Termostat adalah komponen yang berguna untuk merasakan suhu sistem fisik sehingga melakukan tindakan pada sistem suhu dipertahankan di dekat setpoint yang diinginkan.

Termostat digunakan dalam perangkat atau sistem apa pun yang memanaskan atau mendinginkan ke suhu setpoint, contohnya termasuk pemanas gedung, pemanas sentral , pendingin udara, sistem HVAC, pemanas air, serta peralatan dapur termasuk oven dan lemari es serta inkubator medis dan ilmiah.

Dalam literatur ilmiah, perangkat ini sering secara luas diklasifikasikan sebagai beban yang dikendalikan secara termostatis (TCL). Beban termostatis yang dikendalikan terdiri sekitar 50% dari permintaan listrik secara keseluruhan di Amerika Serikat.

Macam - Macam Fungsi Thermostat dan Cara Kerja Thermostat

Fungsi thermostat adalah beroperasi sebagai perangkat kontrol "loop tertutup", karena ia berupaya mengurangi kesalahan antara suhu yang diinginkan dan yang diukur. Terkadang termostat menggabungkan elemen aksi penginderaan dan kontrol dari sistem yang dikontrol, seperti pada termostat otomotif di mesin mobil, motor, ac mobil.

Fungsi Thermostat

Thermostat adalah komponen penting dalam pendinginan cairan. Alat ini memastikan bahwa mesin pembakaran mencapai suhu operasi yang ideal secepat mungkin dan kemudian mempertahankan suhu.

Fungsi Thermostat yang merupakan komponen penting dalam pendinginan cairan ini adalah prasyarat penting yang memungkinkan mesin pembakaran mencapai kinerja optimal dalam semua kondisi beban dan memancarkan zat berbahaya di tingkat rendah.

Fungsi Thermostat Pada Mesin Mobil

Fungsi Thermostat Pada Mesin Mobil
Setiap mesin mobil berpendingin cair memiliki perangkat kecil yang disebut termostat yang terletak di antara mesin dan radiator. Termostat di sebagian besar mobil berdiameter sekitar 5 cm.

Tugas thermostat pada mesin mobil adalah memblokir aliran cairan pendingin ke radiator sampai mesin mengalami pemanasan. Saat mesin dingin, tidak ada cairan pendingin yang mengalir melalui mesin. Setelah mesin mencapai suhu operasinya (umumnya sekitar 200 derajat F, 95 derajat C), thermostat akan terbuka.

Dengan membiarkan mesin melakukan pemanasan secepat mungkin, termostat mengurangi keausan, endapan, dan emisi pada engine.

Jika Anda pernah memiliki kesempatan untuk mengujinya, termostat adalah hal yang menakjubkan untuk ditonton karena apa yang mereka lakukan tampaknya memang menakjubkan.

Anda bisa memasukkannya ke dalam panci berisi air mendidih di atas kompor. Saat memanas, katupnya terbuka sekitar satu inci, tampak ajaib! Jika Anda ingin mencobanya sendiri, pergi ke toko onderdil mobil dan beli satu.

Cara lain silahkan menonton cara kerja thermostat di bawah ini.
[youtube v=T8cGKdICJmc]

Contoh paling umum dari teknologi termostat mekanis murni yang digunakan saat ini adalah termostat sistem pendingin engine pembakaran internal , yang digunakan untuk menjaga mesin di dekat suhu pengoperasian optimal dengan mengatur aliran cairan pendingin ke radiator berpendingin udara.

Jenis termostat ini beroperasi menggunakan ruang tertutup yang berisi lilin yang meleleh dan mengembang pada suhu tertentu. Perluasan ruangan mengoperasikan batang yang membuka katup ketika suhu operasi terlampaui. Temperatur operasi ditentukan oleh komposisi lilin.

Setelah suhu operasi tercapai, termostat secara progresif meningkatkan atau mengurangi pembukaannya sebagai respons terhadap perubahan suhu, secara dinamis menyeimbangkan aliran resirkulasi cairan pendingin dan aliran cairan pendingin ke radiator untuk menjaga suhu mesin dalam kisaran optimal.

Pada banyak mesin mobil, termostat tidak membatasi aliran ke inti pemanas. Tangki sisi penumpang radiator digunakan sebagai jalan pintas ke termostat, mengalir melalui inti pemanas. Ini mencegah pembentukan kantong uap sebelum termostat terbuka, dan memungkinkan pemanas berfungsi sebelum termostat terbuka. Manfaat lain adalah masih ada aliran melalui radiator jika termostat rusak.

Fungsi Thermostat Pada Mesin Tetas

Fungsi thermostat pada mesin tetas telur unggas dari inkubator telur ini adalah peralatan peternakan untuk penetasan  telur ayam.
[youtube v=YpzT2Sg8mio]
Mesin tetas termostat kapsul, cara mengunakan termostat kapsul dan penangaturanya

  1. fungsi thermostat ac mobil
  2. fungsi thermostat pada kulkas
  3. fungsi thermostat
  4. fungsi thermostat adalah
  5. fungsi thermostat kulkas
  6. fungsi thermostatic valve pada karburator
  7. fungsi thermostat vario 110
  8. fungsi katup jiggle thermostat
  9. fungsi sensor thermostat
  10. fungsi thermostat digital
  11. fungsi thermostat dispenser
  12. fungsi thermostat jupiter mx
  13. fungsi thermostat kipas angin
  14. fungsi thermostat laboratorium
  15. fungsi thermostat mobil
  16. fungsi thermostat motor
  17. fungsi thermostat pada dispenser
  18. fungsi thermostat pada setrika
  19. fungsi thermostat pada sistem pendingin
  20. fungsi thermostat pada water heater
  21. fungsi thermostat rice cooker
  22. fungsi thermostat ruangan
  23. fungsi thermostat vixion
  24. jelaskan fungsi termostat dalam suatu sistem pendingin
  25. jelaskan fungsi thermostat pada sistem pendingin
Thermostat memberikan kontrol dengan menghidupkan atau mematikan perangkat pemanas atau pendingin, atau dengan mengatur aliran cairan transfer panas sesuai kebutuhan, untuk mempertahankan suhu yang benar. Sebuah termostat sering dapat menjadi unit kontrol utama untuk sistem pemanas atau pendingin, dalam aplikasi mulai dari kontrol udara sekitar, hingga seperti kontrol pendingin otomotif. Termostat digunakan dalam perangkat atau sistem apa pun yang memanaskan atau mendinginkan pada suhu setpoint, contohnya termasuk pemanas gedung, pemanas sentral , pendingin udara , serta peralatan dapur termasuk oven dan lemari es dan inkubator medis dan ilmiah.

Termostat menggunakan berbagai jenis sensor untuk mengukur suhu. Dalam satu bentuk, termostat mekanik, strip bimetal dalam bentuk koil secara langsung mengoperasikan kontak listrik yang mengontrol sumber panas atau dingin. Termostat elektronik, sebaliknya, menggunakan termistor atau sensor semikonduktor lainnya yang membutuhkan amplifikasi dan pemrosesan untuk mengontrol peralatan pemanas atau pendingin.