Epoxy lantai kayu jika dibandingkan dengan pelapis lantai lainnya, epoxy termasuk pelapis lantai yang memiliki harga terjangkau. Karena dapat diaplikasikan secara langsung di atas lantai kayu sehingga biaya pemasanganpun sedikit lebih murah dibandingkan pelapis lain.

Lantai kayu Anda akan lebih tahan terhadap hampir semua jenis noda seperti cairan transmisi, minyak, bensin, bahan pemutih, maupun cairan kimia lain.

Keunggulan Epoxy Lantai Kayu

Penggunaan lantai berbahan dasar kayu memang tidak sebanyak keramik atau batu marmer karena kayu memiliki ketahanan yang lebih rendah sehingga gampang rusak.

Karena hal tersebut beberapa orang hanya menggunakan lantai kayu di rumah yang minim akan beban. Selain itu, ketahanannya terhadap berbagai jenis bakteri dan kuman juga membuat lantai kayu Anda lebih mudah dibersihkan sehingga menjadi lebih nyaman.

Perlu diketahui bahwa lantai kayu memiliki motif alami yang diberikan lantai kayu membuat rumah terlihat nyaman sehingga banyak yang menyukainya. Penggunaan epoxy pada lantai kayu juga akan membuat lantai lebih kuat terhadap beban sehingga tidak mudah rusak.

Keunggulan memakai epoxy pada lantai kayu yang tidak bisa dilupakan adalah keindahan dan kecerahan yang diberikan. Permukaan yang lebih halus dan bersih membuat Anda lebih nyaman meskipun berada di lantai sekalipun.

Cat epoxy yang awalnya berupa cairan setelah mengering akan mengeras sehingga lebih kuat menahan beban. Jadi, lantai kayu yang diberi atau dipasang epoxy akan terlihat lebih indah dan mengkilap sehingga nuansa bersih dari rumah Anda akan lebih terasa.

Harga Epoxy Lantai Kayu

Harga Epoxy Lantai Kayu dan Keunggulan Kekurangan Epoxy Lantai Kayu
Harga epoxy untuk lantai kayu bervariasi tergantung merk dan kualitas yang dimiliki. Selain itu, Epoxy untuk lantai kayu juga mudah didapatkan di toko-toko bangunan dengan harga di pasaran atau di toko-toko yaitu mulai dari Rp. 50.000 hingga Rp 78.000 per kilogramnya.

Harga ini merupakan harga standar dari Epoxy, semakin bagus kualitas yang dimiliki maka harganya akan semakin mahal. Namun, harga yang biasa dibandrol di toko-toko mulai dari Rp 50.000, Rp 55.000, Rp 62.000, dan Rp 78.000 per kilogram. Harga tersebut berbeda-beda tergantung dari merk epoxy yang Anda pilih.

Cara menggunakan Epoxy Lantai Kayu

Ada beberapa pilihan alat yang bisa digunakan untuk mengaplikasikan epoxy pada lantai kayu diantaranya adalah roll, spray, atau kuas. Kuas dan roll lebih banyak digunakan untuk epoxy yang cepat mengering, sedangkan spray untuk yang lambat mengering.

Cara menggunakan epoxy pada lantai kayu dengan teknik thin coat agar tidak menghilangkan detail dari tekstur lantai Anda. Caranya adalah dengan mengaplikasikan epoxy pada lantai kayu secara tipis saja kemudian tunggu hingga lantai menjadi kering. Jika sudah kering, lakukan pengecatan lagi hingga ketebalan sesuai dengan kebutuhan Anda. Untuk lantai kayu yang sering tersiram air atau cairan minyak seperti dapur, bisa menggunakan cairan epoxy anti licin.

Jika memakai epoxy terlalu tebal pada lantai kayu akan menghilangkan detail asli lantai, sedangkan jika terlalu tipis maka kekuatannya akan berkurang. Solusi dari masalah tersebut adalah menerapkan teknik thin coat ketika menggunakan epoxy pada lantai kayu Anda.

Meskipun akan memakan lebih banyak waktu namun detail lantai yang indah tetap akan terlihat. Cara menggunakan epoxy dengan teknik thin coat adalah mengoleskan epoxy secara tipis ke seluruh permukaan lantai, kemudian tunggu mengering. Ulangi hal tersebut hingga mendapatkan ketebalan yang Anda inginkan.

Penggunaan epoxy anti licin akan meminimalkan kelicinan yang dimiliki oleh lantai kayu Anda. Cara menggunakannya sama dengan jika melakukan teknik thin coat jika ingin lapisan tebal, atau bisa secara langsung jika cukup dengan lapisan tipis saja. Lantai kayu tanpa pelapis akan mudah rusak jika mendapatkan beban terlalu berat. Dengan pemasangan yang baik dan benar, lantai kayu Anda akan jauh lebih awet dan dapat menahan beban lebih berat.

Kekurangan Epoxy Lantai Kayu

Ketika mengaplikasikan epoxy pada lantai kayu, Anda harus berhati-hati jangan sampai mengenai perabotan atau barang penting di sekitarnya. Cairan ini jika sudah melekat pada suatu benda akan sulit untuk dihapus. Anda perlu menggosok berulang atau menggunakan bahan tertentu untuk membersihkannya. Satu-satunya cara untuk menghindari hal tersebut adalah dengan menjauhkan barang berharga Anda ketika pengaplikasiannya.

Kekurangan lainnya adalah jika Anda terlalu tebal dalam menggunakan epoxy pada lantai kayu maka permukaannya akan terlihat semakin tidak jelas. Ketika permukaan lantai menjadi samar makan detail asli dari keindahan lantai kayu Anda tidak akan terlihat.

Lantai kayu yang diberi lapisan epoxy terlalu tebal akan menghilangkan detail tekstur aslinya sehingga detail dari lantai akan menghilang. Lantai dari kayu biasanya disukai karena warnanya yang alami dan membuat sesorang menjadi semakin nyaman berada di sekitarnya.

Saat mengaplikasikan Anda juga harus menyediakan waktu untuk mengecek apakah permukaan lantai sudah rata atau belum. Jangan lupa, cek juga serabut di setiap bagian lantai, karena serabut akan mengganggu proses pengaplikasian epoxy. Kondisi lantai kayu juga harus kering ketika akan diberi epoxy. Banyaknya hal yang harus diperiksa tentu saja akan merugikan karena menghambat waktu Anda.

Jika detail dari teksturnya menghilang tentu saja kenyamanan tersebut akan menghilang. Ada teknik khusus yang disebut teknik thin coat yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah tersamarkannya detail dari lantai kayu. Namun waktu yang dibutuhkan akan jauh lebih lama jika menggunakan teknik tersebut.

Selain itu, lantai kayu yang menggunakan bahan pelapis epoxy akan licin jika basah sehingga dapat menyebabkan situasi berbahaya terutama untuk anak-anak. Jika lantai rentan dengan tumpahan air atau cairan lain maka penggunaan lapisan ini tidak disarankan untuk dilakukan.

Baca juga: