Fungsi Manajemen di Suatu Perusahaan

Fungsi Manajemen dalam Suatu Perusahaan - Manajemen (atau mengelola) adalah  seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain, baik itu bisnis, organisasi non-profit, atau badan pemerintah.

Manajemen meliputi kegiatan pengaturan strategi dari suatu organisasi dan upaya koordinasi karyawan atau relawan untuk mencapai tujuannya melalui penerapan sumber daya yang tersedia, seperti sumber daya keuangan, alam, teknologi, dan manusia.

Istilah "manajemen" juga dapat merujuk kepada orang-orang yang mengelola sebuah organisasi.

Manajemen juga disiplin akademis, ilmu sosial yang bertujuan untuk mempelajari organisasi sosial dan kepemimpinan organisasi.

Manajemen belajar di perguruan tinggi dan universitas; beberapa derajat penting dalam manajemen adalah Bachelor of Commerce (B.Com.) dan Master of Business Administration (M.B.A.) dan, untuk sektor publik, Master of Public Administration (MPA).

Individu yang bertujuan menjadi peneliti manajemen atau profesor mungkin harus menyelesaikan gelar Doctor of Business Administration (DBA) atau PhD dalam administrasi bisnis atau manajemen.
Fungsi Manajemen
Dalam organisasi yang lebih besar, biasanya ada tiga tingkatan manajer, yang biasanya diselenggarakan dalam hirarki, struktur piramida. manajer senior, seperti Direksi, Chief Executive Officer (CEO) atau Presiden dari suatu organisasi, menetapkan tujuan strategis organisasi dan membuat keputusan tentang bagaimana organisasi secara keseluruhan akan beroperasi.

Manajer senior memberikan arahan kepada manajer menengah yang melaporkan kepada mereka.

Manajer menengah, contoh yang akan mencakup manajer cabang, manajer regional dan manajer bagian, memberikan arahan kepada para manajer lini depan.

Manajer menengah mengkomunikasikan tujuan strategis dari manajemen senior untuk para manajer lini depan.

Manajer yang lebih rendah, seperti pengawas dan pemimpin tim garis depan, mengawasi pekerjaan karyawan biasa (atau relawan, di beberapa organisasi sukarela) dan memberikan arahan pada pekerjaan mereka.

Dalam organisasi yang lebih kecil, peran manajer memiliki ruang lingkup yang lebih luas.

Seorang manajer dapat melakukan beberapa peran atau bahkan semua peran umum pada sebuah organisasi besar. Ada banyak organisasi yang lebih kecil daripada yang lebih besar.
struktur organisasi perusahaan secara umum dan deskripsi kerja masing-masing posisi

Definisi Manajemen

Pandangan tentang definisi dan ruang lingkup manajemen meliputi:
  • Menurut Henri Fayol, "untuk manajemen adalah meramalkan dan merencanakan, mengatur, perintah, mengkoordinasikan dan mengendalikan."
  • Fredmund Malik mendefinisikan sebagai "transformasi sumber daya ke dalam utilitas."
  • Manajemen dimasukkan sebagai salah satu faktor produksi - bersama dengan mesin, bahan dan uang.
  • Ghislain Deslandes mendefinisikan sebagai "kekuatan rentan, di bawah tekanan untuk mencapai hasil dan diberkahi dengan kekuatan tiga kendala, imitasi dan imajinasi, beroperasi pada tingkat subjektif, interpersonal, kelembagaan dan lingkungan".

Sifat pekerjaan

Dalam organisasi menguntungkan, fungsi utama manajemen adalah kepuasan dari berbagai pemangku kepentingan.

Ini biasanya melibatkan membuat keuntungan (untuk pemegang saham), menciptakan nilai produk  dengan biaya yang wajar (untuk pelanggan), dan menyediakan kesempatan kerja yang besar bagi karyawan.

Dalam manajemen nirlaba, menambahkan pentingnya menjaga iman donor. Dalam kebanyakan model manajemen dan tata kelola, pemegang saham memilih dewan direksi, dan dewan kemudian mempekerjakan manajemen senior.

Beberapa organisasi telah bereksperimen dengan metode lain (seperti model voting karyawan) memilih atau meninjau manajer, tapi ini jarang terjadi.

Di sektor publik negara dilantik sebagai perwakilan demokrasi, pemilih memilih politisi untuk jabatan publik.

Politisi seperti menyewa banyak manajer dan administrator, dan di beberapa negara seperti Amerika Serikat pejabat politik kehilangan pekerjaan mereka pada pemilihan presiden / gubernur / walikota baru.

Sejarah

Beberapa orang melihat manajemen (dengan definisi) sebagai akhir-modern (dalam arti modernitas akhir) konseptualisasi.

Pada istilah mereka tidak dapat memiliki sejarah pra-modern, hanya pertanda (seperti pelayan).

Namun, yang mendeteksi manajemen seperti berpikir kembali ke pedagang Sumeria dan pembangun piramida Mesir kuno.

Pemilik budak selama berabad-abad menghadapi permasalahan eksploitasi / memotivasi tenaga kerja tergantung tapi kadang-kadang antusias atau bandel, tapi banyak perusahaan pra-industri, mengingat skala kecil mereka, tidak merasa terdorong untuk menghadapi isu-isu manajemen sistematis.

Sebuah organisasi akan lebih stabil jika anggota memiliki hak untuk mengekspresikan perbedaan mereka dan menyelesaikan konflik mereka di dalamnya.

Sementara satu orang dapat mulai sebuah organisasi, "itu berlangsung ketika dibiarkan dalam mengurus banyak dan ketika banyak keinginan untuk mempertahankannya."

Seorang manajer yang lemah dapat mengikuti salah satu yang kuat, tetapi tidak satu sama lain lemah, dan memelihara otoritas.

Harus mempertahankan setidaknya bayangan kebiasaan kuno" Seorang manajer berusaha untuk mengubah sebuah organisasi yang didirikan.

Dengan kerja berubah dari revolusi industri pada abad ke-18 dan ke-19, teori dan pendekatan praktek militer berkontribusi untuk mengelola pabrik baru populer.

Mengingat skala operasi yang paling komersial dan kurangnya mekanik pencatatan dan perekaman sebelum revolusi industri, itu masuk akal bagi kebanyakan pemilik perusahaan untuk melaksanakan fungsi-fungsi manajemen oleh dan untuk diri mereka sendiri.

Tetapi dengan tumbuh ukuran dan kompleksitas organisasi, pemisahan antara pemilik (individu, dinasti industri atau kelompok pemegang saham) dan manajer sehari-hari (spesialis independen dalam perencanaan dan pengendalian) secara bertahap menjadi lebih umum.

Fungsi Manajemen Dasar

Manajemen beroperasi melalui lima fungsi dasar: (planning, organizing, coordinating, commanding, and controlling) perencanaan, pengorganisasian, koordinasi, komando, dan pengendalian.
  • Perencanaan: Memutuskan apa yang harus terjadi di masa depan dan menghasilkan rencana aksi (memutuskan di muka).
  • Organizing: Memastikan sumber daya manusia dan bukan manusia yang dimasukkan ke dalam tempat
  • Koordinasi (atau staf): Menciptakan struktur melalui tujuan mana organisasi dapat dicapai.
  • Komandan (atau memimpin): Menentukan apa yang harus dilakukan dalam situasi dan membuat orang untuk melakukannya.
  • Mengontrol: Memeriksa kemajuan terhadap rencana.

Peran Dasar Manajemen

  • Interpersonal: peran yang melibatkan koordinasi dan interaksi dengan karyawan
  • Informasi: peran yang melibatkan penanganan, berbagi, dan menganalisis informasi
  • Keputusan: peran yang membutuhkan pengambilan keputusan

keterampilan

keterampilan manajemen meliputi:
  • politik: digunakan untuk membangun basis kekuatan dan untuk membangun koneksi
  • konseptual: digunakan untuk menganalisis situasi yang kompleks
  • antarpribadi: digunakan untuk berkomunikasi, memotivasi, mentor dan delegasi
  • diagnostik: kemampuan untuk memvisualisasikan tanggapan yang sesuai untuk situasi
  • Kepemimpinan: kemampuan untuk memimpin dan memberikan bimbingan kepada kelompok tertentu
  • teknis: keahlian di bidang fungsional tertentu seseorang.

Pelaksanaan kebijakan dan strategi

  • Semua kebijakan dan strategi harus didiskusikan dengan semua personel manajerial dan staf.
  • Manajer harus memahami di mana dan bagaimana mereka dapat menerapkan kebijakan dan strategi mereka.
  • Sebuah tindakan rencana harus dibuat untuk masing-masing departemen.
  • Kebijakan dan strategi harus ditinjau secara teratur.
  • Rencana kontingensi harus dirancang dalam kasus perubahan lingkungan.
  • Manajer tingkat atas harus melaksanakan penilaian kemajuan secara teratur.
  • Bisnis membutuhkan semangat tim dan lingkungan yang baik.
  • Misi, tujuan, kekuatan dan kelemahan dari masing-masing departemen harus dianalisa untuk menentukan peran mereka dalam mencapai misi bisnis.
  • Metode peramalan mengembangkan gambaran yang dapat diandalkan dalam lingkungan bisnis masa depan.
  • Sebuah unit perencanaan harus dibuat untuk memastikan bahwa semua rencana konsisten dan bahwa kebijakan dan strategi yang bertujuan untuk mencapai misi dan tujuan yang sama.

Kebijakan dan strategi dalam proses perencanaan

  • Mereka memberikan tingkat manajer, menengah dan rendah ide yang baik dari rencana masa depan untuk setiap departemen dalam suatu organisasi.
  • Sebuah kerangka dibuat dimana rencana dan keputusan dibuat.
  • Mid dan manajemen tingkat yang lebih rendah dapat menambahkan rencana mereka sendiri untuk strategi bisnis.

Tingkat Manajemen

Sebagian besar organisasi memiliki tiga tingkat manajemen: tingkat pertama, tingkat menengah, dan manajer tingkat atas.

Manajer lini pertama adalah tingkat terendah dari manajemen dan mengelola pekerjaan individu nonmanagerial yang terlibat langsung dengan produksi atau penciptaan produk organisasi. Manajer lini pertama sering disebut supervisor, tetapi mungkin juga disebut manajer lini, manajer kantor, atau bahkan mandor.

Manajer menengah mencakup semua tingkat manajemen antara tingkat lini pertama dan tingkat atas organisasi.  Manajer ini mengelola pekerjaan manajer lini pertama dan mungkin memiliki judul seperti kepala departemen, pemimpin proyek, manajer pabrik, atau manajer divisi.

Top manajer yang bertanggung jawab untuk membuat keputusan organisasi dan membangun rencana dan tujuan yang mempengaruhi seluruh organisasi.

Orang-orang ini biasanya memiliki judul seperti wakil presiden eksekutif, presiden, direktur, chief operating officer, chief executive officer, atau ketua dewan.

Top Manajemen

Lapisan atas atau senior manajemen terdiri dari dewan direksi (termasuk direktur non-eksekutif dan direktur eksekutif), presiden, wakil presiden, CEO dan anggota lain dari  C-level executives.

Organisasi yang berbeda memiliki berbagai anggota di mereka C-suite, yang mungkin termasuk Chief Financial Officer, Chief Technology Officer, dan sebagainya.

Mereka bertanggung jawab untuk mengendalikan dan mengawasi operasi dari seluruh organisasi.

Mereka menetapkan "tone at the top" dan mengembangkan rencana strategis, kebijakan perusahaan, dan membuat keputusan tentang arah organisasi secara menyeluruh.

Selain itu, manajer tingkat atas memainkan peran penting dalam mobilisasi sumber daya luar.

Manajer senior bertanggung jawab kepada pemegang saham, masyarakat umum dan badan-badan publik yang mengawasi perusahaan dan organisasi serupa.

Beberapa anggota manajemen senior dapat berfungsi sebagai public face of the organization dan mereka dapat membuat pidato untuk memperkenalkan strategi baru atau muncul dalam pemasaran.

Dewan direksi biasanya terutama terdiri dari non-eksekutif yang berutang kewajiban fidusia kepada pemegang saham dan tidak terlibat erat dalam kegiatan sehari-hari organisasi, meskipun ini bervariasi tergantung pada jenis (misalnya, publik versus swasta) , ukuran dan budaya organisasi.

Direksi ini secara teoritis bertanggung jawab untuk pelanggaran, tugas itu dan biasanya diasuransikan di bawah direksi dan pejabat asuransi.

Dewan menetapkan strategi perusahaan, membuat keputusan besar seperti akuisisi besar, dan karyawan, mengevaluasi, dan fires the top-level manager (Chief Executive Officer atau CEO).

CEO biasanya mempekerjakan posisi lain. Namun, keterlibatan dewan dalam perekrutan posisi lain seperti Chief Financial Officer (CFO) telah meningkat.

Pada tahun 2013, sebuah survei lebih dari 160 CEO dan direktur perusahaan publik dan swasta menemukan bahwa kelemahan atas CEO yang "keterampilan mentoring" dan "board engagement", dan 10% perusahaan tidak pernah dievaluasi CEO.

Dewan juga mungkin memiliki karyawan tertentu (misalnya, auditor internal) laporan kepada mereka atau langsung mempekerjakan kontraktor independen; misalnya, melalui Komite Audit biasanya memilih auditor.

Keterampilan membantu manajemen puncak bervariasi dengan jenis organisasi tetapi biasanya meliputi pemahaman yang luas dari persaingan, ekonomi dunia, dan politik.

Selain itu, CEO bertanggung jawab untuk melaksanakan dan menentukan (dalam kerangka dewan) kebijakan luas organisasi.

Manajemen eksekutif menyelesaikan rincian sehari-hari, termasuk: instruksi untuk persiapan anggaran departemen, prosedur, jadwal; pengangkatan eksekutif tingkat menengah seperti manajer departemen; koordinasi departemen; media dan hubungan pemerintah; dan komunikasi pemegang saham.

Manajemen Tengah

Terdiri dari manajer umum, manajer cabang dan manajer departemen. Mereka bertanggung jawab kepada manajemen puncak untuk fungsi departemen mereka.  Mereka mencurahkan lebih banyak waktu untuk fungsi-fungsi organisasi dan terarah.

Peran mereka dapat ditekankan sebagai pelaksana rencana organisasi dalam kesesuaian dengan kebijakan perusahaan dan tujuan dari manajemen puncak, mereka mendefinisikan dan membahas informasi dan kebijakan dari manajemen puncak ke manajemen yang lebih rendah, dan yang paling penting mereka menginspirasi dan memberikan bimbingan kepada manajer tingkat lebih rendah terhadap kinerja yang lebih baik.

Manajemen menengah adalah manajemen tengah dari sebuah organisasi dikategorikan, menjadi sekunder untuk manajemen senior tetapi di atas tingkat terdalam dari anggota operasional.

Seorang manajer operasional mungkin baik-pikir-oleh manajemen menengah, atau dapat dikategorikan sebagai non-manajemen beroperasi, bertanggung jawab untuk kebijakan organisasi tertentu.

Efisiensi dari tingkat menengah sangat penting dalam setiap organisasi, karena mereka menjembatani kesenjangan antara tingkat atas dan staf tingkat bawah.

