Epoxy lantai memiliki termoplastik tertentu yang perlu bereaksi dengan pengeras atau asam lemak, sehingga membuatnya menjadi struktur jaringan makromolekul, yang akan membuat perubahan dari termoplastik ke termoseting, sehingga menampilkan setiap jenis kinerja yang sangat baik.

Artikel transkerja.com kali ini akan berbagai dengan Anda berkenaan dengan analisa harga borongan cat epoxy lantai, analisa harga satuan cat epoxy lantai nippon paint, analisa harga satuan cat epoxy lantai, analisa harga satuan cat lantai epoxy floor coating serta keunggulan dan kekurangannya. Simak ulasan artikel dibawah ini.

1. Keunggulan Kekurangan dan Analisa Harga Borongan Cat Epoxy Lantai


Keunggulan Cat Epoxy Lantai

Keunggulan yang dihadirkan dari cat yang satu ini adalah sifat protektifnya yang diberikan kepada lantai. Lantai yang telah dilapisi oleh cat epoxy akan terlindungi dari noda, kelembaban, dan juga keretakan. Proses pembersihan lantai juga akan menjadi lebih mudah karena noda dan kotoran tidak bisa masuk kedalam lapisan dalam atau sela-sela lantai.

Selain itu, pengaplikasian cat epoxy ini juga tergolong mudah, dan juga ramah lingkungan sehingga tidak berbahaya bagi kesehatan anggota keluarga maupun orang-orang yang berada diatas lantai. Menghadirkan berbagai kenyamanan, cat epoxy ini dapat memberikan ketahanan yang lebih lama pada lantai sehingga biaya renovasi menjadi lebih hemat.

Kekurangan Cat Epoxy Lantai

Kekurangan dari cat epoxy lantai ini adalah baunya yang cukup menyengat terutama ketika pertama kali diterapkan pada lantai. Bau yang dihasilkan berupa bau amonia yang kuat. Oleh karena itu, untuk mengantisipasinya selama proses pengaplikasian berlangsung gunakan selalu masker. Anda juga harus menjauhkan anak-anak dan ibu hamil ketika proses pelapisan sedang berlangsung karena dapat bau amonia yang kuat dapat mengganggu kenyamanan mereka.

Selain baunya yang sangat kuat di awal-awal pengaplikasian, proses pengeringan yang dihasilkannya juga cenderung lama karena membutuhkan waktu hingga berhari-hari. Proses pelapisannya juga tidak bisa dilakukan sekali saja. Untuk mendapatkan ketebalan yang sesuai,maka proses pengaplikasian harus dilakukan berulang-ulang dan menunggu lapisan sebelumnya kering terlebih dahulu.

Harga Borongan Cat epoxy Lantai

Jika Anda membutuhkan cat pelapis lantai dalam jumlah banyak untuk melapisi lantai yang sangat luas, maka membeli cat lantai secara borongan dapat menjadi solusi tepat karena biaya yang dikeluarkan menjadi lebih hemat. Untuk harga cat lantai 20 kg biasa dibanderol pada kisaran harga Rp 1.500.000, untuk 10 kg merk Epogreen 2 komponen dibanderol pada kisaran harga Rp 1.600.000 dan ukuran 40 kg dibanderol pada kisaran harga Rp 6.050.000

Cara Menggunakan Cat Epoxy Lantai

Untuk mengecat lantai dengan menggunakan dibutuhkan beberapa tahapan-tahapan. Tahapan pertama yang harus dilakukan yaitu dengan menyiapkan permukaan lantai yang akan dicat terlebih dahulu. Metode yang dilakukan yaitu pengamplasan atau diamond grinding. Setelah diamplas, lantai dapat disapu agar sisa-sisa pengamplasan tidak tersisa di lantai.

Langkah penting selanjutnya yaitu perlakuan priming. Dengan perlakuan priming, maka resiko adanya gelembung dan juga gas pada lapisan dapat dihindari. Selain itu, perlakuan priming juga akan meminimalisisr kegagalan pelapisan pada tahap-tahap selanjutnya. Perlakuan priming dilakukan dengan menggunakan epoxy primer.

