Supervisor Produksi adalah orang yang secara langsung bertanggung jawab untuk mengawasi dan mengatur peralatan, staf, dan proses di lini produksi. Mereka akan mengawasi penjadwalan dan aktivitas produksi rutin serta bertindak sebagai pemecahan masalah lini pertama jika muncul masalah.

Supervisor Produksi Fungsi, Tugas, dan Tanggung Jawab Pekerjaan Dalam Perusahaan

Apa itu Supervisor Produksi?

Supervisor Produksi adalah manajemen lini pertama dari tim produksi. Hal ini terutama berkaitan dengan menjaga jalur produksi operasional dan mempertahankan produksi produk akhir yang sedang berlangsung. Produksi harus dimaksimalkan sambil mempertahankan kualitas dan keamanan staf pekerja dalam hal ini ialah "operator produksi".

Supervisor Produksi biasanya akan melibatkan manajemen staf produksi serta pemecahan lini pertama peralatan dan proses dalam fasilitas manufaktur.

Apa yang dilakukan oleh Supervisor Produksi?

Sebagian besar waktu Supervisor Produksi akan dihabiskan langsung dengan tim produksi. Selain itu, mereka akan memiliki tugas berbasis kantor untuk diselesaikan. Dalam manufaktur perangkat medis atau farmasi, Supervisor Produksi juga memiliki peran dalam menjaga kualitas produk yang adalah hal terpenting.

Tugas spesifik seorang pengawas produksi atau supervisor produksi akan berubah tergantung pada produk dan metode produksi, tetapi secara umum, tanggung jawab Supervisor Produksi dapat meliputi:
  1. Merencanakan jadwal produksi.
  2. Manajemen tim produksi - termasuk merekrut (merekomendasikan karyawan), menilai, melatih, dan mendisiplinkan bila diperlukan.
  3. Menetapkan tugas produksi kepada anggota tim dengan mempertimbangkan kebutuhan produksi dan kemampuan individu.
  4. Mengumpulkan data dan menyusun laporan tentang produksi.
  5. Memastikan semua dokumentasi yang diperlukan untuk kepatuhan peraturan diselesaikan secara akurat.
  6. Mengatasi masalah dengan peralatan atau mesin.
  7. Melakukan tinjauan proses produksi untuk mencoba mengidentifikasi area untuk perbaikan.
  8. Memastikan proses produksi sedang dilakukan sesuai dengan peraturan dan persyaratan perusahaan.
  9. Memastikan tim produksi memiliki akses ke semua bahan baku dan peralatan yang relevan untuk memastikan kelancaran produksi
  10. Bekerja dengan tim untuk memastikan bahwa tim dan peralatan produksi sepenuhnya patuh dan up-to-date dengan pelatihan.
  11. Memastikan waktu henti produksi dijaga seminimal mungkin

Kualifikasi Menjadi Supervisor Produksi

Pengawas Produksi biasanya akan memiliki pengalaman beberapa tahun dalam produksi [biasanya dalam industri yang sama (ini terutama berlaku di industri yang sangat diatur seperti manufaktur peralatan medis atau farmasi)].

Sementara kualifikasi tingkat pendidikan mungkin cukup ketika digabungkan dengan pengalaman kerja yang kuat, preferensi mungkin diberikan kepada kandidat yang memiliki tingkat pendidikan yang lebih tinggi (terutama dalam sains, teknik atau bisnis).

Keterampilan Apa yang Di Butuhkan?

Keterampilan yang dibutuhkan untuk menjadi Supervisor Produksi yang efektif meliputi:
  1. Keterampilan Organisasi - untuk tugas-tugas seperti merencanakan jadwal produksi dan memastikan semua bahan dan peralatan yang diperlukan tersedia bagi tim produksi saat dibutuhkan.
  2. Kemampuan Dalam Memecahkan Masalah - perlu dapat dengan cepat menilai masalah produksi dan menetapkan tindakan terbaik.
  3. Keterampilan Analisa - harus dapat menemukan masalah dalam proses manufaktur dengan cepat dan mengambil tindakan yang tepat untuk memperbaiki. Juga bertanggung jawab untuk memastikan bahwa tim produksi memiliki akses ke semua keterampilan dan peralatan yang diperlukan pada waktu yang tepat
  4. Manajemen Waktu - harus memastikan bahwa tim produksi mereka bekerja dengan cara yang paling efisien untuk waktu dan dengan downtime paling mungkin, untuk mempertahankan hasil produksi sambil tetap menjaga keamanan staf dan kualitas produk.
  5. Memiliki Kemampuan Pengambilan Keputusan - harus dapat membuat keputusan dengan cepat, di bawah tekanan, setelah penilaian yang cermat dari semua informasi yang tersedia.
  6. Keterampilan Berkomunikasi - harus dapat dengan jelas dan ringkas mengirimkan instruksi kepada tim produksi. Harus juga dapat menangani masalah manajemen tim secara cepat dan efektif

Gaji Pengawas Produksi & Pertumbuhan Pekerjaan

Negosiasi

Tips Lanjutkan Untuk Melamar Kerja Posisi Supervisor Produksi

Seperti halnya semua resume, sangat penting bahwa Anda menyesuaikan resume untuk posisi Supervisor Produksi agar mencerminkan bahasa yang digunakan dalam iklan pekerjaan.

Di mana Anda memiliki pengalaman atau keterampilan yang relevan, gunakan kata-kata dan frasa yang digunakan majikan untuk menggambarkannya. Jangan berasumsi bahwa seseorang akan membaca kata-kata yang mirip dan tahu apa yang Anda maksud.

Peran Pengawas Produksi biasanya akan mencari keterampilan yang diuraikan sebelumnya, meliputi:
  • Kemampuan berorganisasi
  • Kemampuan Pemecahan Masalah
  • Kemampuan analisis
  • Manajemen waktu
  • Kemampuan Pengambilan Keputusan
  • Bertanggung Jawab Mengatasi Pekerjaan Produksi
  • Dapat Bekerja DI Bawah Tekanan Dan Deadline
  • Berkarakter Baik, Jujur, Dan Cekatan
  • Dapat Berkomunikasi Dengan baik