Fungsi mereka termasuk:
  • Merancang dan melaksanakan kelompok dan antar kelompok kerja dan sistem informasi yang efektif.
  • Mendefinisikan dan memonitor indikator kinerja tingkat kelompok.
  • Mendiagnosa dan menyelesaikan masalah dalam dan di antara kelompok-kelompok kerja.
  • Merancang dan mengimplementasikan sistem reward yang mendukung perilaku kooperatif. Mereka juga membuat keputusan dan berbagi ide dengan top manajer.

Manajemen Bawah

Manajer yang lebih rendah termasuk supervisor, pemimpin bagian, forepersons dan pemimpin tim.

Mereka fokus pada pengendalian dan mengarahkan karyawan biasa. Mereka biasanya bertanggung jawab untuk menetapkan tugas karyawan, membimbing dan mengawasi karyawan pada kegiatan sehari-hari, memastikan kualitas dan kuantitas produksi dan / atau jasa, membuat rekomendasi dan saran kepada karyawan pada pekerjaan mereka, dan menyalurkan keprihatinan karyawan bahwa mereka tidak bisa memutuskan untuk manajer tingkat menengah atau administrator lainnya.

Tingkat Pertama atau "garis depan" manajer juga bertindak sebagai peran model bagi karyawan mereka.

Dalam beberapa jenis pekerjaan, manajer lini depan juga dapat melakukan beberapa tugas yang sama yang karyawan lakukan, setidaknya beberapa waktu. Sebagai contoh, di beberapa restoran, manajer lini depan juga akan melayani pelanggan selama periode yang sangat sibuk.

Manajer lini depan biasanya menyediakan:
  • Pelatihan bagi karyawan baru
  • pengawasan dasar
  • Motivasi
  • umpan balik kinerja dan bimbingan
Beberapa manajer lini depan juga dapat memberikan perencanaan karir bagi karyawan yang bertujuan untuk naik jabatan dalam organisasi.

Training

Perguruan tinggi dan universitas di seluruh dunia menawarkan gelar sarjana, gelar sarjana, diploma dan sertifikat dalam manajemen, umumnya dalam perguruan tinggi bisnis mereka, sekolah bisnis atau fakultas manajemen tetapi juga di departemen terkait lainnya.

Pada 2010-an, telah terjadi peningkatan dalam manajemen pendidikan secara online dan pelatihan dalam bentuk teknologi pendidikan elektronik (juga disebut e-learning).

Pendidikan online telah meningkatkan aksesibilitas pelatihan manajemen untuk orang-orang yang tidak tinggal di dekat sebuah perguruan tinggi atau universitas, atau yang tidak mampu untuk melakukan perjalanan ke kota di mana pelatihan tersebut tersedia.

Sementara beberapa profesi memerlukan kemampuan akademis untuk bekerja dalam profesi (misalnya, hukum, kedokteran, teknik, yang membutuhkan, masing-masing Sarjana Hukum, Dokter Kedokteran dan Sarjana Teknik), posisi manajemen dan administrasi tidak selalu memerlukan penyelesaian gelar akademik.

Beberapa eksekutif senior yang terkenal di Amerika Serikat yang tidak menyelesaikan gelar sarjana termasuk Steve Jobs, Bill Gates dan Mark Zuckerberg.

Namun, banyak manajer dan eksekutif telah menyelesaikan beberapa jenis bisnis atau pelatihan manajemen, seperti Bachelor of Commerce atau Master of Business Administration.

Beberapa organisasi besar, termasuk perusahaan, tidak untuk organisasi nirlaba dan pemerintah, membutuhkan pelamar untuk manajerial atau posisi eksekutif untuk memegang di gelar minimal sarjana dalam bidang yang terkait dengan administrasi manajemen, atau dalam kasus pekerjaan bisnis, Bachelor of Commerce atau gelar serupa.

Sekian.