Terapi Jus Penurun Kolesterol

Terapi jus penurun kolesterol - Kolesterol adalah sterol yang ditemukan pada semua manusia dan jaringan hewan. Tubuh Anda membutuhkannya untuk berfungsi dengan baik dan membuat semua yang Anda butuhkan, tapi kolesterol dapat terkumpul tergantung pada jenis makanan yang Anda makan dan tingkat di mana tubuh Anda memecahnya.

Perubahan sederhana dalam diet dapat sangat meningkatkan kesehatan kita secara keseluruhan, termasuk penurunan kadar kolesterol. Sayuran yang penuh beta karoten dan kaya akan sterol dan serat secara alami membantu menjaga kadar kolesterol darah tetap rendah.

Bagi penderita kolesterol tinggi, Anda dapat menurunkan jumlah kolesterol dalam darah melalui mekanisme pengikatan lemak dan kolesterol oleh serat yang banyak terdapat dalam buah dan sayuran untuk kemudian dibuang dalam bentuk tinja.

Selain itu, zat anti oksidan di dalam jus juga melindungi tubuh dari berbagai penyakit degeneratif seperti kanker, penyakit jantung dan penyempitan pembuluh darah.

Kolesterol sendiri adalah suatu bahan lemak yang terjadi secara alamiah dalam tubuh manusia yang lazimnya terdapat di dinding bagian dalam sel tubuh dan jaringan, serta dibutuhkan dalam pembentukan hormon.

Namun, jika kadar kolesterol dalam tubuh meningkat, kolesterol akan menumpuk di dinding pembuluh darah yang dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah dan menghambat aliran darah dan dapat memicu terjadinya serangan jantung dan stroke.

Buah-buahan yang dapat dimanfaatkan untuk menurunkan kadar kolesterol daram darah adalah pepaya, jambu biji, apel, jeruk, nanas, belimbing, belimbing wuluh, kiwi, rambutan, mangga, dan alpukat.

Sedangkan sayuran yang dapat dimanfaatkan sebagai terapi jus bagi penderita kolesterol adalah kol, kembang kol, bayam, seledri, kapri, wortel, brokoli, jeruk lemon, pare, sawi hijau, labu kuning, taoge, paprika, bawang bombay, dan bawang putih.

Selain dengan disiplin melakukan terapi jus buah dan sayuran, penderita juga sebaiknya melakukan diet rendah lemak dan menerapkan pola makan seimbang, rutin berolahraga, mengurangi makanan yang digoreng, dan tidak merokok.

Membuat Jus Anti kolesterol

Jus yang segar dan sehat, bisa dicoba buat yang ingin menurunkan kolestrol dan darah tinggi.

Bahan Jus Anti Kolesterol :
  • 200 gr nanas
  • 100 gr sawi hijau
  • 50 ml syrup orange
  • 1 bh jeruk nipis, ambil airnya
  • 250 gr es serut/kepruk

Hiasan : 50 gr nanas, potong bentuk kipas untuk hiasan.

Cara membuat Jus Anti Kolesterol : Masukkan semua bahan dalam blender kemudian haluskan hingga halus benar. Beri irisan nanas di atasnya. Sajikan segera. Untuk 2 gelas