Tempat ngabuburit di Semarang - Alhamdulilah kali ini kita masih diberi kesempatan menjalankan Bulan Suci Ramadhan. Menjelang buka puasa di bulan Ramadhan ini, biasanya banyak Muslim melakukan perjalanan alias ngabuburit buat nunggu bedug.

Untuk menentukan tujuan tempat hangout ramadhan terbaik bagi Anda yang ada di Semarang atau hendak berlibur ke Semarang. Inilah rekomendasi tempat-tempat menarik untuk ngabuburit bareng keluarga atau teman.

Masjid Agung Jawa Tengah
Masjid Agung Jawa Tengah
Masjid Agung Jawa Tengah juga merupakan salah satu ikon kota Semarang. Masjid ini mulai dibangun sejak tahun 2001 hingga selesai secara keseluruhan pada tahun 2006. Masjid ini berdiri di atas lahan 10 hektare.

Saat Ramadhan seperti ini, banyak sekali muda-mudi yang datang ke masjid ini untuk ngabuburit. Para wisatawan suka duduk-duduk di sini dan sesekali berfoto dengan background masjid yang indah ini.

Anda dapat mengunjungi Masjid Agung Jawa Tengah bersama teman atau keluargamu. Di sini Anda dapat menikmati kemegahan Masjid Agung yang arsitekturnya memadukan gaya khas Jawa serta Arab ini sambil dengan duduk-duduk disana.

Anda juga dapat naik ke menara masjid bila tertarik. tetapi menara masjid ini cuma dibuka sampai pukul 5 sore aja. Jadi Anda harus sesegera mungkin datang sedikit lebih awal supaya dapat naik ke area atas menara serta menikmati pemandangan dari ketinggian.

Apa bila ingin membeli jajanan buat berbuka puasa, Anda nggak usah was was. Di depan gerbang masjid ini banyak yang mendagangkan beragam macam makanan. Mulai dari gudeg, mie ayam, bakso, pecel, serta nasi kucing dapat Anda beli buat disantap saat buka puasa tiba.

Waduk Jatibarang dan Goa Kreo
Waduk Jatibarang dan Goa Kreo
Tempat ini masih relatif baru di Semarang. Goa Kreo merupakan Goa yang terbentuk oleh alam dan terletak di tengah-tengah Waduk Jatibarang, sebuah bendungan yang membendung Kali Kreo.

Goa Kreo merupakan suatu pulau kecil berkontur layaknya bukit. Goa ini pernah digunakan Sunan Kalijaga untuk bertapa. Pulau Goa Kreo atau dikatakan juga pulau monyet karena di sini terdapat banyak monyet ekor panjang yang jinak, dikelilingi waduk tersebut serta akhirnya mejadi tempat berkumpulnya penduduk Semarang saat sore hari.

Terutama di bulan Ramadhan, di mana banyak orang yang menelusuri tempat buat bersantai sambil menunggu masanya berbuka puasa. Jika ke sini, Anda akan disambut anak tangga yang lumayan banyak, sampai akhirnya tiba di jembatan merah itu. lantas bila telah di Goa Kreo, siap-siap dihampiri para monyet. Jangan lupa mengcover tas Anda, soalnya sebagian moyet itu cukup agresif.

Tapi, ini dapat di jadikan hiburan untuk Anda saat menunggu bedug. Anda juga dapat duduk-duduk bersetara dengan memeberi makan monyet-monyet itu dengan kacang yang Anda bawa sendiri dari rumah. serta jangan lupa, Anda juga perlu membawa sendiri makanan buat berbuka puasa di sini.

Simpang Lima
Simpang Lima
Simpang Lima disebut-sebut sebagai jantung kota Semarang. Simpang Lima dulunya adalah taman yang tidak terpelihara yang tidak digunakan oleh siapa pun. Tapi itu telah berubah, sekarang ini banyak tempat kegiatan yang asik buat nongkrong.

Anda dapat pergi ke daerah ini dan menikmati keindahan tempat favorit orang Semarang untuk ngabuburit.  Di sini juga banyak hiburan, seperti sepeda warna-warni yang unik, karena sepeda dilengkapi dengan lampu. Cobalah sesekali sewa sepeda warna-warni sambil menunggu bedug.

Simpang Lima juga dekat sekali dengan Masjid Raya Baiturrahman Semarang. Jadi, kalau Anda ingin shalat setelah buka puasa, Anda tidak perlu jauh-jauh pulang dulu ke rumah.

Taman Tabanas Bukit Gombel
Taman Tabanas Bukit Gombel
Bila Anda mau ngabuburit di tempat yang lebih sejuk, Anda dapat datang ke Taman Tabanas yang berada sekitar 8 km dari Tugu Muda Semaran, tepatnya di jalan Setyabudi Semarang. Di sini Anda juga dapat menikmati pemandangan kota Semarang dari ketinggian serta matahari terbenam yang cantik bersama teman atau keluarga.

Anda dapat menunggu bedug bersetara dengan duduk-duduk menikmati keindahan lampu-lampu kota yang satu persatu mulai menyala. Di Taman Tabanas juga terkandung banyak restoran serta kafe yang dapat Anda datangi buat berbuka puasa.