Epoxy lantai keramik adalah pelapis tahan abrasi unik yang melindungi dengan mengikat partikel keramik ke sistem resin, sehingga menghasilkan cangkang keramik enkapsulasi. Setiap partikel keramik dilapisi resin dan menjadi padat dan kuat.

Keunggulan Epoxy Lantai Keramik

Epoxy tidak memiliki Nat seperti pada lantai keramik biasa sehingga jauh lebih bersih dan higienis untuk digunakan. Lantai keramik dengan Nat akan meninggalkan kotoran yang penuh kuman dan bakteri. Selain itu Nat tersebut juga susah untuk bersih. Dengan menggunakan epoxy pada lantai keramik maka lantai Anda bisa jauh lebih bersih dan mengkilap serta mudah juga untuk dibersihkan. Karena lantai yang lebih mengkilap dan bersih maka reflektifitas cahaya yang masuk akan menjadi lebih baik sehingga ruangan akan lebih terang dan indah.

Tidak hanya tahan terhadap beban, lantai yang sudah dilapisi dengan epoxy juga tahan terhadap kotoran seperti debu, bensin, minyak, bahkan juga tahan terhadap zat kimia maupun panas dan air. Penggunaan epoxy pada lantai keramik bagus digunakan jangka panjang untuk mencegah kerusakan dan kotoran yang membuat kusam dan berjamur.

Kekurangan Epoxy Lantai Keramik

Garis Nat yang terdapat pada lantai keramik tidak akan hilang meskipun dilapisi oleh epoxy. Ada teknik khusus yang membutuhkan keahlian, biaya, dan waktu tambahan agar Nat atau tonjolan keramik bisa rata dan tidak terlihat. Pada jenis keramik dengan permukaan glossy seperti kaca, cairan epoxy tidak bisa melekat dengan baik tanpa teknik khusus.

Selain itu, pengecatan menggunakan epoxy juga dipengaruhi oleh suhu sekitar. Pengecatan yang dilakukan di dalam ruangan harus memenuhi kondisi yaitu suhu normal, memiliki sirkulasi udara yang baik, dan tidak lembab. Sedangkan pengecatan di luar ruangan misalnya seperti kolam renang outdoor dan lain-lain harus dilakukan saat matahari tidak terik. Karena matahari yang terik akan membuat cat cepat kering dan pecah-pecah.

Harga Epoxy Lantai Keramik

Harga epoxy untuk lantai keramik permeternya yaitu berkisar antara Rp 95.000 hingga Rp 325.000 tergantung kualitas dan ketebalan medianya. Harga tersebut biasanya untuk lantai dengan luas di atas 101 meter persegi. Untuk ukuran di bawahnya bisa berbeda, tergantung lokasi dan kondisi tempat.

Cara menggunakan Epoxy Lantai Keramik

Harga Epoxy Lantai Keramik dan Keunggulan Kekurangan Epoxy Lantai Keramik
Perhatikan terlebih dahulu jenis keramik yang Anda miliki karena di beberapa jenis keramik yang memiliki permukaan glossy seperti kaca, epoxy tidak akan melekat. Sehingga keramik harus digriding hingga permukaan terlihat kasar dan epoxy bisa melekat pada keramik.

Selain itu juga dibutuhkan primer khusus untuk memastikan epoxy benar-benar melekat. Untuk keramik lama yang masih bagus untuk dipakai, cara menggunakannya tidak perlu dibongkar cukup diaplikasikan secara langsung saja pada lantai keramik yang sudah terpasang.

Pada lantai yang sering dilalui aktivitas orang, Anda bisa menggunakan lapisan epoxy dengan tipis saja karena beban manusia tidak terlalu berat. Sedangkan untuk lantai keramik yang sering dilewati beban berat seperti bagasi dengan berbagai macam kendaraan, gunakan epoxy dengan lebih tebal agar lebih kuat dan tahan lama.

Baca juga: