Bau air kolam Ikan biasanya terkait dengan ikan yang mati, kelebihan makanan, limbah, atau tanaman yang telah membusuk.

Ikan mati

Bagaimana Cara Menghilangkan Bau Air Kolam Ikan? Simak Tips Berikut
Penyebab paling umum dari bau air kolam ikan adalah ikan mati. Mungkin beberapa hari setelah kematian ikan sebelum pemilik menyadari ada sesuatu yang salah. Untuk mengatasi bau air kolam ikan karena ikan mati, ialah segera mengeluarkannya.

Pemberian Pakan yang Berlebih

Overfeeding atau pemberian pakan ikan yang berlebihan adalah penyebab umum lain dari bau air kolam ikan.

Makanan yang dimakan jatuh ke bagian dasar kolam ikan, di mana ia mempromosikan pertumbuhan berlebih dari koloni bakteri. Pertumbuhan bakteri yang dengan pesat, juga gas dilepaskan, yang menyebabkan bau air kolam ikan.

Limbah

Kelebihan limbah ikan juga dapat menjadi penyebab bau air kolam ikan. Ketika ikan makan, mereka menghasilkan limbah.

Karena jumlah ikan yang meningkat, maka limbah kotoran ikan juga menjadi banyak. Akhirnya, limbah menjadi terlalu banyak untuk filter dan bakteri memproses ini kemudian menyebabkan bau pada air kolam ikan.

Tanaman yang Membusuk

Sementara itu kurang umum daripada penyebab lain di daftar ini, tanaman yang membusuk dapat menyebabkan bau busuk jika dibiarkan tanpa pengawasan. Tanaman mati yang mudah dikenali.

Mereka sering mengubah warna coklat atau hitam berlendir dan sering kali mempengaruhi kualitas air.

Apa yang harus dilakukan untuk bau air kolam Ikan?

Menemukan penyebabnya. Jika tubuh ikan membusuk bukanlah sumber dari bau, masalahnya adalah kemungkinan kelebihan pakan ikan.

Sumber yang bisa menjadi makanan yang dimakan, tanaman mati, atau hanya terlalu banyak kotoran ikan.

Menemukan penyebab diatas adalah relatif mudah untuk menentukan dengan memeriksa kolam ikan, dan partikel makanan yang dimakan. Jika ada banyak puing-puing pada substrat, kemungkinan itu adalah overfeeding.

Berikan kolam ikan sebuah pembersihan yang baik, dan kemudian mengurangi pemberian makan per hari.

Hal ini juga mungkin diperlukan untuk membersihkan filter, seperti umumnya ketika ada banyak puing-puing di dalam kolam, bisa menyebabkan filter tersumbat dan tidak melakukan pekerjaan yang baik untuk penyaringan air.

Langkah pencegahan

Setelah Anda menghilangkan sumber masalah, ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk memastikan masalah tidak datang kembali.

Jangan pernah lupa bahwa apa yang terjadi di dalam kolam ikan di sana. Overfeeding adalah penyebab nomor satu dari banyak masalah pada kolam ikan, termasuk air yang menjadi bau.

Ketahuilah pemberian pakan ikan yang berlebihan juga dapat menyebabkan gangguan jika mereka kekenyangan.

Pastikan Anda melakukan perubahan air dan pembersihan kolam ikan. Kadang-kadang bau adalah hasil dari kenaikan limbah, karena tidak pernah melakukan perubahan air. Intinya, kolan ikan yang terawat tidak akan pernah mengembangkan bau kuat.