Keunggulan Cat Epoxy Lantai Beton

Lantai beton merupakan lantai dengan warna yang monoton dan kurang bagus sehingga banyak digunakan di tempat yang tidak menampilkan keindahan seperti atap atau garasi. Epoxy bagus untuk membantu Anda menghias lantai beton dengan berbagai macam varian warna yang menarik. Jumlah warna yang bisa dipilih dapat mengupgrade warna beton yang monoton dan tidak menarik sehingga rumah atau bangunan Anda lebih indah.

Lapisan epoxy juga bisa membuat lantai beton Anda lebih bersinar, elegan, dan halus. Lantai beton dengan lapisan epoxy akan lebih menghemat biaya dibandingkan lantai keramik atau lainnya. Karena harga keramik relatif lebih tinggi dibandingkan dengan lantai beton. Lantai beton dengan lapisan epoxy sangat baik untuk lantai dengan beban yang berat seperti lantai pabrik atau tempat kerja.

Kekurangan Cat Epoxy Lantai Beton

Permukaan lantai beton dengan epoxy bisa menyebabkan lantai menjadi licin, terutama jika lantai terlalu sering dibersihkan dengan sabun atau sejenisnya. Sehingga mempertimbangkan dengan baik sebelum memilih cat epoxy harus benar benar dilakukan. Ada beberapa cat epoxy anti licin yang bisa digunakan. Cat epoxy pada lantai beton juga memiliki bau yang kuat karena terbuat dari berbagai bahan kimia. Jika melakukan pemasangan Anda harus menggunakan pengaman dengan baik.

Selain itu, Anda harus menunggu lantai beton kering dengan sempurna paling tidak 28 hari sejak dipasang sebelum mengaplikasikan cat epoxy. Waktu tersebut bisa berbeda-beda karena beberapa faktor seperti lokasi gedung dan lain sebagainya.

Setelah itu pengecekan kadar air, alkali, dan pH harus dilakukan dengan alat Protimeter. Fungsinya agar mengetahui dengan tepat kapan cat epoxy dapat dengan baik melekat pada lantai beton. Pengecekan tersebut biasanya hanya efektif dilakukan oleh ahli sehingga Anda tidak bisa mengaplikasikan cat epoxy sendiri.

Harga Cat Epoxy Lantai Beton

Harga cat epoxy untuk lantai beton per kilogramnya cukup terjangkau yaitu mulai dari Rp 80.000. Untuk kualitas terbaik harga cat ini bisa mencapai Rp 900.000 per kilogramnya. Dengan harga sebesar itu Anda juga sudah bisa mendapatkan garansi dari pihak yang memasang epoxy.

Cara Menggunakan Cat Epoxy Lantai Beton

Harga Cat Epoxy Lantai Beton dan Keunggulan Kekurangan Cat Epoxy Lantai Beton
Cara menggunakan cat epoxy pada lantai beton yang baik dan benar adalah dimulai dengan mengaplikasikan primer epoxy. Setelah 1 jam dan primer epoxy sudah kering kemudian Anda bisa mengaplikasikan cat epoxy dasar supaya permukaan menjadi halus dan pengamplasan bisa dilakukan setelah cat tersebut kering. Dan yang terakhir dilakukan adalah melakukan pengecatan menggunakan cat epoxy pada setiap bagian lantai beton Anda.

Lapisan epoxy yang diaplikasikan sesuai dengan ketebalan yang Anda inginkan, semakin tebal cat yang digunakan maka akan semakin lama proses pengecatannya. Finishing dilakukan untuk menentukan jenis lantai yang diinginkan misalnya glossy, dof, atau 3D.

Baca juga: