Lowongan kerja banyumas jawa tengah - Banyumas adalah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Ibukotanya adalah Purwokerto.

Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Brebes di utara; Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Banjarnegara, dan Kabupaten Kebumen di timur, serta Kabupaten Cilacap di sebelah selatan dan barat.

Gunung Slamet, gunung tertinggi di Jawa Tengah terdapat di ujung utara wilayah kabupaten ini.

Kabupaten Banyumas merupakan bagian dari wilayah budaya Banyumasan, yang berkembang di bagian barat Jawa Tengah.

Bahasa yang dituturkan adalah bahasa Banyumasan, yakni salah satu dialek bahasa Jawa yang cukup berbeda dengan dialek standar bahasa Jawa ("dialek Mataraman").

Masyarakat dari bahasa dan daerah lain kerap menjuluki "bahasa ngapak" karena ciri khas bunyi /k/ yang dibaca penuh pada akhir kata (berbeda dengan dialek Mataraman yang dibaca sebagai glottal stop).

Ibukota Kabupaten Banyumas adalah Purwokerto, di mana meliputi kecamatan Purwokerto Barat, Purwokerto Timur, Purwokerto Selatan, dan Purwokerto Utara.

Purwokerto dulunya merupakan Kota Administratif, namun sejak diberlakukannya Undang-undang Nomor 22 tahun 1999 tentang Pemerintahan Daerah, tidak dikenal adanya kota administratif, dan Purwokerto kembali menjadi bagian dari wilayah Kabupaten Banyumas.

Di antara kota-kota kecamatan yang cukup signifikan di Kabupaten Banyumas adalah: Banyumas, Ajibarang, Wangon, Sokaraja, Buntu dan Sumpyuh .

Kabupaten Banyumas dilalui jalan negara yang menghubungkan kota Tegal-Purwokerto, Purwokerto-Temangggung-Magelang/Semarang, serta jalan lintas selatan Bandung-Yogyakarta-Surabaya. Wangon merupakan persimpangan jalur Yogyakarta-Bandung dan Tegal-Cilacap.

Angkutan umum bus antarkota di antaranya jurusan Jakarta, Tegal/Cirebon, Bandung, Semarang, Yogyakarta/Solo.

Kabupaten ini juga terdapat jalur kereta api lintas selatan Jakarta-Cirebon-Purwokerto-Yogyakarta-Surabaya.

Stasiun Purwokerto merupakan stasiun paling besar di wilayah Jawa Tengah bagian barat.

Di antaranya kereta api yang melayani angkutan penumpang di Purwokerto adalah: 1. Bima (Jakarta Kota-Surabaya Gubeng-Malang Kotabaru). 2. Gajayana (Jakarta Gambir-Malang Kotabaru via Kediri). -Argo Lawu (Jakarta Gambir-Solo Balapan). -Argo Dwipangga (Jakarta Gambir-Solo Balapan). -Taksaka (Jakarta Gambir-Yogyakarta Tugu). -Purwojaya (Jakarta Gambir-Kroya-Cilacap). -Sawunggalih Utama (Jakarta Pasar Senen-Kutoarjo via Purwokerto -Senja Utama Solo (Jakarta Pasar Senen-Solo Balapan). -Senja Utama Yogyakarta (Jakarta Pasar Senen-Yogyakarta Tugu). -Fajar Utama Yogyakarta (Jakarta Pasar Senen-Yogyakarta Tugu). -Kutojaya Utara (Jakarta Pasar Senen-Kutoarjo). -Jakatingkir (Jakarta Pasar Senen-Solo Purwosari). -Bengawan (Jakarta Pasar Senen-Solo Purwosari). -Gajah Wong (Jakarta Pasar Senen-Yogyakarta Lempuyangan). -Bogowonto (Jakarta Pasar Senen-Yogyakarta Lempuyangan). -Progo (Jakarta Pasar Senen-Yogyakarta Lempuyangan). -Gaya Baru Malam (Jakarta Pasar Senen-Surabaya Gubeng via Yogyakarta Lempuyangan). -Krakatau Express (Merak-Jakarta Pasar Senen-Kediri via Yogyakarta Lempuyangan). -Kamandaka (Purwokerto-Semarang Tawang via Tegal). -Logawa (Purwokerto-Surabaya Gubeng-Jember). -Serayu (Purwokerto-Kroya-Jakarta Pasar Senen via Bandung Kiaracondong). -KLB Joglokerto (Purwokerto-Solo Balapan).