Jika ada lubang pada lantai, Anda dapat menambalnya terlebih dahulu. Jika ada keretakan pada lantai, maka bagian retakan diiris kemudian ditambal. Setelah permukaan lantai dipastikan bersih da juga rata, maka langkah terakhir yaitu dengan melapisi lantai menggunakan cat epoxy lantai.

Baca juga:

2. Keunggulan Kekurangan dan Analisa Harga Satuan Cat Epoxy Lantai Nippon Paint


Keunggulan Cat Epoxy Lantai Nippont Point

Cat epoxy lantai Nippon Paint memiliki daya tahan terhadap hadirnya bakteri dan kuman. Proses pembersihannya yang tergolong mudah juga menjadikan cat pelapis ini banyak digunakan oleh rumah sakit agar kondisi ruangan selalu steril dan terhindar dari paparan penyakit. Selain di rumah sakit, lantai rumah juga dapat diaplikasikan dengan cat ini, terutama bagi Anda yang menginginkan kondisi lantai rumah yang steril dan bebas paparan kuman.

Jika dibandingkan dengan lantai tanpa pelapis, lantai yang telah dilapisi oleh cat epoxy ini akan memiliki jangka waktu ketahanan yang lebih lama hingga beberapa dekade. Kondisi lantainya pun masih bagus dan tidak akan menimbulkan kerusakan seperti keretakan. Karena daya tahan yang cenderung tinggi inilah yang menjadikan cat epoxy lantai Nippon Paint sangat banyak digunakan oleh kalangan komersial dan juga industri.

Kekurangan Cat Epoxy Lantai Nippon Point

Walaupun memiliki keunggulan, cat ini juga memiliki kekurangan terutama dari baunya yang cenderung menyengat. Selain itu, walaupun pengaplikasiannya mudah, proses pengerjaannya harus dilakukan oleh orang yang benar-benar ahli karena jika gagal maka cat lantai epoxy ini menjadikan permukaan lantai menjadi tidak rata atau menggembung.

Pengaplikasian yang tidak benar juga akan menjadikan kondisi lantai tampak seperti melepuh karena cairan akan menumpuk di bagian bawah, menumpuk, kemudian menguap. Selain itu kekuatan lantai juga dapat menjadi lebih berkurang.

Proses pelapisan dengan menggunakan cat epoxy nipont paint ini juga membutuhkan waktu yang lama dan perlahan-lahan karena proses pengeringan catnya yang membutuhkan waktu yang lama. .Proses pelapisan harus dilakukan secara berulang-ulang agar mendapatkan ketebalan yang bagus dan berkualitas.

Harga Satuan Cat Epoxy Lantai Nippont Point

Untuk harga cat lantai epoxy nippon paint memiliki harga yang berbeda-beda sesuai dengan variasi jenis ketebalan yang dihadirkannya. Untuk ketebalan 300 micron, harga yang ditawarkan berada pada kisaran harga Rp 95.000. Harga ini akan semakin meningkat sesuai dengan peningkatan ketebalan, dan pada ketebalan 3000 micron  cat lantai epoxy dibanderol pada kisaran harga Rp 325.000

Kesulitan Pengaplikasian Cat Epoxy Lantai

Dalam pengaplikasian cat epoxy lantai biasanya akan ditemukan kesulitan-kesulitan. Tingkat kesulitan pengaplikasiannya dilihat dari kandungan padatannya. Pada cat expoxy yang memiliki kepadatan 100%, maka hasil lapisan lantai yang didapat dapat mencapai 100%. Begitu pula jika kepadatan 50%, maka hasil lapisan lantai ketika mengering yang didapat hanya mencapai 50%.

