Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah kondisi kronis di mana darah memompa dari jantung masuk secara meningkat ke dinding arteri (pembuluh darah bersih).

Tekanan darah pada orang yang sehat dikatakan normal bila tensinya kurang dari atau setara 120/80 mm Hg.  Angka 120 menunjukkan tingkat tekanan ketika jantung memompa darah ke seluruh tubuh atau biasa disebut tekanan sistolik.

Sementara angka 80 berarti tingkat tekanan saat jantung beristirahat sejenak sebelum kembali memompa lagi atau kerap disebut tekanan diastolik. Tekanan darah juga di kategorikan normal, apa bila berada di bawah 140/90.

Bila tekanan darah tinggi, darah bergerak melalui arteri lebih kuat. Hal ini meningkatkan tekanan pada jaringan halus di arteri dan merusak pembuluh darah.

Hipertensi atau tekanan darah tinggi ini, juga dikenal sebagai “pembunuh diam-diam / silent killer” karena jarang memiliki gejala yang jelas, sampai telah melakukan kerusakan signifikan pada jantung.

Karena kebanyakan orang tidak memiliki gejala yang terlihat, mereka tidak sadar bahwa mereka memiliki tekanan darah tinggi.

Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Dengan Bawang Putih

Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Dengan Bawang Putih

Berikut ini adalah resep rumahan untuk cara menurunkan tekanan darah tinggi dengan menggunakan bawang putih.

Bahan-bahan
  • 3 siung bawang putih
  • Air secukupnya

Cara membuatnya
  1. Cuci bawang putih hingga bersih kemudian ditumbuk hingga halus
  2. Tambahkan air secukupnya, kemudian peras dan di saring

Jika Anda ingin menggunakan ini
Minumlah ramuan ini secara rutin sekali sehari

Catatan:
Anda juga bisa menyiapkan 3 siaun bawang putih, lalu panggang dengan api, konsumsi langsung setiap pagi selama 7 hari

Mengapa ini bekerja?
Bawang putih telah banyak digunakan oleh orang untuk menurunkan tekanan darah (1).

Menurut satu studi klinis, khasiat bawang putih mungkin memiliki efek lebih besar daripada tablet bubuk bawang putih biasa (2).

Satu review 2012 mencatat sebuah penelitian terhadap 89 orang dengan tekanan darah tinggi yang menemukan penurunan 6-12 mm Hg (3).

Cara Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Anda dapat membantu mencegah tekanan darah tinggi dengan memiliki gaya hidup sehat. Ini berarti mencakup beberapa cara seperti:

Mengonsumsi makanan sehat

Untuk membantu mengatur tekanan darah Anda, Anda harus membatasi jumlah sodium (garam) yang Anda makan, dan meningkatkan jumlah potassium dalam makanan Anda.

Hal ini juga penting untuk makan makanan yang lebih rendah lemak, serta perbanyak buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian.

Berolahraga teratur

Olahraga dapat membantu Anda mempertahankan berat badan yang sehat dan menurunkan tekanan darah Anda.

Anda harus mencoba untuk mendapatkan latihan aerobik intensitas sedang setidaknya 2 setengah jam per minggu, atau latihan aerobik intensitas tinggi selama 1 jam dan 15 menit per minggu.

Latihan aerobik, seperti jalan cepat, adalah latihan dimana jantung Anda berdetak lebih kencang dan Anda menggunakan lebih banyak oksigen dari biasanya.

Berada pada berat badan yang sehat.

Kelebihan berat badan atau obesitas meningkatkan risiko tekanan darah tinggi.

Mempertahankan berat badan yang sehat dapat membantu Anda mengendalikan tekanan darah tinggi dan mengurangi risiko Anda untuk masalah kesehatan lainnya.

Tidak merokok

Merokok menyebabkan tekanan darah dan membuat Anda berisiko tinggi terkena serangan jantung dan stroke.

Jika Anda tidak merokok, jangan mulai. Jika Anda merokok, bicarakan dengan dokter Anda untuk mendapatkan bantuan dalam menemukan cara terbaik agar Anda berhenti merokok.

Mengelola stres

Belajar bagaimana rileks dan mengatur stres bisa meningkatkan kesehatan emosional dan fisik Anda dan menurunkan tekanan darah tinggi.

Teknik manajemen stres meliputi berolahraga, mendengarkan musik, memusatkan perhatian pada sesuatu yang tenang atau damai, dan bermeditasi.

Jika Anda sudah memiliki tekanan darah tinggi, penting untuk mencegahnya agar tidak bertambah parah atau menyebabkan komplikasi.