih menarik. Apabila dibandingkan dengan lantai pada umumnya, jenis ini akan memberikan tingkat kecerahan yang lebih baik. Penampilan tersebut tentunya lebih menarik karena permukaannya halus. Dengan permukaan yang halus maka kotoran lebih mudah disapu. Jadi pemeliharaannya lebih mudah.

Selain itu epoxy lantai juga bisa melindungi beton yang menjadi dasar kelembaban, minyak, retak, maupun noda. Dalam jangka panjang maka biaya pemeliharaan serta pembersihannya bisa lebih hemat. Tak lupa jika epoxy coating lebih cenderung berumur lebih panjang dari kebanyakan jenis lantai. Jika dipasang dengan benar bahkan daya tahannya bisa sampai beberapa dekade.

Keuntungan/Kekurangan Coating Lantai Beton

Selain mengetahui keunggulan keuntungan dan harga coating lantai beton dan cara menggunakan, perlu juga untuk tahu keuntungan ataupun kekurangan jika menggunakannya. Untuk kekurangannya sendiri adalah ada pada pengaplikasiannya yang butuh beberapa hari supaya bisa kering. Bahkan untuk lapisan pertama epoxynya harus benar-benar kering.

Jika sudah kering baru bisa masuk ke lapisan selanjutnya. Kemudian untuk epoxy yang basah pasti memiliki bau yang menyengat. Nuansa gelap di epoxy berefek pengeras dari nuansanya yang ringan. Jenis inilah yang mengeluarkan bau amonia yang kuat setelah diterapkan.

Kemudian untuk keuntungannya adalah daya tahannya yang baik. Lantai tersebut bisa tahan dengan berbagai macam noda mulai dari pemutih, minyak, cairan transmisi, bensin, dan lain sebagainya.

Tak heran jika banyak lingkungan industri otomotif menggunakannya. Selain itu lantainya juga bisa tahan air dan panas. Bahkan tak ada efek negatif di lapisannya jika terkena tumpahan bahan kimia.

Harga Coating Lantai Beton

Dibandingkan dengan pelapis lantai lain, yang satu ini terbilang lebih murah. Hal itu dikarenakan bisa diaplikasikan secara langsung di atas lantainya. Selain itu biaya pemasangannya juga lebih rendah. Adapun harga coating lantai betonnya dipatok mulai dari Rp 80.000 per kilogramnya. Ada juga yang Rp 90.000 per kilogramnya. Harga tentu saja berpengaruh pada kualitasnya.

Cara Menggunakan Coating Lantai Beton

Setelah mengetahui keunggulan keuntungan dan harga coating lantai beton dan cara menggunakan akan dijelaskan di sini.

Pastikan terlebih dahulu jika lantai yang akan dilapisi cat ini berkekuatan sekitar 225 kg/cm2 dengan permukaan yang halus dan tidak bergelombang. Lantai tersebut harus bisa menerima tekanan yang berat dan tidak berdampak apapun.

Selain itu, lantai yang bisa dicat adalah yang umurnya sudah 28 hari setelah dibuat. Kelembabannya kurang dari 80% RH saat akan diaplikasikan.

Bagi lantai yang kondisinya langsung di atas tanah maka lapisilah dengan water vapour barrier. Lantai harus dikeringkan selama 2 hari sebelum mulai dilapisi catnya.

Gunakan epoxy primer dan keringkan selama 12 jam. Setelahnya lapisi dengan base epoxy coat, body coat, dan top coat.

7 Manfaat Coating Lantai Beton

Harga Coating Lantai Beton Keunggulan Keuntungan dan Cara Menggunakan Coating Lantai Beton

1. Daya tahan

Pelapis lantai beton menambah lapisan daya tahan dan peningkatan daya tahan terhadap keausan pada lantai beton Anda. Ini sempurna untuk lantai beton lama atau belum selesai dan menghemat waktu dan uang.

2. Kekuatan

Setelah cat beton epoksi diubah menjadi polimer padat, cat ini meningkatkan kekuatan lantai dan mencegahnya dari kerusakan kimia.

3. Menghemat waktu

Pelapis epoksi cepat dipasang yang artinya Anda tidak perlu menghentikan operasi selama pemasangan.

4. Estetika

Cat lantai beton ini datang dalam berbagai warna yang memberikan lantai Anda daya tarik yang lebih estetis dan merupakan kelegaan dari warna abu-abu tua yang sama yang kita semua juga gunakan.

5. Ramah lingkungan

Lapisan epoxy ramah lingkungan karena membantu dalam penggunaan material. Ini adalah pilihan yang lebih ramah daripada mengulang seluruh lantai dari awal.

6. Safety

Lapisan epoksi memiliki aditif anti selip yang mencegah selip. Bersamaan dengan itu, mereka tahan terhadap suhu dan benturan. Lapisan ini juga tahan terhadap api.

7. Kecerahan

Pelapis epoksi secara tradisional memiliki lapisan mengkilap yang akan meningkatkan pencahayaan ruang Anda dari tingkat refleksi tertentu dari lapisan mengkilap.

Kesimpulan

Lantai adalah bagian dari rumah Anda yang biasanya tidak Anda perhatikan terlalu banyak kecuali ada yang salah dengan itu, namun mereka adalah bagian penting dari rumah Anda.

Coating lantai beton adalah cara terbaik untuk menambahkan kehidupan ke dalam rumah. Cat beton dapat digunakan untuk sejumlah permukaan, seperti teras, garasi, carport, dan ruang bawah tanah.

Cat pelapis lantai beton adalah cara yang bagus untuk menambahkan sedikit bakat pada dekorasi rumah Anda serta memberikan daya tahan tambahan pada lantai beton Anda.

Lapisan epoksi dapat menjadi pilihan untuk dipertimbangkan untuk lantai Anda, memberi mereka daya tahan dan daya tarik estetika. Oleh karena itu, maka pelapis lantai epoxy adalah sesuatu yang harus Anda investasikan.