Walaupun menghasilkan kualitas lapisan yang paling tinggi, epoxy padatan 100% lebih sulit diaplikasikan karena visikositasnya yang lebih tinggi. Selain lebih sulit, waktu yang digunakan juga lebih terbatas. Jika Anda ingin memilih jenis cat yang mudah diterapkan, maka menggunakan viskositas lebih rendah dapat menjadi solusinya.

Baca juga:

3. Keunggulan Kekurangan dan Analisa Harga Satuan Cat Epoxy Lantai


Keunggulan Cat Epoxy Lantai

Cat epoxy lantai merupakan salah satu jenis cat khusus yang biasa digunakan untuk menghasilkan permukaan lantai yang kedap terhadap permukaan air. Keunggulan dari cat ini adalah bahan catnya yang dapat diaplikasikan ke berbagai warna lantai. Dengan adanya keunggulan ini, maka Anda dapat dengan mudah memberikan warna-warna lantai yang berbeda sesuai dengan zona ruangan.

Lantai yang dilapisi oleh cat epoxy juga memiliki daya tahan yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan lantai yang tidak dilapisi dengan cat. Lantai yang tidak dilapisi cat biasanya akan cepat aus akibat adanya gesekan dengan barang-barang perabotan. Cat epoxy dapat memperpanjang umur lantai karena memberikan ketebalan pada lapisan lantai sehingga tidak mudah aus.

Kekurangan Cat Epoxy Lantai

Walaupun menghadirkan berbagai keunggulan, cat epoxy juga memiliki beberapa kekurangan yaitu sifatnya yang sementara. Cat pelapis lantai yang satu hanya digunakan sebagai solusi untuk melapisi lantai dalam jangka waktu pendek. Jika lantai sering dilewati dengan kendaraan berat, maka ada baiknya untuk mengganti cat pelapis ini secara berkala.

Selain itu, permukaan lantai yang dilapisi oleh cat epoxy biasanya cenderung licin apalagi jika berada dalam kondisi basah. Oleh karena itu, sebelum menggunakan cat pelapis ini ada baiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu terkait tips-tips atau cara-cara yang bisa dilakukan untuk menghindari resiko tersebut.

Harga Satuan Cat Epoxy Lantai

Untuk harga satuan cat epoxy sendiri memiliki beberapa variasi yang beragam. Mulai dari harga Rp 40.000 per kg hingga mencapai Rp 900.000 per kg. Perbedaan jenis harga ini tentunya sesuai dengan kualitas cat yang dihasilkan dan juga merk yang dimilikinya. Anda dapat memilih jenis cat yang sesuai dengan budget, namun yang harus diingat adalah jangan tergiur dengan harga murah  jauh dibawah harga pasar karena kualitas yang diberikannya bisanya sangat buruk.

Cara Mengaplikasikan Cat Epoxy Lantai

Sebelum melakukan aplikasi cat epoxy pada lantai, hal yang harus diperhatikan adalah memastikan bahwa lantai berada dalam kondisi kering dan juga bersih terutama dari berbagai bahan-bahan cair sepeti minyak dan juga bahan pelarut lainnya. Pada lantai beton biasanya proses pembersihan lantai akan berjalan lebih lama. Walaupun begitu, kondisi bersih ini harus tetap dijaga.

Pada lantai beton, proses pembersihan bisa dilakukan dengan menggunakan mesin griding. Mesin ini akan membantu mengangkat noda-noda yang melekat pada lantai. Kerjanya juga menjadi lebih cepat dan cakupan area pembersihannya menjadi lebih luas.

Bagi Anda yang belum bisa melapisi lantai sendiri, pihak penjual cat biasanya sudah menghadirkan berbagai tenaga ahli profesional yang akan membantu Anda dalam mengaplikasikan cat epoxy ini. Anda dapat memanfaatkannya agar pengerjaan pelapisan lantai berlangsung dengan lebih cepat dan tentunya sesuai dengan prosedur.

Baca juga:

4. Keunggulan Kekurangan dan Analisa Harga Satuan Cat Lantai Epoxy Floor Coating


Keunggulan Cat Lantai Epoxy Floor Coating

Cat lantai epoxy floor coating memiliki banyak variasi warna yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan ruangan. Adanya beragam warna ini tentunya akan sangat menunjang tampilan dan juga dekorasi ruangan sehingga terlihat lebih menarik. Hadirnya beragam jenis warna ini juga dapat memberikan nilai ekonomis terutama bagi Anda yang ingin memperbaharui tampilan pada lantai beton.

Selain menghadirkan berbagai variasi warna yang menarik, daya tahan yang diberikannya juga tergolong cukup tinggi Lantai yang dilapisi oleh cat exposy floor coating akan lebih tahan terhadap panas dan juga ai, Efek tumpahan bahan kimia juga tidak akan berpengaruh kepada kondisi lantai yang telah dilapisi oleh cat yang satu ini.

Kekurangan Cat Lantai Epoxy Floor Coating

Cat epoxy lantai memiliki kekurangan tersendiri karena tidak tahan terhadap sinar matahari langsung. Apabila lantai yang telah dilapisi oleh cat epoxy terkena paparan sinar matahari langsung, hal ini biasanya akan meninggalkan warna kekuningan pada bagian dalam lapisan. Hal ini tentunya akan memperburuk kualitas dan juga warna yang dihasilkan oleh pelapis.

Permukaan lantai yang dilapisi oleh cat pelapis juga umumnya cenderung lebih licin terutama jika terkena paparan air. Oleh karena itu, jika lantai telah terlapisi oleh cat ini ada baiknya untuk berhati-hati agar tidak ada air yang tertumpah ke lantai. Jika ada air yang menggenang segeralah untuk membersihkannya karena hal tersebut akan sangat membahayakan orang-orang yang berjalan di atas lantai.

Harga Satuan Cat Lantai Epoxy Floor Coating

Untuk harga cat epoxy lantai floor coating ini memiliki variasi harga yang didasarkan pada merknya. Pada merk cat lantai epoxy Dana Paint biasa dibandrol pada kisaran hara Rp 90.000 rupiah. Sedangkan merk cat lantai Jotun memiliki kisaran yang harga yang lebih tinggi karena dibanderol pada kisaran hara Rp 600.000. Harga juga menentukan kualitas cat yang dihadirkan. Semakin tinggi harga jualnya, maka kualitas cat yang dihadirkan akan  semakin tinggi.

Jenis-jenis Cat Epoxy Lantai

Bagi Anda yang baru mengenal cat pelapis lantai yang satu ini, Anda harus mengetahui bahwa cat epoxy memiliki jenis yang bermacam-macam. Jenis cat epoxy antara lain cat epoxy waterbone, cat epoxy high solids, dan cat epoxy polyurethane top coats.

Cat epoxy waterbone merupakan jenis cat pelapis lantai berbasis air yang sangat mudah diterapkan. Jenis yang satu ini sangat banyak digunakan oleh para perusahaan karena mudah dirancang sebagai sistem mantel tunggal. Cat epoxy high solids merupakan salah satu jenis cat pelapis lantai kelas komersial yang memiliki daya tahan yang tinggi terhadap noda, abrasi, dan juga bahan kimia. Sedangkan cat epoxy polyurethane top coats akan membantu membuat lantai menjadi lebih berkilap.

Baca juga:

Bagaimana Cara Mempertahankan Masa Pakai Lantai Epoxy

4 Analisa Harga Epoxy Lantai Keunggulan dan Kekurangan Epoxy Lantai
Sepanjang minggu, lantai epoksi memiliki daya rekat yang kuat, lentur, kompresi, berkinerja lebih unggul. Namun sekali lagi hal yang baik memiliki daya dukung pamungkas dan masa pakai. Jadi, agar dapat menggunakan lantai epoksi dengan lebih baik dan memperpanjang masa pakainya, sehingga penggunaan sehari-hari memerlukan pemeliharaan yang benar.